Novel
Bronze
Genre → Misteri Telah Selesai
Layang-Layang Putus Tak Pernah Salah
Oleh DMRamdhan
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp120,000
Premium
Blurb
April 1998 sudah mulai musim layangan di desaku, Desa Ganda Mekar. Aku tidak tahu dengan desa lain tapi di sini, kalau kamu bermain layang-layang dan berniat bertarung dengan layang-layang lain di udara, maka kamu harus siap kehilangan layang-layang itu, karena setelah putus, kamu juga putus hubungan dengan layang-layang itu. Kamu tidak punya lagi hak untuk layang-layang itu.

Masih bisa aku ingat dan aku bayangkan, punggung Yadi dan Ipang menjauh cepat, berlari menapaki gang beralaskan tanah merah yang berakhir di dua pematang ladang. Dua pematang ladang itu terpisah oleh saluran irigasi, dan dua bocah itu melompatinya. Lalu mereka fokus ke langit senja setelah melompat, fokus pada selembar layangan putus yang terbawa angin ke arah barat, seolah layangan itu sedang mengikuti matahari terbenam. Mereka berlari menapaki tanah kering ladang ubi yang telah dipanen, gesit dan lincah. Aku hanya berjalan sambil menatap mereka, tanpa terpikir kalau kelak aku akan bertanya-tanya, "Akankah berbeda kalau aku ikut mengejar?"

Ya, akankah berbeda? Akankah kami bertiga akan tetap bersama? Atau aku ikut hilang bersama mereka?

Tokoh Utama
Asep
Yadi
Lilis
Ipang
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Pemilihan diksi yang enak buat dibaca, penuturan yang sederhana tapi rapi dan tersusun dengan apik, terlebih suasana yang dibangun pun membawa pembaca ke alam nostalgia tahun 98. Tulisan ini punya daya magisnya tersendiri. Dan, ternyata naskah ini bisa membuat salah satu juri terbius dan jatuh cinta. Selamat! 🀍
Kapan ya cerita ini terbuka kuncinya. Aku pengen baca. Blurb-nya aja udah buat penasaran🀩
β™₯️
Aku sudah langsung bayangin kalau novel ini nanti Insya Allah jadi film, pasti para penontonnya dibuat tegang sama tokoh bapak handono. Keren mas ceritanya tipe2 aku banget. Kita bikin stack di awal yang lama kelamaan stack itu akan menumpuk semakin tinggi membuat para pembaca semakin penasaran ahahah. Dan lalu .... bboooommmm stack yang sudah tinggi itu kita robohin dengan misteri dan jalan cerita di akhir yang memuaskan para pembaca, kayak macam main uno stacko . Pokoknya kerennn masss!
Kalau baca tulisan author ini, selalu merasa baca novel terjemahan, tapi bahasanya ga kaku, malah mengalir. Belum lagi kalau ada kutipan-kutipan dari buku dan penulis tertentu πŸ‘πŸ‘ tambahan: selesai baca ini, puas! meski di ending aku sempat mikir macem2 sih, tapi kalau diterusin bakal ga tamat2 ceritanya hahaha Good luck, bang!
Aku kasih 5 jempol, deh!
Penuturannya, narasinya, plotnya, dan endingnya yang tersirat tapi makjleb.
Untung Asep aman, makasih ya Melisa.
Kukira tadi, Asep bakalan nyusul.
Tidak perlu diragukan lagi Kak Donny.
Setiap ceritanya, bikin pembaca jadi detektif sungguhan!
Bravo!
Menulis untuk kompetisi #sepotongkisahdibalik98 memiliki tantangan tersendiri. Dengan prinsip yang tidak ingin membuka luka lama atau menyinggung pihak-pihak tertentu, membuat ruang bertutur menyempit. Tapi kucoba dengan metode simbolik yang mungkin tidak seaktual nyatanya, namun mewakili apa yang terjadi dibalik sepotong sejarah negeri tercinta ini. Semoga berhasil ... dan tersampaikan dengan baik. Saat ini hanya bisa berusaha dulu. 😁
cerita ini awalnya membingungkan, bikin mengernyit, sebenernya maksudnya apa, dan apa hubungannya dengan kejadian 1998. tapi makin masuk ke ceritanya, makin terlihat keterhubungannya. hanya saja cara bertuturnya sangat simbolis. simbolismenya apik, mulus, sekaligus tajam. pemaparan kejadian di tahun 1998 yang di situ seolah tempelan justru memperkuat makna di balik simbol yang dituliskan. ibaratnya, ini lemnya pakai alteco, bukan lem kertas. 🀭 hanya bisa dituliskan oleh orang yang bener-bener paham dengan situasi, kondisi, dan isu saat itu. πŸ˜ƒ great job. πŸ‘
Permainan pov yang menarik. Mampu menjebak pembaca yang membuat betah untuk membacanya. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Alur yang apik, gaya bahasa yang bernas, tokoh yang asyik, mudah diingat dan ... Dan ... Dan ... Apalagi ya? πŸ€”πŸ€­

Weis, baca sendiri aja dah, keren pokoknya.
Saya merasa naskah ini suasananya double. Good, unik, and all the best ya, KakπŸ‘ 🌟.
Tak pernah meragukan. Pasti best bangetπŸ‘πŸ‘
Khas 90-an banget nih... good luck, Thor πŸ‘πŸΏ
Disukai
299
Dibaca
1.5k
Tentang Penulis
DMRamdhan
Penulis amatir yang sepertinya akan selalu amatir. Sering dia berkata, Sepertinya aku akan selalu menjadi murid seseorang, terlalu banyak ilmu literasi yang mesti aku serap di luar sana.
Bergabung sejak 2020-05-25
Telah diikuti oleh 606 pengguna
Sudah memublikasikan 7 karya
Menulis lebih dari 505,195 kata
Penghargaan Karya
Rekomendasi dari Misteri
Rekomendasi