Novel
Genre → Humor Telah Selesai
Kelas Terakhir
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp30,000
Premium
Blurb
Profesor, demikian beliau disapa, adalah salah seorang pengajar "legendaris" di kampus berlambang Dewa Ganesha ini. Siapa yang tidak mengenalnya? Seorang guru besar dengan reputasi luar biasa, dedikasi mengajar yang sangat tinggi, dan seluruh mahasiswa bimbingannya dijamin lulus dengan nilai A. Sungguh, betapa "beruntung" mahasiswa yang berkesempatan merasakan gemblengan beliau.

Hanya saja, kalau aku boleh memilih, lebih baik aku tidak usah berurusan dengannya. Yah . . . meski semester terakhir ini ia mengajar di kelasku. Cukup satu semester saja. Tidak usah terlalu lama. Kalau bisa, sih. . . .
*

Novel ini pertama kali saya tulis tahun 2016 silam di sebuah platform untuk kenang-kenangan selepas wisuda dan beredar terbatas untuk dibaca rekan seangkatan. Kisahnya sendiri seputar kenangan akan salah seorang dosen yang pernah mengajar di kelas kami. Banyak kejadian berkesan yang rasanya sayang untuk dilewatkan, dan akhirnya saya memilih untuk mendokumentasikannya ke dalam cerita fiksi.

Sebagai informasi, versi di sini adalah yang sudah mengalami beberapa kali revisi dan ada perbedaan dengan versi sebelumnya. Kelebihannya, pastinya lebih rapi dan enak dibaca.
*

"Membaca novel ini rasanya campur aduk. Banyak rasa yang berhasil dimunculkan, antara gemes, pengen ngakak, geregetan, malu, sedih, terharu, kesal, deg-degan, bahagia. Ending-nya juga touching banget." -rangkuman dari beberapa komentar pembaca
Tokoh Utama
Nadya
Profesor
Emile
Aisha
Eva
Lisa
Bu Indri
Nadine
Raafi
Lanny
Pak Dosen Wali
Pak Dosen Penguji
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Setiap abis baca, aku selalu kasih tanda dengan me-review. Ceritanya menarik, walaupun saya belum sempat kuliah, saya jadi merasakan ribetnya jadi mahasiswa, apalagi ini S2 ya, 'kan? Good lah. Segi tulisan, sangat rapi! Mungkin ada kelewatan tanda kutip di episode 32 tadi, sisanya kayaknya gada. Sukses selalu buat yang nulis.
Disukai
193
Dibaca
16.2k
Tentang Penulis
Nadya Wijanarko
πŸ“– Perjalanan Dinas (Novel, Lokamedia, 2018)
πŸ“– Reuni (Cerpen, dalam antologi "Orang-Orang Yang Hilang", JWritingsoul Publishing, 2019)
πŸ“– Cinta Di Ujung Senja (Cerpen, dalam antologi "Cinta Bermekaran Di Pohon Natal", AT Press, 2019)
πŸ“– Dilarang (Tidak) Masuk! (Cerpen, dalam antologi "Ketika Cinta Bukan Sekadar Kata tetapi Nyawa", JWritingsoul Publishing, 2021)
πŸ“– Sebelum Pandemi (Memoar, dalam antologi "A Cup of Spirit", JWritingsoul Publishing, 2021 --terpilih sebagai naskah terbaik ketiga)
πŸ“· IG: nadya_wijanarko
🐦 Twitter: wijanarko_nadya
Bergabung sejak 2020-05-19
Telah diikuti oleh 525 pengguna
Sudah memublikasikan 5 karya
Menulis lebih dari 242,268 kata
Rekomendasi dari Humor
Rekomendasi