Genre → Petualangan Telah Selesai
WAIKAMA
Oleh X
Mulai membaca
Blurb
Hari di mana Tomalolo mencoba bunuh diri; melompat ke dalam sungai, Ranggasela terlebih dahulu meninggalkan kampung halaman. Mereka pernah menjadi sepasang kekasih. Ketika Tomalolo mendapati dirinya hamil oleh laki-­laki lain. Ia meminta pada Ranggasela untuk menutupi aibnya, namun Ranggasela menolaknya.

Di kepergiannya itu, di dalam bus Ranggasela terlelap. Ketika sadar, ia berada di suatu tempat yang sangat asing baginya. Ranggasela menemukan gerbang Waikama, dunia gaib yang menawarkan kedamaian ketentraman hidup. Siapa yang memasukinya kemungkinan besar akan kehilangan ingatan.

Di Waikama, Ranggasela tinggal bersama perempuan bernama Marannu. Berbeda dengan Marannu yang ingatannya tidak berdaya lagi, Ranggasela malah masih mengingat sederet peristiwa yang dia alami. Itulah yang dia cemaskan. Dia bisa menerima hukuman bila ketahuan.

Hanya kepada Marannu, Ranggasela menguak tentang dirinya yang tidak mengalami kehilangan ingatan, tidak kepada penduduk yang lain. Namun seiring berlalunya waktu, Tuan mencurigai Ranggasela. Terjadilah pertemuan antara keduanya, Tuan memaksa Ranggasela untuk mengakui semuanya. Mau tidak mau Ranggasela harus melakukan itu.

Atas hasutan Marannu, Ranggasela melarikan diri dari Waikama. Ketika sudah sampai di batas Waikama dan dunia wajar, dia merasakan dirinya ditarik oleh sebuah tenaga. Saat sadar Ranggasela mendapati dirinya berada di dalam bus yang sama. Bus itu membawa Ranggasela sampai di suatu kota.

Keanehan lain yang dialami Ranggasela, adalah di kota itu pertemuannya dengan Inggi, wanita yang tidak asing lagi baginya. Dia pernah hadir dalam mimpi basah Ranggasela. Penuturan Inggi membuat Ranggasela bingung, dia tidak menyangka persetubuhan di alam mimpi itu membuat Inggi melahirkan seorang anak perempuan, diberi nama Aksarawati. Ranggasela tidak mempercayainya, tetapi ada rasa penasaran, makanya dia memuluskan ajakan Inggi untuk tinggal serumah dengannya.

Berhari­hari mereka tinggal bersama. Menunggu Aksarawati kembali ke rumah itu. Di hari kelima belas, pertemuan mereka baru terwujud. Keduanya saling tidak percaya, bahwa mereka memiliki hubungan ayah dan anak. Aksrawati tak lain adalah Marannu, perempuan yang menemaninya di Waikama. Karena tidak menerima kenyataan itu, Ranggasela meninggalkan mereka. Dia kembali ke kampung halaman, namun pada perjalanan itu, lagi­lagi Ranggasela dihadapkan situasi yang serupa pada saat keberangkatannya, membawanya kembali ke Waikama. Takdir mempersatukannya dengan Tomalolo. Yang juga mengalami peristiwa aneh ketika hendak bunuh diri. Namun keduanya tidak saling kenal satu sama lain, ingatan telah benar­benar hilang dari mereka.
Tokoh Utama
Ranggasela
Tomalolo
Marannu
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
7
Dibaca
2k
Tentang Penulis
X
-
Bergabung sejak 2020-06-22
Telah diikuti oleh 78 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 46,173 kata
Petualangan
Lihat lainnya
Rekomendasi