Novel
Genre → Drama
Lisa Menjadi Lumba-Lumba
Oleh Aliurridha
Mulai membaca
Telah selesai
Gratis untuk dibaca
Blurb
Alif—seorang penulis yang tengah naik daun—mendapatkan sebuah pesan misterius. Pesan itu dikirim Lisa, seseorang yang pernah mengisi masa lalunya. Lisa menghilang secara tiba-tiba 14 tahun yang lalu, meninggalkan begitu banyak rahasia dan pertanyaan yang tak terjawab. Lewat pesan itu, Lisa berupaya menjelaskan alasan ia dulu menghilang secara tiba-tiba, sekaligus meminta tolong kepada Alif. Permintaan ini berkaitan dengan kerusuhan yang terjadi tahun 1998.

Dalam pesan itu Lisa menjelaskan sekarang dirinya adalah perwira Angkatan Laut yang tergabung dalam organisasi tanpa bentuk—sebuah organisasi yang bertujuan membongkar kejahatan kemanusiaan tahun 1998. Bersama pesan itu terlampir juga dokumen berisi bukti-bukti kejahatan kemanusiaan dan siapa saja yang terlibat di balik kerusuhan 98. Namun, untuk membuka pesan itu Alif perlu menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dibuat oleh si pengirim. Semua itu dilakukan demi menjamin informasi itu benar-benar jatuh ke tangan orang yang tepat. Orang-orang ini khawatir bahwa apa yang mereka kerjakan telah diketahui para pelaku, dan mereka tahu betul bahwa para pelaku masih punya kekuatan untuk membungkam mereka. Karena itu mereka perlu berhati-hati dalam menyebarkan informasi ini. Kekhawatiran itu sangat berasalan karena tidak lama setelah pesan itu terkirim, kapal selam yang ditumpangi Lisa tenggelam. Apakah itu benar-benar kecelakaan? Atau sebuah upaya penghapusan barang bukti?
Tokoh Utama
Alif
Lisa
Dwi
Naji
Ayah Alif
Ibu Alif
Ayah Lisa
Adik Alif
Ibu Lisa
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
1
Dibaca
3
Tentang Penulis
Aliurridha
Aliurridha adalah seorang tenaga pengajar di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram. Dia menulis esai, cerpen, dan puisi. Tulisannya tersiar di media-media seperti Kompas, Jawa Pos, Tempo, Media Indonesia, Republika, Mojok, Detik, dsb. Pada tahun 2022, cerpennya berjudul Metamorfosa Rosa masuk antologi Cerpen Pilihan Kompas 2021. Pada tahun 2023, dia diundang sebagai pembicara dalam Makassar International Writers Festival (MIWF). Di tahun yang sama, dia menjadi salah satu pemenang sayembara menulis Sepotong Kisah di Balik 98. Novelanya berjudul Lisa Menjadi Lumba-Lumba terbit dalam antologi cerita pilihan Dee Lestari (Falcon Publishing, 2024). Novelnya berjudul "Teori Pernikahan Bahagia" akan terbit dalam waktu dekat oleh Falcon Publishing. Saat ini dia tinggal di Gunungsari, Lombok Barat dan bergiat di Komunitas Akarpohon. Bisa disapa di @aliurridha (Instagram) dan Aliurridha Al-Habsyi (Facebook).
Bergabung sejak 2020-07-30
Telah diikuti oleh 99 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 39,959 kata
Penghargaan Karya
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi