Novel
Genre → Romantis Telah Selesai
Saturn Return
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Kala Alexandra
Kala tidak ingin menikah sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Ia merasa menikah tidak punya dampak yang signifikan dalam hidupnya. Ia bahagia sendiri. Bekerja sebagai kurator dan pengajar seni rupa adalah hal yang paling dia cintai dalam hidup ini. Orangtua Kala bercerai sewaktu Kala masih kecil. Sejak itu, tidak ada konsep keluarga dalam hidupnya. Itu salah satu alasan, mengapa Kala tidak ingin menikah, apalagi punya anak. Menurutnya, kebahagiaan itu adalah ketika ia bisa meraih mimpi-mimpi besarnya.


Sigi Namira
Masa lalu Sigi dan mantan suaminya, Marvin, tidak bisa dibilang sebagai kenangan yang manis. Marvin yang sejak awal hanya mencintai Sigi setengah hati, selalu bersikap buruk meski keduanya telah menikah dan memiliki anak. Pengabaian, ketidakpedulian, dan perselingkuhan Marvin akhirnya membuat Sigi menggugat cerai.


Maya Astari
Maya adalah seorang wartawan travel di sebuah media online dan istri dari Gading Kertawijaya. Ia tidak ingin punya anak karena menurutnya anak adalah beban dalam hidup dan ia tidak bisa punya tanggung jawab yang begitu besar yaitu menghidupi seorang manusia. Suatu saat, ia tiba-tiba hamil dan itu semua mengubah hidupnya.
Bagaimana Kala, Sigi dan Maya, yang juga merupakan tiga sahabat, menjalani hidup yang penuh kejutan dan menggoyangkan prinsip hidup masing-masing?


Tokoh Utama
Kala Alexandra
Sigi Namira
Maya Astari
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Memilih untuk tidak menikah, memilih untuk menikah hanya untuk sesuatu hubungan yang sudah lama dan menjalaninya setengah hati, serta menikah tapi belum siap itu menjadi sebuah pilihan masing-masing individu, bukan?

Novel ini menceritakan dari berbagai sudut pandang. Bahkan menjelaskan alasan kenapa orang tidak menikah dan memilih bercerai demi sang anak. Menikah bukan perkara seberapa lama ia bertahan, juga novel ini memberikan sedikit perenungan mengenai pernikahan. Bahwa pernikahan bisa saja terjadi ketika hati saling dipilih satu sama lain dan saling mau, bukan karena seberapa lama ia berada di sampingnya dan pada akhirnya itu hanya kuantitas bukan kualitas.
Untuk kamu yang masih memiliki banyak pertanyaan tentang pernikahan, novel ini bisa menjadi salah satu petunjuk hal itu.
Dikemas dengan ringan dan to the point, kamu bakalan mengerti apa itu tujuan kehidupan.

(Tim Kurator Kwikku)
Disukai
30
Dibaca
7.5k
Tentang Penulis
Aprillia Ramadhina
- Penulis buku "Turn on the Radio" (Bukune, 2015)
- Pemenang Harapan Sayembara Kritik Sastra Dewan Kesenian Jakarta 2019
- Co-writer Teater Musikal "Anugerah Terindah" (Titimangsa Foundation & Mola TV, 2020)
- Blog: apriltupai.com
- Instagram: @apriltupai
Bergabung sejak 2020-10-30
Telah diikuti oleh 236 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 29,929 kata
Rekomendasi dari Romantis
Rekomendasi