ADIK YANG NIKAH, AKU YANG GUNDAH
Penulis: zae_suk
Drama
Kategori
539
Dilihat
15
Suka
Blurb
Seorang kakak tertua yang sudah ditinggal nikah ke 2 adiknya, tinggal satu-satunya adiknya paling muda yang mau nikah, kakak itu mencoba mencari wanita yang mau dinikahinya sebelum ia dilangkahi adik termudanya, tetapi ia harus menghadapi kenyataan dengan umurnya yang sudah tua dan pekerjaannya yang hanya seorang stuntmant yang tak mampu menarik perhatian wanita
Premis
Seorang kakak tertua yang sudah ditinggal nikah ke 2 adiknya, tinggal satu-satunya adiknya paling muda yang mau nikah, kakak itu mencoba mencari cinta sejatinya yang siap dinikahinya sebelum ia dilangkahi adik termudanya, tetapi ia harus menghadapi kenyataan dengan umurnya yang sudah tua dan pekerjaannya yang hanya seorang stuntmant yang tak mampu menarik perhatian wanita.
Pengenalan Tokoh
FERDI >>> LELAKI 35 tahun. Stuntman dan figuran. Kakak tertua. Selalu pasrah. Setia. Menjaga cinta pada Alura, cinta remaja mereka.

RIZAL >>> LELAKI 25 tahun. Berpendidikan tinggi, bekerja sebagai manajer di perusahaan ayah pacarnya, Elin. Sangat menghormati kakak-kakaknya. Bijaksana.

RANI >>> PEREMPUAN 30 tahun. Isteri bayaran Ferdi. Punya masalah dengan suami aslinya, terutama kekerasan. Sangat suka orang dengan pemikiran terbuka seperti Ferdi apalagi setia.

ALURA >>> PEREMPUAN 30 tahun. Selebritis terkenal di jamannya (2005). Menyendiri di sebuah rumah sakit jiwa berpura-pura menjadi orang gila karena rasa bersalahnya membunuh seseorang yang menjahatinya, Bona. Dibalik layar, ia berpacaran dengan Ferdi, tetapi di depan layar ia harus berhubungan dengan Bona.

TOM >>> LELAKI 40 tahun. Stuntmant dan figuran. Teman karib Ferdi. Mempunyai masalah dengan isterinya sampai bercerai. Tempat curhat Ferdi.

MIRA >>> PEREMPUAN 30 tahun. Adik pertama Ferdi. Paling cemburu karena ayahnya lebih memperhatikan Ferdi. Menikah dengan seorang pengusaha kaya, yang ternyata suaminya itu adalah teman baik Ferdi.

INA >>> PEREMPUAN 28 tahun. Adik kedua Ferdi. Lumayan jutek. Berpendidikan tinggi kuliah di kedokteran, mendapat beasiswa tapi sebenarnya pendidikan kuliahnya dibayar Ferdi. Bersuami dokter juga.

ELIN >>> PEREMPUAN 25 tahun. Calon isteri Rizal. Sangat vokal. Sangat mencintai Rizal.

BONA >>> LELAKI 15 tahun. Artis populer dijamannya bersama Alura. ua merupakan pacar bohongan Alura di depan media karena permintaan Produser. Ia begitu mencintai Alura, tetapi baru mengetahui Alura mencintai Ferdi, ia mulai melakukan cara-cara yang jahat.

AMIN. AYAHNYA FERDI. LELAKI 65 tahun. Sebenarnya sangat menyayangi Ferdi, lebih dari ketiga adiknya, karena Ferdi lah yang menjadi tulang punggung setelah kakinya lumpuh.

RATMI. IBUNYA FERDI. PEREMPUAN 60 tahun. Pribadi yang lembut, lebih menyimpan di hati daripada ngomong langsung.

SUAMI RANI. LELAKI 35 tahun. Sangat kasar, apapun yang dimintanya harus dilakukan.
Sinopsis
FERDI (35) seorang pemain figuran dan stuntmant. Sudah 35 tahun, belum juga menikah, didahului oleh kedua adik perempuannya, MITA (30) dan DYAH (28). Orangtuanya, mendesaknya untuk segera menikah. Karena mereka yakin dengan menikah, rezeki dan kebahagiaan akan menimpa pada Ferdi, seperti yang terjadi pada kedua anak perempuan mereka. Secara finansial mereka sukses, karena suami mereka memiliki pekerjaan yang ideal di bidang masing-masing.

Hal tersebut menjadi beban bagi Ferdi sendiri. Dia sering jarang pulang ke rumah, dan hanya menetap di sebuah kos dengan teman stuntmantnya, seorang duda beranilak satu, TOM (40). Tom menyarankan Ferdi untuk memesan buku nikah palsu dan seorang wanita yang menjadi isteri palsu Ferdi, agar orangtuanya bisa hidup tenang. Sebetulnya Ferdi sangat cuek terhadap statusnya, tetapi dia hanya terusik jika dibanding-bandingkan dengan adiknya. Ia pun menuruti saran Ferdi. Tapi fatal sekali, karena insiden menimpanya saat ia mengenalkan isteri palsunya itu, RANI (30). Hingga secara berturut-turut menyebabkan orangtuanya meninggal.

Dari kejadian itu, kedua adik perempuan semakin membencinya, dan mereka acapkali cekcok. Terkecuali adik bungsu mereka, RIZAL (25). Rizal selalu menuruti kehendak Ferdi, termasuk harus menunda acara pernikahannya?

Rizal meminta izin kepada Ferdi untuk menikah duluan, karena pacarnya, ELIN (25) mendesaknya untuk menikah. Awalnya Rizal ragu-ragu, tetapi berkat dukungan kedua kakak perempuannya. dia akhirnya berani ngomong ke Ferdi sebagai kakak tertua. Jelas Ferdi tak terima! Ferdi ingin Rizal menghargainya.

Rizal bimbang, kedua kakak perempuannya turun tangan dan meminta Rizal menghiraukan Ferdi. Ferdi serasa tak dihargai, dia pun keluar dari rumah orangtuanya itu, dan kembali lagi ke kosan Tom. Bahkan sebelum pergi, Ferdi bersumpah akan menikah dengan seorang gadis sebelum pernikahan Rizal yang sebulan lagi direncanakan.

Ferdi tak mau membohongi omongannya sendiri. Ia harus mencari wanita yang benar-benar dicintainya yang bersedja menikah dengannya dalam waktu cepat. Ferdi kebingungan sendiri. Ia ingat cinta masakecilnya, ALURA (30), seorang artis stripping fenomenal dulunya. Mereka dulu bertemu di syuting yang sama, saat ferdi menjadi figuran di projek tersebut. Tetapi sebuah kejadian membuat Alura vakum dari dunia keartisan, padahal mereka saling mencintai.

Ferdi harus menemui Alura dan melamarnya! Dari seorang talent, dia dapat keberadaan Alura. Menemui Alura kembali adalah membuka misteri masalalu. Ternyata Alura diam-diam membunuh BONA, seorang aktor yang saat itu menjadi pacarnya. Bona menghamili Alura, karena kecewa Alura pun melampiaskan kemarahannya dengan membunuh Bona, padahal saat itu Alura dekat dengan Ferdi.

Saat ini, Ferdi bersedia melamar Alura yang menjadi gila. Rupanya Alura pura-pura gila, dan hanya kepada Ferdi dia menceritakan semuanya. Ferdi terharu, dia pun melamar Alura. Tapi Alura bilang sisa hidupmya hanya untuk memikirkan Bona. Ia merasa bersalah dengan Bona. Ferdi pasrah, dia mulai tak menghubungi Alura lagi, apalagi ia lihat orangtua Bona mulai menghubungi Alura.

Seminggu lagi pernikahan adiknya! Ferdi bimbang, dia mulai tak peduli dengan pernikahan adiknya, ataupun jodohnya sendiri. Bahkan ia menghiraukan ajakan sutradara untuk mengambil bagian penting di produksi film yang baru, bukan stuntman lagi. Dia memilih untuk menyendiri. Dia bertemu lagi dengan Rani, yang sedang galau juga. Rani sudah bercerai dengan suaminya, karena dia sudah tak tahan dengan perlakuan suaminya yang mabuk-mabukan dan bermain serong. Dalam keadaan hening, mereka saling curhat perasaan mereka sekarang. Rani meminta Ferdi untuk menjenguk kuburan orangtua Ferdi, karena ia merasa bersalah. Setelah itu, Rani bersedia untuk menjadi pendamping di acara nikahan adik Ferdi. Ferdi pun bersedia menuruti saran Rani, bagaimanapun juga ia harus merayakan kebahagiaan adiknya.

Sementara Rizal merasa bimbang, karena Ferdi belum juga datang, padahal kedua kakak perempuan sudah datang dan antusias dari pagi. sehari sebelum pernikahannya, dia melihat surat dari ibunya, bahwa pengorbanan Ferdi sangat besar terhadap keluarganya. Elin kesal melihat Rizal memikirkan kakaknya, mereka pun cekcok di balik panggung pernikahan. Rizal kesal tak dihargai Elin, lalu pergi dari pernikahannya sendiri untuk mencari kakaknya, Ferdi.

Ferdi datang ke pernikahan Rizal, ia tak menemukan Rizal. Ferdi disudutkan oleh adik perempuannya dan Elin. Suami masing-masing dari Mita dan Dyah malah membela Ferdi. Barulah diperlihatkan bahwa Ferdi selama ini yang membiayai hidup keluarga, ia rela tak mengenyam pendidikan dan hanya menjadi seorang stuntmant sejak remaja. Mita dan Dyah pun meminta maaf ke Ferdi di depan kerumunan tamu undangan. Elin merasa pernikahannya hancur, tetapi Ferdi berusaha menenangkannya, Ferdi mengajak Elin mencari Rizal.

Di kuburan orangtuanya, Rizal bersimpuh, dia meminta maaf karena telah membangkang kakaknya. Lalu dia menuju sebuah gedung yang tinggi. Orang-orang ramai menghentikannya untuk tidak bunuh diri. Termasuk Ferdi dan Elin. Ternyata salah sangka! Rizal hanya mengingat film Ferdi yang pernah bersedia jatuh dari gedung tinggi untuk pekerjaan stuntmant-nya. Ferdi pun akhirnya berhasil membujuk Rizal untuk melanjutkan pernikahannya.

Pernikahan di lanjut sampai malam hari, lebih meriah. Ferdi terkejut melihat Alura datang untuk menyalami pernikahan adiknya.
Rani melihat mereka dengan cemburu. Tapi maksud Alura hanya sebatas hadir saja, dan Ferdi mulai melupakan Alura. Ferdi mulai memperhatikan Rani. Mita dan Dyah yang mengetahui gelagat Ferdi, mulai menggoda Rani untuk menjadi kakak ipar mereka.
Rekomendasi