Disukai
1
Dilihat
1,629
Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari
Drama

15 Maret 2005

Dear Diary,

Ah akhirnya akika punya diary baru bok. Karena ini buku kedua, jadi akika kasih judul Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari. Nggak kerasa diary yang lama udah nggak bisa lagi memuat keluh kesah dan desahan akika.

Hari ini seperti biasa, akika jalan lewat di depan rumah dese. Seperti biasa anak-anak kecil disekitar situ neriakin akika bencong. Iihh..pengen rasanya akika rebonding tuh bibir anak-anak. Mungkin orang tuanya gak pernah ngajarin sopan santun berkendaraan aiih yuk mari. Udah dulu ya, akika tidore3 ah. Seharian ini rame di salon Umi Ina.

16 Maret 2005

Dear Diary,

Sebeeeeellll! tadi dese dateng ke salon buat gunting rambut, tapi si Menul sialan itu malah yang kebagian ngelayanin. Panas bok hati akika. Eh tapi sebetulnya ngapain ya akika emosi jiwa raga atas bawah begindang, kan dese bukan siapa-siapa akika. Lagian belum tentu dese juga sekong. Ih biarin aja, namanya juga cinta. Cinta itu kan buta ya bok, gak bisa bedain mana yang sekong, mana yang lekong asli, hahay!

Tuhan.. kenapa ya akika mesti jadi begini..

17 Maret 2005

Dear Diary,

Hari ini mungkin hari sial buat akika. Dari pagi perut udah mules aja bawaannya. Pengen permisi sama Umi gak masuk kerja sih, tapi nanti gaji dipotong, sayang dong ah, kan akika butuh buat bayar kos, makan, ngirim ke kampung dan untuk kecantikan akika. Siapa tau kalau akika tambah cantik bisa jadi pasangan duet Mas Anang. Tapi dasar perut gak bisa diajak kompromi, pas lagi gunting rambut mak lampir eh kambuh mulesnya, saking gak tahannya terpaksan akika minta tolong buat gantiin, sama siapa lagi kalo bukan si Menul saingan akika itu. Eh tu mak lampir ya, sempet-sempetnya ngomel, masih bagus akika permisi daripada langsung ninggalin, lagian ini juga karena mules. Baru jadi istri lurah aja sombongnya minta ampun, akika yang istri simpenan aja baik hati. Ngareup ya bok jadi istri hihihi..

19 Maret 2005

Dear Diary,

Tadi dapet kabar dari kampung. Adikku Rahmah butuh uang untuk bayaran sekolah. Setiap kali dia telepon, rasanya ingin menangis sejadi-jadinya. Saat akika harus berpura-pura kalau Riwanto yang dia kenal sebagai abangnya ini, bukan seorang banci yang bekerja di salon. Entah sampai kapan ini semua bisa terus ditutupi. Sudah setahun lebih akika meninggalkan kampung, Ibu dan adik-adik. Tak mungkin terus berada di kampung, meskipun sepertinya orang-orang tau akika tidak seperti laki-laki biasa, tapi akika tidak mau membuat aib untuk keluarga. Lebih baik jauh dari kampung, menjadi seperti ini. Tuhan, benarkah pilihan ini?

20 Maret 2005

Dear Diary,

Tuhan..

22 Maret 2005

Dear Diary,

Tau gak? Hari ini dese negur akika pas lewat di depan rumahnya. Aduh pengen rasanya akika langsung nyemplung got dan berenang sampe ke got depan salon Umi Ina. Sampai sekarang masih nggak percaya. Apa mungkin dese naksir akika ya bok. Coba si Menul tadi liat, pasti dia sirik deh. Tapi tetep ada gangguan, anak-anak kecil disitu tetep neriakin akika seperti biasa. Belum tau mereka beratnya jadi seperti akika, maksudnya berat di wig bok. Sutra lah, gak penting anak-anak itu.

Tinggi, tegap, ganteng, ooh.. Mas Udin sayang..

23 Maret 2005

Dear Diary,

Menul hari ini gak masuk kerja. Kena razia kemarin malam. Rasain tuh, akibat kegatelan. Mending kayak akika, pulang kerja ya pulang, gak jualan lagi. Gimana mau dapet laki yang bener kalau kerjaannya begitu. Ih kok akika jadi ngomongin Menul yang gak penting itu. Tapi Menul penting juga. Saingan akika merebut perhatian Mas Udin. Menul Cuma menang putih doang, memang sih dese juga teteknya udah ada, rambutnya asli panjang sebahu. Bukan kayak akika yang serba nanggung. Ah, mudah-mudahan aja Mas Udin maunya yang alami kayak akika.

3 April 2005

Dear Diary,

Sutra lama akika gak nulis. Baru sembuh dari demam berdarah. Sedih akika bok kalau sakit begindang. Jauh dari keluarga. Rasanya takut mati. Tuhan, akika belum siap. Bukan karena Mas Udin, tapi kalaupun akika harus mati, akika mau keluarga akika tahu siapa akika sebenarnya. Lelah sekali rasanya Tuhan. Lelah sekali.

6 April 2005

Dear Diary,

Tadi dese ke kerjaan. Ngerapihin rambutnya. Perasaan baru bulan lalu dese dateng eh udah mau gunting lagi, subur ya bok bulunya eh rambutnya, hahay!. Keberuntungan ada di akika kali ini, si Menul keliatan banget siriknya ngeliat akika ngelayanin Mas Udin sayang. Itu belum apa-apa, tadi pas lagi cuci rambut, Mas Udin minta nomer HP akika bok!. Serasa mimpi. Memang sampai sekarang dese belum ngubungin sih, tapi akika tetep seneng. Apa dia jodoh akika ya bok?. Tau ah!

13 April 2005

Dear Diary,

Bok! Akika udah jadian sama dese, Mas Udin sayaaaaang!. Ternyata Tuhan sayang sama akika, ngasi laki-laki yang selama ini cuma bisa akika kagumi. Ternyata dese bukan cuma tampilan luarnya aja yang baik, tapi hatinya juga baik. Perhatian sama akika. Setelah berkali-kali cinta bertepuk sebelah tangan, baru ini akika bisa merasakan dicintai seseorang. Dia juga terima apa adanya akika. Ah, akika mawar panjangin rambut ah, biar gak usah pake wig, aneh juga tiap mau main mesti lepas wig. Nanti kalau tabungan cukup bikin tetek juga kayak si Menul. Biar akika jadi kekasih sempurna buat Mas Udin sayang. Oh ya, Menul sekarang suka cari gara-gara, judes minta ampun sama akika. Emang gue pikirin!

14 April 2005

Dear Diary,

Malam ini entah kenapa akika galau bok. Tadi sempat memperhatikan wajah di cermin kamar mandi. Tanpa polesan pupur dan pemerah jambe, akika menikmati wajah laki-laki di cermin itu. tidak ada wajah Santy disitu, hanya wajah Riwanto. Terkadang ingin rasanya menggugat Tuhan, kenapa akika lahir sebagai laki-laki tapi diisi dengan ruh wanita. Sutralah ya bok, gak ada yang salah kok jadi seperti akika. Setidaknya akika bisa menjadi diri akika sendiri. Akika bahagia!

15 April 2005

Dear Diary,

Dese kemana sih?!!. Sebeeeelllll!!!!

25 April 2005

Dear Diary,

Hancur lebur hati ini. Dengan mata kepala sendiri akika lihat Mas Udin dan si Menul itu boncengan. Pantas saja Mas Udin jarang menghubungi lagi, kalaupun di hubungi katanya sibuk, gak pernah lagi ngajak jalan. Pantas saja Menul jadi lebih ramah ke akika. Bangsat!

26 April 2005

Dear Diary,

Tuhan, kenapa kau beri aku cobaan ini? apa karena akika tidak pernah menyembahmu?. Bukan tak mau, tapi maukah kau menerima sembah ini?

27 April 2005

Dear Diary,

Tadi akika bertemu dengan Mas Udin. Dia mengelak soal Menul. Dia bilang itu cuma perasaan akika. Air mata ini seolah tidak membuat dese merasa harus menenangkan akika. Dese permisi, katanya ada urusan penting, bahkan tidak mengajak dan mengantar akika pulang. Dese tidak tau, kemarin malam untuk yang kesekian kali, akika melihat dia keluar dari kost si Menul. Dese bukan laki-laki yang seperti akika kira.

29 April 2005

Dear Diary

Yang terjadi, terjadilah..

15 November 2010

Dear Diary,

Aku kembali menghirup udara segar. Udara kebebasan. Enam tahun lebih aku meringkuk di sudut sel yang dingin. Begitu banyak hari yang membawa aku pada titik balik kehidupan ku. Tadi aku singgah di makam Menul. Aku tau mohon maaf ku tak lagi terjawab pusara itu. Air mataku tak akan menghapus salahku, tapi mohon ampun aku ya Tuhan..

Aku tak tau harus memulai kehidupanku dari mana. Yang aku tau aku hanya ingin kembali ke jalanMu ya Tuhan. Aku ingin mati sebagai Riwanto, kembali pada kodratku. Terima aku.

Terima aku..

---

Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari, telah diterbitkan dalam kumpulan cerita pendek Cerita Sahabat seri 1, Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Tunggu Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari (versi extended) hanya di Kwikku.

--

Keterangan istilah :

Akika : Aku

Dese : Dia

Tidore : Tidur

Begindang : Begini

Sekong : Sakit

Lekong : Laki-laki

Sutra : Sudah

Mawar : Mau

Suka
Favorit
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
@semangat123 : Thanks, Mbak :))
"Cateutan Akika Jilid Dua, Yuk Mari" judulnya bikin penasaran👍😁
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi