Guzel: Skenario
Penulis: Webi Okto Satria
Misteri
Kategori
1,961
Dilihat
0
Suka
Blurb
Namaku Guzel Lira Anastasia.Tujuh belas yang lalu, aku dilahirkan di sebuah kota di Turki. Kehidupanku sebagai seorang anak salah satu pengusaha terkaya di Asia menjadi kehidupan yang paling diimpikan bagi setiap wanita. Lihatlah mata-mata itu, mereka menatapku penuh rasa iri dan penuh obsesi. Apalagi kalau bukan karena kecantikan alami yang terpancar dari wajahku.
Premis
Setelah kematian kedua orang tuanya, Guzel dipindahkan ke Kalimantan dan berusaha memulai kembali hidupnya dari nol, namun kehadiran Antonius selalu mengusiknya hingga ia mengalami hal-hal di luar akal sehat
Pengenalan Tokoh
GUZEL LIRA ANASTASIA
Seorang gadis berusia 18 tahun. Anak tunggal yang dilahirkan di Turki dengan beban nama yang begitu berat. Guzel yang bermakna cantik dari bahasa Turki. Lira yang merupakan mata uang Turki. Anastasia (dari bahasa Yunani untuk anak perempuan) yang berarti kebangkitan/seseorang yang terlahir kembali. Tak disangka, satu per satu dari ketiga kata tersebut menjadi kenyataan. Dari lahir, Guzel memiliki paras yang cantik dengan tubuh ramping bak supermodel serta penampilan yang modis. Ia terlahir dari seorang pengusaha terkaya nomor satu di Asia selama dua tahun berturut-turut, menjadikan Guzel seorang anak yang manja dan sombong. Setelah kehidupannya menemukan titik terendah, Guzel memperlihatkan kelemahannya, yaitu jiwanya yang rentan sehingga ia mengalami gejolak batin yang begitu kuat. Hal tersebut membuat Guzel bangkit dan menjadi seorang pejuang setelah mengalami berliku-liku kehidupan yang di luar akal sehat.

ANTONIUS
Laki-laki berusia 23 tahun. Seorang piatu dan anak penjaga tahanan yang bertugas di penjara pulau. Senior yang banyak ketinggalan mata kuliah. Pemikat wanita. Angkuh. Mudah bergaul dan dikenal banyak orang. Antonius juga seorang pendendam yang ketika keinginannya tidak mampu ia capai, ia akan mencari cara untuk menghancurkan orang tersebut.

SAKTI NUGRAHA
Laki-laki polos berusia 19 tahun. Sakti berasal dari keluarga miskin, namun karena kecerdasannya ia diberi kesempatan untuk berkuliah oleh pajabat setempat. Memiliki rasa peduli yang tinggi walau pernah disakiti. Pekerja keras yang kerap membantu ayahnya di waktu senggang. Sakti juga merupakan seorang pecinta yang tulus, namun amatir dan bergerak lambat.

MELINDA ROSSY ANASTASIA 'MRS. ROSSY'
Seorang dosen wanita berusia 40 tahun. Misterius. Sifatnya yang humoris dan mudah memahami karakter membuatnya gampang dikenal dan disenangi mahasiswa-mahasiswi. Di samping itu, ia juga merupakan seorang yang tegas. Mrs. Rossy juga dikenal memiliki indera keenam setelah mengalami mati suri.

DOKTER CHRISTIAN
Seorang dokter jiwa muda berusia 28 tahun yang bertugas di RSJ di pulau. Ketampanan dan pembawaannya yang berwibawa mampu memikat wanita dengan mudah. Kesepian yang melandanya di pulau membuatnya memanfaatkan Guzel dan menyembunyikan statusnya sebagai seorang suami.

ANABELLA ANASTASIA 'BELLA'
Seorang pasien jiwa berusia 38 tahun. Bella tidak sepenuhnya mengalami gangguan jiwa. Baginya, kehidupan di luar sana terlalu penuh dengan kemunafikan. Sebelum memasuki RSJ, Bella ialah seorang wanita cantik yang hidupnya penuh dengan kesempurnaan hingga suatu hari ia dinikahkan dengan seorang pelaku kekerasan yang kerap menganiayanya. Ketika ia mengadu kepada orang tuanya, orang tuanya malah memihak sang suami dan menganggap Bella telah mengalami gangguan jiwa. Bella dikirim ke RSJ di pulau 10 tahun yang lalu, hingga saat ini ia tidak pernah dijenguk keluarganya. Bella menemukan cinta dalam diri Guzel. Seorang adik dan keluarga, namun ia terlalu takut untuk keluar dari RSJ sehingga ia menolak ajakan Guzel untuk hidup bersamanya di luar sana.
Sinopsis
Guzel Lira Anastasia dilahirkan di Turki 18 tahun yang lalu. Kata 'guzel' sendiri merupakan ide dari neneknya yang bermakna cantik dengan harapan kelak Guzel akan tumbuh menjadi seorang wanita cantik dan elegan. Selain itu, neneknya juga menyematkan kata 'lira' yang merupakan mata uang Turki dengan harapan kehadiran Guzel akan mendatangkan berkah rezeki yang berlimpah di keluarganya. Keduanya terbukti. Guzel tumbuh menjadi wanita cantik dengan tubuh bak supermodel yang kerap mendatangkan rasa iri bagi siapapun yang melihatnya. Semenjak kelahiran Guzel, usaha ayahnya mengalami peningkatan yang luar biasa hingga dalam beberapa tahun terakhir ia dinobatkan sebagai pengusaha terkaya se-Asia.

Kesempurnaan itu sirna seketika ia mendapat kabar bahwa kedua orang tuanya yang tengah melayat kematian neneknya di Turki meninggal dalam kecelakaan pesawat pulang. Seluruh harta diwariskan kepada Guzel. Untuk menghindari kegagalan dalam mewarisi bisnis tersebut, papanya meminta agar ia melanjutkan studi di bidang manajemen bisnis di sebuah universitas internasional di Kalimantan dan membatalkan penerimaannya di jurusan fashion di Amerika.

Guzel memulai hidupnya dari nol. Ia tinggal di sebuah rumah minimalis dengan desain penuh kejutan di pinggir pantai. Suasana yang ia temukan di rumah, seketika mengembalikan semangatnya. Ternyata kehidupannya tidak seburuk yang ia pikirkan sebelumnya. Ia bertemu dengan Sakti (19 tahun), anak seorang nelayan yang tinggal di pinggir pantai.

Seperti biasa, ketika Guzel memulai perkuliahannya, ia mendapati banyak tatapan penuh rasa cemburu. Namun, tidak dengan Mrs. Rossy (dosen, 40 tahun), tatapannya yang misterius seolah menyimpan sesuatu yang ingin disampaikannya kepada Guzel. Sesuatu tentang siapa Guzel sebenarnya.

Kehadiran Antonius, lelaki bejat yang berusaha merenggut kesuciannya dengan cara memanfaatkan kesepiannya menimbulkan trauma yang begitu dalam di dalam diri Guzel. Ia mengasingkan diri sebelum akhirnya kejadian 9 tahun yang lalu di Kanada membuatnya bangkit dan berusaha menghadapi Antonius kembali. Namun, tanpa disengaja, ia dan Antonius menyebabkan kematian Mrs. Rossy. Guzel terpuruk. Antonius berusaha memprovokasi setiap mahasiswa untuk menjauhi Guzel hingga akhirnya Guzel putus asa dan mulai menyakiti dirinya sendiri.

Suatu hari, Sakti menemukan Guzel tak sadarkan diri setelah melukai wajahnya. Sakti membawa Guzel ke rumah sakit, namun pihak rumah sakit merujuk Guzel untuk dibawa ke pulau, yaitu ke Borneo Psychiatric Hospital. Di hari pertamanya di Rumah Sakit Jiwa tersebut, Guzel menemukan kenyataan bahwa ternyata Antonius telah meninggal di hari ia mencoba memperkosa Guzel. Itu artinya, Guzel telah berhalusinasi atau memang ia memiliki kemampuan yang sama dengan Mrs. Rossy, yaitu memiliki indera keenam. Guzel semakin tidak mempercayai apa yang terjadi terhadap dirinya. Dia merasa dirinya benar-benar sudah gila, bahkan berusaha meluikai perawat hingga akhirnya Guzel dipindahkan ke ruang isolasi.

Di ruang isolasi, Guzel bertemu Bella (38 tahun). Dengan Bella, Guzel menjalin ikatan emosional yang sangat kuat. Dia menemukan seorang kakak dan sahabat yang selama ini tidak pernah ia rasakan. Hadir lagi seorang dokter bernama Dokter Chris (28 tahun) yang karismatik dan berhasil membuat Guzel jatuh cinta hingga ia melupakan kehadiran Sakti. Namun, dokter Chris menyembunyikan kenyataan bahwa ia telah beristri.

Guzel kembali ke rumahnya dengan harapan yang kembali putus. Patah hati akibat Dokter Chris, Sakti yang tiba-tiba menghilang, hingga kematian Bella. Guzel mencukur habis rambutnya. Ia kembali ke kampus. Tatapan-tatapan yang dulunya cemburu berubah menjadi tatapan-tatapan jijik. Guzel tidak peduli. Ia sudah lelah.

Guzel kembali bertemu Sakti. Sakti menjelaskan kepadanya bahwa ia telah mengalah untuk bisa memenangkan hati Guzel, karena ia telah meyaksikan dengan sendiri hari di mana Guzel menyatakan perasaannya kepada Dokter Chris. Guzel merasa bersalah, ia mengungkapkan perasannya yang sebenarnya kepada Sakti. Namun, ketika Sakti hendak memeluknya, Guzel tidak sengaja menusuk perut Sakti .

Guzel dipenjarakan di pulau. Kejadian 9 tahun yang lalu di pantai Kanada kembali hadir di dalam tidur Guzel. Guzel bersama kedua orang tuanya sedang menikmati liburan ketika terjadi tsunami yang merenggut nyawanya. Mrs. Rossy berada di tempat yang sama, ia pun meninggal karena hal yang sama.

Tak disangka, Guzel dan Mrs. Rossy mengalami mati suri. Seperti nama akhir mereka, Anastasia (dari bahasa Yunani untuk anak perempuan) yang berarti kebangkitan/seseorang yang terlahir kembali, Guzel dan Mrs. Rossy bangkit dari kematian. Hal itu yang selama ini Mrs. Rossy berusaha sampaikan kepada Guzel. Kejadian tersebut membakar semangat Guzel untuk bangkit untuk kedua kalinya. Ia kabur dari penjara di malam hari ketika pulau dan penjara diisi oleh keheningan dan kesunyian.

Guzel memulai hidupnya kembali di Turki. Menyembunyikan identitasnya dengan cadar. Ia bertemu laki-laki bernama Aman (27 tahun). Mereka menikah. 6 tahun kemudian, Guzel dikaruniai seorang anak bernama Karli.
Rekomendasi