Novel
Genre → Drama Sedang Berlangsung
16 Km
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp45,000
Premium
Blurb
Laras Sabrina, adalah seorang ibu dengan satu orang anak yang masih bayi. Dia sama sekali tidak menyangka bahwa setelah anaknya lahir, dia akan mengalami dua gejala gangguan mental pasca melahirkan.

Gangguan mental pertama yang dialami adalah baby blues. Kondisinya sempat memburuk karena hampir membunuh anaknya. Namun, meski berhasil melawan bisikan jahat itu. Laras justru mengalami gangguan mental yang berikutnya, yaitu cemas berlebih. Depresi yang ke dua ini, membuat Laras menarik diri dari dunia luar. Karena merasa semua hal yang di muka bumi bisa membahayakan anaknya.

Dari sekian banyak yang ia takutkan, ada dua hal yang paling membuat dia tak berani jauh dari anaknya sedikitpun. Yaitu akhir zaman dan bencana alam yang semakin mengintai.

Suatu hari, setelah berbulan-bulan jatuh bangun berjuang merebut kembali "Dirinya" yang hilang. Sebuah bencana alam terjadi. Sungguh malang bagi Laras, karena peristiwa yang paling dia takutkan itu terjadi, saat dia sedang hanya berdua dengan bayinya, tanpa tetangga, apalagi keluarga.

Terinspirasi dari kisah nyata, bagaimanakah dia bertahan hidup di pengungsian seorang diri pasca bencana? Inilah, enam belas kilo meter.
Tokoh Utama
Laras Sabrina
Zaky Muhammad
Mutyara Arumi Jasmine
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Salah satu aspek yang patut diapresiasi dari cerita ini adalah penggambaran yang jujur dan realistis terhadap pengalaman Laras. Penulis dengan jelas menggambarkan perjuangan Laras dalam menghadapi baby blues dan gangguan kecemasan berlebih pasca melahirkan. Ini adalah tema yang sensitif dan penting, dan penulis berhasil menyampaikannya dengan sensitivitas yang tepat. Hal ini membantu memperluas pemahaman pembaca tentang kondisi psikologis yang sering kali terjadi pada ibu pasca melahirkan.
Sedikit saja. Ini favorit saya.
Naskah ini berada di luar kotak. Problematika domestik yang dipindahkan ke dunia publik. Dan benar. Tingkat kebahasaan yang dimiliki penulis sungguh-sungguh di atas rata-rata.
Poin terpenting naskah ini bukan hanya derajat tingkat ketengangan dan situasional serba ' hyperballade ' -- yang serba menyesakkan dada, pilu serta galau -- dalam naskah. Tapi yang perlu diperhatikan novel ini ditulis dengan kecermatan bahasa. Apik.
Nguras emosi 🤓
Nice one 💯
Rekomen
Disukai
922
Dibaca
12.6k
Tentang Penulis
Risna Pramesti
Bismillah, semoga disini rejekinya. Aamiin.
Bergabung sejak 2020-07-05
Telah diikuti oleh 1,098 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 64,877 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi