Novel
Genre → Drama Telah Selesai
Anak kolong
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp11,300
Blurb
Budi, pemuda 20 tahun, mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya akibat kecelakaan sepeda motor. Ia pun berusaha bangkit dari keterpurukannya dengan mencoba menekuni dunia menulis. Ia banyak dibantu ibunya yang memberinya dukungan moril. Padahal pada saat sama kehidupan ibunya juga sedang terpuruk dan menghadapi ancaman perceraian dari suaminya. Ayah Budi seorang pensiunan polisi. Budi pun diliputi kebencian dan dendam kepada ayahnya yang telah menyia-nyiakan dan menyengsarakan ibunya. Kejadian demi kejadian yang pernah dialaminya semasa kecil, saat masih tinggal di asrama Brimob Kaliwungu, Kendal, dituangkan dalam novel yang ditulisnya. Penyaksiannya kepada penderitaan hidup ibunya yang kerap ditindas dan diperlakukan semena-mena oleh sang ayah. Persahabatannya dengan anak-anak asrama seusianya yang punya julukan Anak Kolong. Suka duka menjalani kehidupan anak kolong. Berbagai peristiwa di sekitar kehidupan warga asrama Brimob yang ternyata tak ada beda dengan masyarakat biasa.

Bagaimana nasib Budi selanjutnya? Bagaimana juga dengan nasib rumah tangga orangtuanya? Ikuti kisah Budi yang penuh liku dan tragedi.
Tokoh Utama
Budi
Karya yang Terhubung
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Meski tak ada hawa kebaruan dalam bentuk, novel ini digarap dengan kekuatan psikologis tokoh-tokohnya, sehingga raut ceritanya menjadi jelas. Ia menjadi cerita yang tidak perlu berpayah-payah dalam jelaskan apa itu sedih, terpuruk, dan masa lalu yang serba begini-begitu. Semua kalimatnya mapan, ekuivalen, terang, dengan daya ungkap yang cenderung ekonomis, tanpa efek stilistika yang membebani pembaca. Pilihan kata yang membentuk narasi tokoh-tokoh dibuat sedemikian dekat dengan penulisnya, tak ada patahan substansi -- mirip sebuah biografi / memoar. Draf ini menggambarkan keterampilan menulis yang bersih-paham aturan-mengutamakan cerita (ketimbang gaya). Humornya subtil. Draf novel model begini biasanya diminati penerbit buku karena melibatkan tema psikologis, efek inspirasi, cerita yang bulat-utuh-selesai -- dibutuhkan di saat ini; yang krisis semua-muanya.
Disukai
696
Dibaca
8.3k
Tentang Penulis
Eko Hartono
Pengarang yang sudah menekuni dunia menulis lebih dari 25 tahun. Karyanya telah dimuat di berbagai media massa nasional. Telah menerbitkan belasan karya novel. Sejak tahun 2015 hingga sekarang menekuni menulis skenario film televisi dan sinetron serial. Menulis skenario lebih dari 50 judul FTV dan sinetron serial di televisi.
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 287 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 154,450 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi