Third Party
Penulis: Awleksandra
Drama
Kategori
1,134
Dilihat
0
Suka
Blurb
Jika kamu berharap untuk aku menceritakan kisah cintaku, kau tidak salah sebenarnya. Hanya saja, bukan sepenuhnya kisah cinta itu terjadi langsung padaku. Aku hanya sebagai pihak ketiga. Masuk masa remaja, separuh sekolah mengidamkan rasanya dekat dengan seseorang lain yang menjadi pujaan hati. Berlomba-lomba mengejar perhatian, dan lambung berseri-seri melonjak girang berpapasan dengan parasnya. Tenang saja semua ini pasti dialami semua orang pada waktunya. Aku pun juga pernah begitu, tetapi sekarang sedikit berbeda. Hatiku tidak hanya bertengger pada satu orang, tetapi pada dua.

Ketika Andine tak sengaja memberikan nasehat tentang menjaga hubungan kepada teman-teman barunya, ia berujung menjadi 'mak comblang' geng mereka. Membantu sahabatnya menghadapi masalah keluarga, menerima kakak dan ayah tiri baru kedalam kehidupannya, mencari cara untuk membantu sahabat menyatakan perasaan. Ketika semua terlihat baik-baik saja, di hari ulang tahu kakak tirinya, Mika, segala hal berubah 180 derajat dan jauh dari ekspektasi. Ditengah pertikaian antara kedua kakak adik rahasia masa lalu terbongkar dan segala sesuatu menjadi lebih jelas sekarang kenapa Andine adalah Andine. Mungkinkah keluarga barunya menerimanya apa adanya atau mustahil baginya untuk kembali dekat dengan kakak sekaligus sahabatnya? Akankah masalah keluarga dan rahasia diterima ayah dengan baik atau Andine dan ibunya dipandang sebelah mata? Bisakah Andine memperbaiki kesalahannya di masa lalu dan memperbaikinya sekarang?
Premis
Setiap orang memiliki traumanya masing-masing, sejarahnya masing-masing, yang buruk maupun yang baik. Masa lalu kamu adalah bagian dari dirimu dan akan selalu menjadi bagian dari diri kamu, suka atau tidak.
Pengenalan Tokoh
Andine Miranda Biran
Karena terbebani trauma masa lalu, Andine tak segan berusaha menghukum dirinya lagi atas kesalahan yang ia buat, yang menjadi alasan ayah dan ibu kandungnya memutuskan untuk berpisah. Sifatnya yang easygoing memudahkannya beradaptasi dengan kelompok tugas akhirnya, walaupun terkadang ketika mengobrol dengan temannya ia seseorang yang berani menyatakan pendapatnya sehingga terkadang lupa ia saring. Diam-diam ia peduli dengan sahabat-sahabatnya walaupun tidak ia tunjukkan diluar. Kesannya ia tidak peduli atau kasar pada teman-temannya padahal mereka alasan yang membuatnya tersenyum tiap hari, melupakan segala beban yang ia pikul. Salah satu tipe orang yang memendam segala masalahnya karena ia mementingkan kebahagiaan orang lain diatas dirinya. Ia menjaga orang lain hingga terkadang lupa menjaga dirinya tidak lengah, sehingga ketika sudah memuncak, amarahnya bagaikan bom waktu. Tersenggol sedikit dan keluarlah semuanya. Memegang trauma masa lalu dimana ayah kandungnya meninggalkan keluarganya.

Mika Biran
Orangnya cool, ramah tapi hanya kepada mereka yang dekat dengan Andine. Protektif terhadap Andine karena ia trauma akan kejadian masa lalu dimana adik perempuan dan mamanya meninggal karena kecelakaan. Ia peduli dengan adiknya dan teman-temannya dan menunjukkan kepekaannya pada mereka. Mika sosok yang easy-going tapi tetap menjaga lingkup pertemanan yang positif. Dia akan memastikan semua temannya baik-baik saja. Apalagi terhadap Andine yang sering ia pastikan ia baik-baik saja. Mika bukan tipe orang yang mudah memaafkan. Sulit baginya untuk memaafkan orang-orang yang telah berbuat salah padanya atau sahabatnya. Ketika ia bertengkar dengan Andine karena acara ulang tahunnya yang tadinya harus sederhana menjadi kacau, ia tak bisa langsung memaafkan Andine. Walaupun tak lama akhirnya ia maafkan, Mika takut akan berubah canggung. Bahkan ketika menyatakan perasaan pada Aretha, ia butuh bantuan adiknya untuk merancang segalanya.

