Novel
Genre → Drama Telah Selesai
MARKESOT BERKOTBAH
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Markesot frustasi, gara-gara penjualan bukunya terus nyungsep, royalti yang ia dapatkan dari buku yang ditulisnya di beberapa penerbit kalau dikumpulkan sebulan, ternyata gak bisa menutupi kebutuhan makan. Bininya mencak-mencak, uring-uringan. Markesot terlalu sering mengerem amarah Sarinem, istrinya, dengan kata bijak "Berhemat". Namun pada posisi krusial kata itu tidak mempan. "Apa yang mau dihemat, duitnya aja kagak ada" ujar Sarinem senep. Dia minta Markesot mencari profesi lain, agar dapur tetap ngebul. "Ojek online misalnya" tukas istrinya, tapi Markesot belum mau atau malu.
Sebuah haru, Markesot terinspirasi oleh Primus, seorang youtuber nomor satu di Indonesia Raya, yang jumlah followernya jutaan dan penghasilannya setahun miliaran. "Ini gue banget, kerja nyantai duitnya banyak," celutuk Markesot pada Panjul tetangganya seorang pengemudi ojek online. "Mending ngojek aja Sot, lebih jelas, dapat duit hari ini langsung buat makan, kalau itu kan masih mimpi" bujuk Panjul. Markesot kekeuh. Dibantu asistennya Jambul, Markesot pun mulai membuat video yang aneh- aneh, kadang mau lucu tapi malah garing kayak kanebo kering.
Lama-lama dapur benar-benar tidak ngebul. Suatu hari Markesot kehabisan kuota, ia pun menjual jam tangannyanya untuk membeli kuota. Bini tahu malah menjadi tambah marah. Akhirnya Markesot terpaksa demi dapur menjadi pengemudi ojek online. Tapi supaya nggak malu , ia nariknya di daerah yang jauh dari rumahnya. Berangkat pagi pulang malam. Helm dan Jaket diitipin sama temannya supaya nggak ketahuan. "Wah sekarang pergi pagi pulang malam,kerja dimana Sot? tanya Panjul. "Gue kerja di kontraktor" ujar Markesot bohong,.
Suatu ketika, video Markesot mulai diviralkan di youtube, gara-gara dia ditipu saat mendapat orderan palsu. Ada order fiktif pesan makanan tapi ketika dilacak tidak ketemu alamatnya, akhirnya Markesot rugi 300 ribu. Saat itu ada seorang netizen memvideokan dirinya yang menangis dan memviralkannya di dunia maya. Rupanya video yang memainkan emaosi itu mendadak viral dan menarik simpati banyak orang untuk membagikan. Tetangganya termasuk Panjul baru tahu dari internet ternyata Markesot seorang tukang Ojek online. Sejak itu mama Markesot pun terkenal dan diberitakan di media mainstream. Markesot dapat panggung, jimat aji mumpung ia mainkan, maka ia pun memperkenalkan diri sebagai seorang youtuber. Dia pun mencari di google tips-tips menjadi youtuber terkenal.
Sejak itu, follower youtubenya bertambah drastis, dari hanya 100 orang naik menjadi 10 ribu dalam sebulan.Wouw. Markesot girang bukan kepayang, semangatnya 45-nya bertambah membara di dada seperti laga timnas Indonesia melawan Malaysia, yang selalu memanggang nasionalesme. Sejak itu dia makin sering memposting videonya yang lucu, aneh, nekat hingga ekstrim seperti makan daging tikus dan sebagainya. Hasilnya luar biasa dalam tiga bulan followernya melonjak sebanyak 1 juta orang. Angka yang sangat spektakuler. Sejak itu ia melakukan monetisasi dengan iklan, pelan tapi pasti ia mendapat uang dari youtube. Akhirnya Markesot berhasil merenovasi rumahnya dan membeli mobil baru, dan ia pun meninggalkan profesi kepepetnya yakni ojek online. Kesuksesannya tak lepas dari dukungan asistennya Jambul yang pandai mengedit video dan melakukan analisa di media sosial.
Namun malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Tersiar kabar seorang anak kecil bernama Dilan meninggal duniayang diduga akibat menirukan adegannya yang berbahaya. Ibunya Menik marah berat, ia tahu persis anaknya adalah penggemar video Markesot, diapun memviralkan kematian anaknya dan menyalahkan Markesot sebagai sang biang kerok. Pedro seorang youtuber terkenal, saingan Markesot memanfaatkan situasi rumit tersebut. Dia minta agar Menik melaporkan Markesot ke Polisi. Pedro pun mengumpulkan bukti-bukti lain ke polisi agar Markesot pun di tetapkan sebagai tersangka dengan pasal berlapis, kayak kue. Kesempatan bagi aparat untuk menyikat Markesot. Akun Markesot pun diblokir oleh penyidik, sehingga mata pencahariannya meredup
. Jambul, menggalang dana di dunia maya sambil membuat dukungan agar Markesot dibebaskan. Sementara Markesot menunjuk Jolali sebagai pengacaranya. Markesot yakin video yang diunggahnya tidak melanggar hukum, dan apa yang ia lakukan memang bukan untuk ditirukan orang lain. Akhirnya Markesot pun disidang dan divonis Hakim.
-o0o-


Tokoh Utama
MARKESOT
Sarinem
Jambul
Pedro
Ngaisah
Primus
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
1
Dibaca
4.3k
Tentang Penulis
Dudun Parwanto
-
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 72 pengguna
Sudah memublikasikan 4 karya
Menulis lebih dari 110,546 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi