Rancu (screenplay)
Drama
Kategori
484
Dilihat
15
Suka
Blurb
Ganendra seorang Suami sekaligus Prajurit Angkatan Darat terpaksa meninggalkan Istrinya untuk pergi ke Kalimantan. Sementara itu Gerry tengah menyiapkan tur Stand Up Comedynya yang pertama.
Premis
Kepingan-kepingan yang terpisah mulai disatukan melalui satu benang yang mengikat semuanya.
Pengenalan Tokoh
Ganendra adalah seorang prajurit TNI yang ditugaskan untuk terjun ke pertempuran di Kalimantan yang dipicu oleh sekelompok teroris yang mencoba untuk menggulingkan pemerintahan. Ganendra adalah saksi dari demonstrasi di tahun 2021 yang telah menyulut api perlawanan terhadap pemerintahan.

Gerry adalah seorang Stand Up Comedian yang juga dulunya seorang Mahasiswa Tri Sakti yang ikut turun dalam demonstrasi di tahun 2021. Gerry membawakan cerita perjuangan dalam bentuk komedi.

Hayati adalah Istri dari Ganendra yang harus rela ditinggalkan oleh sang suami untuk bertugas. Hayati juga ambil bagian dalam demonstrasi di tahun 2021.

Naya adalah wartawan yang tengah bergelut dengan kondisi kehancuran Indonesia dalam sudut pandang media sekaligus merawat adiknya yang menderita lumpuh dan trauma pasca demonstrasi di tahun 2021.

Cantika adalah adik dari Naya yang menderita kelumpuhan dan juga trauma akibat peristiwa demonstrasi setahun yang lalu. Cantika menggambarkan dunia dari sudut pandang yang terkurung akibat ketidakmampuan.

Ipung adalah alumni Tri Sakti yang tetap aktif memimpin organisasi mahasiswa. Ipung jugalah yang memimpin ratusan mahasiswa untuk turun ke jalan dan memperjuangkan aspirasi mereka di demonstrasi tahun 2021.

Saka adalah pria yang mengutamakan perjuangan pantang mundur. Saka terlibat dalam demonstrasi di tahun 2021 dan masih memimpin serangkaian demonstrasi besar dalam tahun 2022 bersama Ipung.

Dio yang awalnya memilih untuk menjadi orang yang cenderung pasive berubah menjadi pria yang agresif setelah dia mengikuti kelompok teroris yang bertanggung jawab atas serangkaian aksi terorisme di Kalimantan. Dio juga terlibat dalam demonstrasi di tahun 2021.

Jessy adalah tangan kanan Dio yang ditugaskan untuk memimpin pertempuran di Kalimantan. Jessy memiliki masa lalu kelam yang terhubung dalam demonstrasi di tahun 2021.
Sinopsis
Ganendra sang prajurit sekaligus seorang suami harus meninggalkan Hayati untuk bertugas melawan kelompok teroris yang bertanggung jawab dalam aksi-aksi terorisme besar di Kalimantan.

Sedangkan Gerry tengah sibuk mempersiapkan acara Stand Up Comedy spesialnya yang pertama. Di dalam Stand Upnya Gerry membawakan bit tentang rentetan kejadian di tahun 2021 sampai 2024, disaat yang bersamaan Gerry menghadapi masalah keluarganya yang tidak harmonis.

Cantika dan Naya menjalani kehidupan sederhana. Naya berusaha untuk menjadi tulang punggung untuk adik kesayangannya yang menderita kelumpuhan dan trauma berat akibat tragedi di tahun 2021. Naya sekarang bekerja sebagai wartawan yang berusaha untuk menulis berita tentang korupsi di dalam negeri, sedangkan sang adik tengah melawan pengakitnya yang terus menghantuinya.

Dio yang menghilang secara tiba-tiba membuat Saka dan Ipung semakin gencar dalam meluncurkan demonstrasi besar di seluruh kota. Kericuhan yang ditimbulkannya membuat Saka harus menghadapi ingatannya di tahun 2021 lalu.

Dio dan Jessy merencanakan gerakan terorisme terbesar yang akhirnya menyatukan semuanya kembali dalam bentuk tragedi terbesar di tahun 2024.
Rekomendasi