Gilang
Gengnya dikenal sebagai geng senior yang paling ditakuti. Suke berlaku seenaknya padda guru dan teman-teman sekolah. Sering body shame perempuan, bahkan terkadang menggoda mereka sampai membuat mereka tak nyaman. Tapi entah kenapa selama 3 tahun tidak pernah berhasil mendekati Andine. Mungkin karena Gilang melihat Andine sebagai level yang paling sulit. Dia melihat perempuan sebagai sebuah permainan. Tidak hanya kurang ajar pada perempuan dan adik kelas, ia juga kurang ajar dan tidak tahu rasa sopan santun pada teman-teman angkatan laki-laki, apalagi adik kelas. Sikapnya yang begitu trouble maker dikenal satu sekolah, dijauhi dan ditakuti. Entah apa masalahnya, tetapi tidak hanya takut atau mungkin terintimidasi pada Andine, ia juga takut pada Mika namun tak berani mengakuinya. Tapi karena mulutnya yang tidak bisa diam, dan keinginannya untuk balas dendam pada Mika dan Andine setelah mempermalukan ia disekolah waktu itu setelah dimarahi Mika, ia biang kerok bertengkar besarnya Andine dan Mika.

Joshua
Sahabat Andine dari kecil, dan sudah seakan menjadi kakak Andine juga. Kehidupan Joshua di rumah yang sering ditinggal orang tuanya bekerja dan kakak-kakaknya sekolah membuat Joshua kesepian dan sering dititipkan ke Jennye dan Andine. Karena sering di rumah sendiri, menjelaskan mengapa di sekolah ia begitu caper, apalagi di depan perempuan. Tahu kalau ia tampan dan banyak disukai, jadi terkadang kepercayaan dirinya yang berlebih dan seorang ‘playboy" sekolah. Seringkali ia dan Andine mempeributkan hal kecil.

Devan
Sosok yang canggung, tinggi dan pendiam. Sikapnya yang dingin namun dengan mukanya yang manis, ia anggota geng mereka yang paling tidak berpengalaman dengan mendekati seorang perempuan. Ia tipe orang pendengar dan diam-diam menilai orang-orang di depannya. Andine membantunya dekat dengan Kiera, seseorang di angkatan mereka yang ia sukai.

Bayu
Seseorang yang benar-benar polos dan bahkan tidak sadar ia disukai banyak orang. Dahulu, ia pernah dibully karena badannya yang tidak proporsional dan hobinya bermain game. Banyak yang dulu tidak ingin berteman dengan Bayu karena kepolosannya dan kekonyolannya. Sampai akhirnya ketika SMA ia memutuskan untuk memperbaiki bentuk badannya dan menyukai olahraga. Sejak itu ia menjadi idaman para kaum hawa di sekolah. Awalnya sikapnya yang dingin, menjadi hangat ketika berteman dengan Andine dan yang lainnya. Yang berteman dengan Bayu bukan karena fisiknya namun, karena kebaikan hati dan ketulusannya, serta karena kekonyolan Bayu. Sama seperti Andine, Bayu belum ingin mencari ‘gandengan" karena rasa insecure -nya dan tidak yakin ia bisa menjadi pacar yang baik atau tidak.

Aretha
Anak pindahan dari sekolah lain ke sekolah Andine dan kawan-kawannya. Aretha adalah sosok yang ceria dan sangat peduli pada teman-temannya. Bisa dibilang ia anggota geng mereka yang mereka anggap sebagai adik kecil mereka. Dari sehari-harinya yang tidak bisa diam, dan suara cemprengnya yang dari jauh khas terdengar suara Aretha. Pertama kali ia bertemu dengan Andine dan teman-teman di rumah Andine, ia menaruh hati pada Mika, kakak tiri Andine. Karena dia dan Andine satu-satunya perempuan di geng mereka, keduanya menjadi sangat dekat dan Andine membantu Aretha agar dekat dengan kakak tirinya.

Angkasa
Ayah tiri Andine dan ayah kandung Mika. Awalnya Andine dan Angkasa sulit untuk saling menerima satu sama lain. Satu karena Andine belum nyaman dengan memiliki ayah karena takut kejadian masa lalu terulang lagi, dan juga karena Angkasa seringkali sibuk bekerja. Angkasa sosok ayah yang berwibawa dan bijak, pengertian, selalu tahu nasihat terbaik. Ketika Andine dan Mika bertengkar ia yang berhasil menenangkan Andine dan memastikan pada Andine bahwa ia tetap mencintai Jennye dan Andine tanpa memperdulikan masa lalu mereka. Om Kasa memiliki empati yang besar dan mau berusaha mengerti perasaan orang lain dengan menempatkan dirinya pada posisi mereka. Ia dan Andine menjadi semakin dekat ketika ia membantu Andine dan Mika untuk saling memaafkan satu sama lain.
Sinopsis
Andine, seorang remaja SMA yang telah ditinggal ayahnya saat kecil, kini mendapat sosok ayah yang baru sejak dilangsungkannya pernikahan Angkasa dan Jennye. Mika, anak dari Angkasa yang juga kehilangan ibunya, kini menjadi kakak baru bagi Andine. Mereka sama-sama mengalami masa lalu yang suram, dan kini, mereka memutuskan untuk meninggalkan itu semua dan mengawali kehidupan bersama keluarga yang baru demi kebahagiaan mereka dan orang tua mereka.
Berbulan-bulan berlalu, Mika dan Andine pun sudah mulai saling menerima satu sama lain sebagai saudara. Meski begitu, pengalaman buruk Andine membuatnya ragu untuk memanggil Angkasa sebagai sosok "ayah". Hari sekolah pun tiba. Di perjalanan, Mika memulai obrolan dengan Andine untuk mencairkan suasana. Setelah ditanya oleh Mika tentang alasan kepindahan Andine ke sekolah itu sejak kelas 5 SD, Andine terpaksa harus memutarbalikan fakta kepada Mika karena ia sudah berjanji pada ibunya untuk merahasiakan masa lalu mereka. Sampai di kelasnya, Andine melepas rindu dengan teman-teman sekelasnya, sekaligus mengerjakan tugas kelompok yang diberikan gurunya hari ini bersama anggota kelompoknya, yaitu Bayu, Joshua, dan Devan. Mereka bertiga juga berkenalan dengan Mika, dan langsung terlihat akrab seperti sahabat yang sudah lama berteman.
*
Suatu ketika, Andine mendapati Joshua sedang menggoda dan mencari perhatian pada seorang perempuan. Lantas Andine pun menegurnya, dan mengajaknya untuk belajar bersama di rumahnya sambil menonton film. Di sela-sela film, Joshua yang tidak begitu mengerti tentang cinta banyak berkomentar tentang peristiwa dalam film di mana sepasang pria dan wanita tetap menjaga hubungannya meski memiliki masalah satu sama lain. Mika yang mendengarnya menasihati Joshua tentang pentingnya suatu hubungan dan bagaimana hubungan itu harus dijaga. Sontak Andine langsung teringat dengan masa lalunya, saat ayah kandungnya (Adit) dan ibunya (Jennye) memiliki masalah satu sama lain di masa lalu. Ia membayangkan, seandainya mereka mau berkomunikasi dan menjaga hubungan, apa semua akan baik-baik saja? Mika dan Andine menyadari bahwa Joshua tidak menerima perhatian yang cukup dari orang tuanya yang jarang sekali pulang ke rumah. Jennye yang mendengar hal tersebut berkata kepada Joshua, bahwa ia, Andine, dan Mika akan selalu menjadi keluarga kedua bagi Joshua.
*
Andine mendapati Devan yang terus-menerus mengarahkan matanya ke salah satu anak perempuan di sekolah itu, Kiera. Devan kedapatan diam-diam menyukai Kiera, tapi dia terlalu malu untuk mendekatinya. Sebagai seorang perempuan, Andine memberikan beberapa saran kepada Devan untuk mendekati Kiera tanpa membuatnya terganggu. Andine yang mengetahui bahwa Devan cukup berbakat dalam bermain gitar, menyuruhnya untuk merekam permainan gitarnya dan diunggah di ig story Andine, karena Kiera sering membalas story Andine. Seperti perkiraan Andine, Kiera membalas ig storynya, dan Andine menyarankan Kiera untuk tampil bersama Devan di hari Jumat. Alhasil, mereka sepakat untuk tampil bersama. Andine memberikan beberapa saran kepada Devan tentang apa saja yang harus ia perbuat. Andine juga mengatakan, bahwa Devan tidak perlu terburu-buru dalam menyatakan perasaannya. Nikmatilah terlebih dahulu momen-momen kedekatan dengan orang yang disukai, karena justru itulah bagian paling mengesankan dari suatu hubungan.
*
Usai pertandingan basket sekolah, Bayu tampak dihampiri oleh anak-anak perempuan yang hendak memberi coklat kepadanya. Beberapa saat kemudian, Andine menemui Bayu untuk memberinya baju ganti sehabis pertandingan. Bayu yang polos merasa bingung dan bertanya-tanya mengapa banyak perempuan mendekatinya dan memberinya coklat, padahal mereka tidak saling kenal. Andine dengan gemas berkata bahwa hal tersebut justru dilakukan mereka untuk mengenal Bayu. Semasa kecil dulu, Bayu memang bukan orang yang populer, tapi sebaliknya, ia justru sering dirundung oleh teman-temannya. Hal itu juga membuat Bayu tidak berminat dan tidak percaya diri untuk mencari pacar dari sekian banyaknya perempuan yang mendekatinya. Andine berkata pada Bayu, bahwa ia seharusnya bisa lebih percaya diri dan menerima dirinya apa adanya, seperti sahabat-sahabatnya (Andine, Devan, Joshua, Mika) menerima dia.
*
Hari ini sekolah kedatangan murid baru, Aretha namanya. Nahasnya, ia langsung ditegur dan diberi hukuman oleh guru yang mengajar di kelas karena datang terlambat. Geng Andine (Devan, Joshua, Bayu, Aretha, Andine) serentak langsung membantunya, sekaligus berkenalan. Seusai dari kelas, Aretha dan geng Andine yang sedang berjalan di koridor bertemu dengan geng Gilang, kelompok yang sering mencari masalah di sekolah. Pertengkaran pun terjadi antara geng Andine dan geng Gilang, hingga akhirnya Mika muncul dari lantai atas. Lantas, pertengkaran dapat dilerai sementara oleh amarah Mika pada Gilang, dan juga kepada adiknya, Andine, karena kurang berhati-hati. Andine pun kaget karena ini adalah pertama kalinya ia dimarahi oleh kakak tirinya itu. Kemudian Mika dan Aretha yang baru bertemu satu sama lain juga langsung berkenalan. Hal ini juga membuat Andine agak heran, kakaknya yang biasanya jarang mau berkenalan dengan teman perempuanya, kini mau berkenalan. Apakah Mika menyembunyikan sesuatu?
*
Sehabis ulangan, Aretha berinisiatif untuk mengajak teman-temannya hangout bersama ke salah satu tempat permainan. Permainan tersebut mengharuskan pesertanya untuk masuk ke sebuah ruangan, dan harus memecahkan teka-teki di setiap ruangan untuk akhirnya bisa keluar dari ruangan tersebut. Setelah 45 menit bermain, tampaknya geng tersebut terpisah. Mika dan Aretha berhasil menuju ke ruangan selanjutnya lebih dulu dibandingkan dengan Andine, Devan, Joshua, dan Bayu. Selama mereka berempat memecahkan teka-teki, terdengar suara tawa Mika dan Aretha dari ruangan yang lain. Mereka tampak bersenang-senang berdua di ruangan itu seakan melupakan 4 kawannya yang belum berhasil melewati ruangan sebelumnya. Bisa dibilang mereka berempat semakin dekat karena terjebak dalam satu ruangan selama satu jam. Namun, begitu juga Mika dan Aretha.
*
Beberapa bulan sejak saat itu, hubungan pertemanan 6 sekawan ini menjadi semakin dekat. Namun tampaknya, Mika selama ini menyembunyikan sesuatu. Ia menyukai Aretha. Ternyata selama ini hubungan mereka cukup dekat, tetapi memang belum ada yang memberi kepastian untuk menjalani hubungan yang lebih serius. Andine yang mengetahuinya menegur Mika karena ia yang sudah cukup lama dekat dengan Aretha, tidak juga memberinya kepastian. Aretha pun ternyata memiliki perasaan yang sama, tetapi tetap saja tidak ada yang mau memulai hubungan yang lebih serius dengan alasan pertemanan yang takut rusak. Andine yang gemas dan tidak tahan pun akhirnya terus menerus mendorong Mika untuk bergerak, hingga akhirnya Mika setuju dan meminta bantuan Andine untuk merencanakan sesuatu agar ia bisa menyatakan perasaannya kepada Aretha. Andine kemudian melaksanakan rencananya dengan baik, hingga akhirnya Mika bisa menyatakan perasaannya dan menjalin hubungan yang lebih serius dengan Aretha.
*
Andine merasa puas karena bisa membantu orang-orang yang dekat dengannya, orang-orang yang ia sayangi. Namun, nampaknya kini mereka sibuk dengan hubungan mereka masing-masing. Andine merasa ditinggalkan. Ia kembali teringat dengan kejadian di masa kecilnya, saat ia yang masih polos dimanfaatkan oleh ayah kandungnya. Ia juga sering dimarahi dan dibentak oleh ayahnya mengenai nilai sekolahnya. Ia juga teringat saat ibunya mengetahui bahwa ayah kandungnya selingkuh dengan perempuan lain, hingga akhirnya terjadi pertengkaran yang besar. Andine sadar, bahwa dirinya terlalu senang untuk membantu orang lain, tanpa memikirkan dirinya sendiri.
*
Hari ini adalah ulang tahun Mika. Ia berniat untuk merayakannya hanya dengan sahabat-sahabatnya saja. Namun ternyata, teman-teman sekolahnya semua datang ke rumahnya dan merayakan pesta tanpa persetujuan Mika. Suasana hati Mika berubah sekita, karena ia sebenarnya hanya ingin merayakannya dengan gengnya saja, bukan berpesta besar dengan satu sekolah yang merepotkan. Saat itu, Andine ketahuan membocorkan tanggal ulang tahun Mika secara tidak sengaja dan didengar oleh Gilang. Mika yang mengetahui hal itu langsung marah kepada Andine dan terjadilah pertengkaran antara kakak beradik itu. Pertengkaran terus berlanjut hingga menyinggung masa lalu Andine, dan rahasia bahwa ayah kandung Andine tidak meninggal karena kecelakaan, melainkan bercerai dengan ibunya pun terungkap. Semua terdiam saat itu, dan Andine langsung berlari dan menangis di kamarnya. Angkasa, ayah tiri Andine yang baru pulang ke rumah berinisiatif untuk menghibur Andine. Andine masih merasa bersalah terhadap kejadiannya di masa lalu. Ia menganggap bahwa ayahnya pergi karena dia. Ia merasa bahwa kehadirannya di keluarga ini adalah suatu hal yang salah. "Masa lalu kamu adalah bagian darimu dan akan selalu menjadi bagian dari diri kamu, suka atau ga."
*
Andine berniat untuk meminta maaf kepada Mika, karena bagaimanapun juga, bertengkar bukanlah suatu hal yang diinginkanya. Namun, Mika bukanlah tipe orang yang bisa langsung memaafkan. Andine pun memutuskan untuk mencari waktu yang tepat untuk meminta maaf. Setelah izin beberapa hari, kini Andine kembali ke sekolah. Ia kembali bertemu dengan gengnya, dan memikirkan proyek mereka untuk akhir tahun. Kemudian tibalah saatnya untuk pesta akhir tahun. Andine memberikan pidato di atas panggung sebagai perwakilan OSIS di sekolahnya. Geng Andine pun mendapat giliran untuk mempresentasikan mengenai proyek akhir tahun mereka. Berkat pidato Andine yang secara tak langsung adalah sebuah permintaan maaf pada Mika, kembali bertemulah keduanya saling meminta maaf. Mika yang sudah lama mengurung diri, kembali bertemu dengan pacarnya, Aretha. Enam sekawan itu pun kembali akur, dan tertawa bersama seperti sedia kala.
Rekomendasi