Telah Selesai
63 Disukai
1.4k Dibaca

Anak-anak Surya : kisah anak bangsawan dan nostalgia 90an

Penulis : Alwinn
Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
Buku ini adalah sebuah nostalgia.

Waktu kecil yang kita tahu hanyalah bermain, bermain, dan bermain. Kehidupan di sekolah hanyalah sandiwara supaya tak di pandang bodoh di masyarakat. Di pergaulan kita belajar hal penting, yang tak diajarkan di sekolah : kebahagiaan dan persahabatan.

Ini kisah kecilku bersama Trio Cemen dan anak-anak Surya.Sepulang sekolah adalah golden timenya kami. Main kelereng di Tanah Kesebelasan, bermain layangan di langit cerah, dan menari dalam guyuran hujan hanyalah salah satu dari ratusan kenangan manis anak era-90an.

Anak-anak Surya adalah anak-anak kampung tumbuh di pesantren Suryalaya : sebuah pesantren di Tasikmalaya, yang mengajarkan penting berdzikir dan menjaga hati. Mereka terdiri dari Trio Cemen, Trio Macans, Gang Suryana, The Little Union, dan Bunga Desa.Uniknya mereka mayoritas masih kerabat sekaligus keturunan Waliyullah.

Buku ini bercerita tentang cucu-cucu keturunan Arab-Sunda di Indonesia. Akulturasi budaya Arab -Sunda membuat masa kecil kami penuh warna. Beragam tradisi, makanan, mainan dan permanian tradional menjadi bumbu pelengkap kisah kami yang luar biasa.

Kisah berfokus pada dua anak yatim yang berjuang mewujudkan mimpi-mimpi almarhum Bapaknya. Terlahir dari seorang ibu jelata, dan Bapak keturunan ningrat membuat mereka melihat kehidupan dari perspektif yang luas. Kehidupan klasik anak bangsawan di Istana Awan, berbanding terbalik dengan kehidupan sepupuku yang tinggal di Pesinggahan Besar : begitu dramatis, dan penuh komedi.

Buku ini mengajarkanku banyak hal.

"Harta yang paling berharga adalah keluarga, dan persahabatan. Dan cara terbaik tuk bahagia adalah sebuah keikhlasan."
Tokoh Utama
Aa Alwinn
Ade Hilal
Rian
Bang
Beng
Al
Mamah
Emak
Trio Cemen
Trio Macans
Bapak
Rekomendasi