Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Gunung Semeru Meletus, Ini Fakta-Fakta Tak Terduga Terkait Gunung Berapi

Gunung Semeru Meletus Ini Fakta-Fakta Tak Terduga Terkait Gunung Berapi

INDOZONE.ID - Gunung berapi memang sangat menyeramkan, terlebih lagi gunung berapi aktif yang sewaktu-waktu bisa meletus kapan saja tanpa diprediksi.

Diketahui, Gunung Semeru yang berada di Lumajang belum lama ini meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021. Meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu disertai awan panas guguran dan abu vulkanik.

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang masih sangat aktif. Seperti ciri-ciri gunung berapi aktif pada umumnya, Gunung Semeru kapan saja bisa mengalami erupsi.

Gunung berapi memang tampak sangat menyeramkan, namun di balik itu, gunung berapi menyimpan fakta-fakta tak terduga yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Seperti dilansir Accu Weather, berikut fakta-fakta tak terduga terkait gunung berapi.

Membuat tanah menjadi subur

gunung berapiIlustrasi gunung berapi (Pixabay)

Keberadaan gunung berapi membuat tanah-tanah di sekitarnya menjadi lebih subur untuk ditanami berbagai tanaman. Bukan tanpa alasan, material vulkanik dari dalam perut gunung berapi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tanah.

Apabila tanah tersebut bercampur dengan material vulkanis gunung berapi, besar kemungkinan tanah akan menjadi lebih subur untuk lahan pertanian.

"Material vulkanis bercampur dengan tanah menyediakan banyak nutrisi penting. Tanahnya menjadi sangat subur untuk pertanian," ujar Dr Janine Krippner dari Concord University.

Pemasok air di bumi?

fakta gunung berapiIlustrasi air di pegunungan (Pixabay)

Krippner mengatakan bahwa keberadaan air di muka Bumi ini juga dipengaruhi oleh keberadaan gunung berapi.

Dalam kurun waktu 4,5 miliar tahun, mayoritas air yang berada di bumi berasal dari gunung berapi akibat dari proses penguapan.

"Datangnya dari uap. Seiring waktu berjalan, jadilah air yang kita punyai di planet ini. Air bisa datang juga dari magma," kata dia.

Menyimpan material berharga

gunung berapiBekas pertambangan emas (Pixabay)

Material berharga seperti emas dan tembaga dihasilkan dari aktivitas vulkanis gunung berapi. Selain itu, ada material sulfur yang juga berasal dari proses vulkanis.

Bahkan, material berlian yang ada di permukaan Bumi saat ini merupakan lapisan dari jenis magma bernama Kimberlite. Jenis magma tersebut dianggap sebagi magma yang langka.

Material-material berharga tersebut bisa diperoleh dengan cara ditambang.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar