MYOVM
Penulis: Sahrun Rojikin
Misteri
Kategori
1,629
Dilihat
0
Suka
Blurb
Rasa sakit, keadilan, kasih sayang, isu-isu sosial, dan arti hidup. Dapatkah Yope mengerti tentang semua itu?
----------
dunia kecilnya dipenuhi stigma-stigma yang mengerikan, dan justru stigma itu datang dari pelampiasan sosok ayah yang kecewa dengan dunianya hingga membuat Yope kecil mengalami phobia dunia.
MYOVM bercerita tentang perjalannya dari kecil hingga dewasa, yang mana ketika ia dewasa pandangan-pandangan negatif ayahnya mulai terjadi pada Yope. Dari beberapa distraction yang ia terima kemudian mengantarkannya pada sebuah alat bernama "MYOVM" yang ia ciptakan untuk berkomunikasi dengan ibunya yang saat usianya 8 tahun meninggal terjatuh dari lantai tiga kantor kepolisian.
Premis
Bercerita tentang perjalanan hidup seorang laki-laki bernama Yope dalam mempertahankan hidupnya ditengah gencatan masalah-masalah sosial yang terjadi di kotanya dan mencoba menguak tentang kematian ibunya yang meninggal akibat terjatuh dari lantai tiga kantor kepolisian pada saat dirinya masih kecil serta mencari semua jawaban tentang hidupnya dengan cara menciptakan sebuah alat yang bisa untuk berkomunikasi dengan ibunya yang sudah meninggal saat hidupnya diambang keputusasaan. Dan pada akhirnya ia menemukan semua jawaban tentang semua yang ia cari meskipun sangat menyakitkan baginya.
Pengenalan Tokoh
1. Yope Kecil (6-8 tahun) : A. dari ia dilahirkan sampai 6 tahun belum pernah melihat ibunya karena ibunya harus dipenjara karena dugaan pembunuhan terhadap seseorang.
B. dunia kecilnya dipenuhi stigma-stigma negatif dari ayahnya yang mengakibatkan ia mengalami phobia dunia dan gangguan mental (schizophrenia)
C. usia 6 tahun harus kehilangan ayahnya dan usia 8 tahun kehilangan ibunya.
D. cerdas

2. Yope (28 tahun) : A. cerdas
B. pernah bekerja di pabrik baja ringan dan pengantar pizza.
C. mengalami distraction-distraction dari orang lain.

3. Rose Marliana (40 tahun) : A. sosok yang kuat
B. sangat menyayangi Yope hingga rela melakukan apa saja untuk melindungi Yope

4. Ayah Yope (40 tahun) : A. dunianya dipenuhi dengan orang-orang jahat.
B. seorang pengusaha.
C. melampiaskan kekecewaannya pada Yope dengan memberi stigma-stigma negatif.
Sinopsis
Mengisahkan seorang laki-laki yang bernama Yope yang dunia kecilnya dipenuhi stigma-stigma negatif yang justru datang dari pelampiasan ayahnya yang kecewa dengan dunianya hingga Yope kecil mengalami phobia dunia dan gangguan mental (schizophrenia)
yope kecil ketika dilahirkan sampai berusia 6 tahun tidak mengenal ibunya, yaitu Rose Marliana karena ditahan dengan tuduhan pembunuhan. sampai usia 6 tahun juga Yope kecil tak pernah mengetahui dunia luar. Sampai Rose keluar penjara dan menjadi malaikat pelindung Yope kecil.
diusia 6 tahun ia kehilangan ayahnya karena bunuh diri. Dan diusia 8 tahun, ia harus menyaksikan jasad ibunya yang hancur karena terjatuh dari lantai tiga kantor kepolisian saat diinterogasi terkait dugaan pelaku pengeboman gedung kejaksaan.
ketika beranjak dewasa pandangan-pandangan negatif ayahnya mulai terjadi pada dirinya dan mengantarkan pada sebuah alat bernama MYOVM yang ia ciptakan untuk berkomunikasi dengan sang ibu dan berhasil.
Yope juga menemukan seorang perempuan bernama Julia yang berhasil membuat hidupnya lebih berwarna. hingga suatu ketika ia mengetahui kalau dia punya gangguan mental dan mengetahui kalau suara ibu dalam kotak MYOVM adalah buah delusinya.
pada akhirnya Yope mendatangi kantor polisi dengan menyamar sebagai hakim agung untuk menguak kematian ibunya yang terjatuh dari lantai tiga kantor kepolisian 20 tahun silam sekaigus membalas dendam dengan membuat polisi terjatuh dari tempat yang sama ibunya terjatuh. hingga akhirnya Yope dieksekusi mati karena perbuatannya.
Rekomendasi