DILATASI
Penulis: Albert Stefanus
Thriller
Kategori
5,067
Dilihat
5
Suka
Blurb
Tahun 2018. Nadia, Hayan, Lina, Remy, dan Rio yang baru menyelesaikan penelitian di sebuah desa hendak berjalan-jalan di hari terakhir mereka. Ada mitos tentang desa yang hilang dan mereka penasaran untuk mencari desa tersebut. Dan, mereka terjebak di sebuah penginapan berhantu.

Tahun 1977. Radja dan Sakhu bertekad untuk menyelamatkan desa mereka yang sudah lama terjebak dalam ilmu hitam. Sakhu berhasil mengevakuasi seluruh warga desa agar meninggalkan desa. Dan, Radja tinggal sendirian di desa tersebut untuk mengalahkan makhluk-makhluk yang membelenggu desa mereka.

Terpisah oleh ruang-waktu yg berbeda. Nadia, Hayan, Lina, Remy, Rio, dan Radja sebenarnya berada di satu lokasi yang sama. Masa lalu dan masa depan sedang bekerja sama.
Premis
Masa lalu dan masa depan terjebak di penginapan berhantu. Terpisah ruang dan waktu, masa lalu dan masa depan bekerja sama agar bisa keluar dari sana.
Pengenalan Tokoh
Nadia : Cool-beauty. Ketua kelompok. Penengah setiap ada konflik di dalam kelompok. Paling cerdas di antara semua anggota kelompok. Yang pertama kali memecahkan pesan random dari pria misterius, memikirkan rencana keluar, dan menganalisis kejadian aneh di dalam penginapan. Terkekang oleh orang tuanya dan tak bisa masuk ke fakultas yang diinginkannya. Latar waktu di tahun 2018.

Hayan : Maniak mistis. Freak dalam kelompok. Sangat menyukai hal-hal berbau mistis dan horor. Nomor 2 paling cerdas di kelompok. Sangat menghormati Nadia dan mengikuti apapun perintah Nadia. Pemicu utama kelompok untuk menyusuri desa yang hilang. Yang membuat pesan untuk dikirim ke masa lalu. Latar waktu di tahun 2018.

Lina : Selebgram dan influencer. Paling cantik dan stylish dalam kelompok. Cewek pemberani yang humble dan menghormati Nadia. Orang pertama yang menghadapi setan di dalam penginapan. Walaupun tidak cerdas seperti Nadia dan Hayan, dia satu-satunya orang dalam kelompok yang mampu mengikuti pemikiran mereka berdua. Latar waktu di tahun 2018.

Remy : Gamers. Paling temperamental dalam kelompok. Orang yang paling brutal saat menghadapi para setan penunggu. Sangat loyal dalam membantu Nadia. Orang terakhir yang mengalahkan setan penunggu. Termasuk 2 orang goblok di kelompok. Latar waktu di tahun 2018.

Rio : Si tajir. Penakut dalam kelompok. Anak konglomerat yang mau menurunkan egonya ke tanah bersama kelompok. Sangat konservatif dalam hal mistis dan yang meminta kelompok agar tidak pergi ke desa yang hilang. Berkat Nadia menjadi pemberani dan ikut bersama kelompok untuk menghadapi para setan penunggu. Termasuk 2 orang goblok di kelompok. Latar waktu di tahun 2018.


Radja : Tegas dan berkomitmen. Setelah mengevakuasi warga, tinggal sendirian di desa untuk menghabisi para setan penunggu. Pemberani dan pantang menyerah. Memahami bahwa masa depan dan masa lalu terhubung dalam penginapan. Yang membunuh semua sisa-sisa setan penunggu dari masa depan. Latar waktu di tahun 1977.
Sinopsis
Nadia, Hayan, Lina, Remy, dan Rio baru saja menyelesaikan tugas lapangan di desa Nggroyo. Sebelum pergi meninggalkan desa, Hayan bertanya kepada Kepala Desa tentang mistis atau cerita horor yang terdapat di desa ini.

Dahulu lokasi desa ini bukanlah di lokasi yang sekarang. Tapi jauh di dekat kaki gunung. Suatu peristiwa mengakibatkan semua warga desa dievakuasi dan pergi meninggalkan desa. Tak ada yang tahu peristiwa apa yang terjadi. Desa yang lama pun bagai lenyap ditelan bumi.

Tertarik dengan cerita tersebut, Hayan memohon kepada Nadia agar mencari lokasi desa yang hilang itu. Walaupun pada awalnya anggota kelompok menolak, namun Nadia akhirnya memilih untuk mencari lokasi desa yang hilang tersebut. Mereka pun pergi ke arah kaki gunung untuk melihat lokasi desa yang hilang.

Tak diduga, mereka menemukan desa tersebut dengan kondisi yang mengenaskan. Semua rumah warga hangus hitam seperti bekas terbakar. Namun ada satu bangunan yang masih bagus dan utuh berdiri di tengah-tengah desa. Sebuah penginapan.

Kelompok pun melihat ke dalam penginapan tersebut dan menemukan tengkorak manusia di salah satu kamar. Ketakutan, mereka mencoba pergi dari penginapan namun terkunci dan terjebak di dalam penginapan tersebut. Lina menghadapi setan penunggu di salah satu kamar penginapan. Berhasil mengalahkan setan tersebut, tengkorak yang barusan berpindah kamar.

Nadia dan Hayan langsung menduga ada sesuatu di dalam penginapan ini. Rio memberanikan diri untuk menghadapi setan penunggu. Dan Rio pun berhasil mengalahkan setan penunggu. Seperti dugaan, tengkorak pun berpindah kamar lagi.

Nadia dan Hayan berteori bahwa penginapan ini terhubung ke masa lalu. Jika berhasil mengalahkan satu setan penunggu di masa ini, maka masa lalu pun akan ikut berubah. Dibuktikan dengan berpindahnya posisi tengkorak tiap kali dikalahkan.

Berbekal teori itu, Nadia juga membuat sebuah pesan untuk dikirim ke masa lalu agar menjemput mereka di masa ini. Pesan dikirim melalui tubuh para setan karena hanya para setan yang bisa berpindah dari masa kini ke masa lalu. Masa lalu pun menangkap maksud dari masa depan dan bekerja sama agar bisa lolos dari penginapan.
Rekomendasi