Novel
Genre → Drama Telah Selesai
Langkah: Romantic Love Story #2
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp75,000
Blurb
Langkah merupakan kumpulan novelette yang dirangkum menjadi satu. Berisi tentang kisah para hamba pilihan yang melangkah ke jalan lurus yaitu jalan Haq yang ditempuh oleh para nabi dan rasul terdahulu. Kemudian mereka berislam dengan sebenarnya Islam yang sesuai dengan ajaran Baginda Nabi Muhammad Saw.

1.Novelette Istana Kedua
Sindy meninggal dunia setelah melahirkan anak hasil cintanya dengan Rofiq. Namun sebelum dia menutup mata untuk selamanya, dia berpesan kepada suaminya bahwa pendamping dunia akhirat yang sebenarnya sedang menunggu Rofiq. Dia juga berpesan supaya Rofiq senantiasa mencintai dan menyayangi bidadari itu seperti mencintai dirinya dengan tulus. Namun, siapakah bidadari itu?
Pagi itu, seorang pemuda mengayuh sepedanya melalui jalan tikus. Dia tampak ceria. Sebab dia hendak melanjutkan ke perguruan tinggi dan akan meminta izin dari ibunya. Dia yakin bahwa ibunya akan memberinya izin untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Matematika.
Sesampainya di pasar, dia berpapasan dengan seorang penjambret yang menjambret dompet seorang gadis. Karena gadis itu berteriak meminta tolong, lantas pemuda itu menyegal kaki penjambret itu hingga terjatuh. Lantas, pengunjung pasar yang geram pun menghakimi penjambret itu tanpa ampun. Ketika mereka hendak membawa penjambret itu ke kantor polisi, gadis tersebut malah melarang dan memaafkan si penjambret. Lalu dia justru memberikannya uang. Tidak lupa gadis itu mengucapkan terima kasih kepada pemuda yang telah melumpuhkan penjambret itu.
Lalu pemuda itu menemui ibunya untuk meminta izin pergi ke Malang. Awalnya ibunya berat hati untuk memberinya izin untuk mengambil jurusan Matematika. Namun pemuda bernama Rofiq itu bersikeras untuk lanjut mengambil jurusan Matematika. Akhirnya hati sang ibu pun luluh dan memberikan izin pada anaknya untuk melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan Matematika.
Maka, berangkatlah Rofiq ke Malang. Dia dijemput oleh sahabatnya. Naas, ketika mereka tengah melaju di sebuah persimpangan, motor yang mereka kendarai mengalami kecelakaan. Temannya Rofiq tewas di TKP, sementara Rofiq mengalami patah kaki sehingga dia divonis mengalami kelumpuhan. Dokter mengatakan bahwa lumpuh yang dialami Rofiq bisa disembuhkan. Akibat kecelakaan itu, Rofiq harus duduk di kursi roda. Selama proses penyembuhan itu, Rofiq duduk di kursi roda. Akhirnya dia bosan karena tidak mempunyai aktivitas. Di saat itulah muncul Sindy, gadis yang pernah ditolongnya saat kejambretan di pasar. Ternyata, Sindy adalah tetangga mereka yang dulu pernah ditolong sama ibunya Rofiq. Sejak pertemuan di rumahnya itu, keduanya menjadi dekat.

2.Novelette Salwa Azis
Salwa harus mengadakan observasi lapangan untuk skripsi S1-nya. Ia mendapat tugas untuk mengangkat issue pendidikan pesantren di salah satu kota yang ada di Pulau Jawa. Saat perjalanan menuju Jatim, ia agak kesulitan karena tidak tahu rutenya. Namun di perjalanan dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Azis. Setelah sekian lama berada di rumah Azis, gadis itu jatuh cinta sehingga ia lupa bahwa dirinya sudah bertunangan dengan seorang tentara berpangkat mayor yang bertugas di Aceh. Namun siapa sangka kalau kisah percintaan mereka diketahui oleh tunangan Salwa, yang ternyata tentara GAM. Saat perjalanan kembali ke Medan, Azis ditangkap oleh anggota tentara GAM karena dituduh sebagai mata-mata Indonesia untuk mencuri sandi mereka.
Seorang gadis Aceh mendapat tugas dari kampusnya untuk meneliti metodhe pendidikan di salah satu pondok pesantren yang ada di Jawa. Setelah membaca sebuah artikel, dia akhirnya memilih pesantren yang ada di Jawa Timur, tepatnya di Jember. Maka berangkatlah dia ke Jawa seorang diri. Namun ketika sampai di sebuah stasiun di Surabaya, gadis itu bertemu dengan seorang pemuda yang kebetulan berasal dari Jember. Keduanya berkenalan.

3.Novelette Cinta Bukan Merah Jambu
Bilqis berada di persimpangan jalan antara menerima pinangan Kiai Fakih untuk putranya, Gus Akhyar atau menerima pinangan Fahmi Azis yang dicintainya. Sementara ayahnya, Pak Sutiyam merasa segan dan tidak enak hati menolak lamaran Kiai Fakih yang sangat dihormatinya. Lalu dia terpaksa mengirim surat untuk putrinya yang sedang menempuh pendidikannya di UIN Malang.
Namun, Bilqis tidak serta-merta memutuskan untuk menerima pinangan Kiai Fakih karena dia tahu sifat dan perilaku Gus Akhyar yang suka memacari santri-santri putri di pesantrennya. Bahkan sahabat baik Bilqis pernah menjadi korban pemerkosaan dan kekerasan seksual Gus Akhyar hingga hamil. Ketika orang tua santriwati itu meminta pertanggung jawaban Gus Akhyar agar menikahinya, justru mereka dihina oleh Pak Kiai dan keluarga ndalem. Mereka tidak mengakui bahwa janin yang dikandung oleh santriwati itu adalah anak dari Gus Akhyar. Sangat sulit bagi Bilqis untuk meyakinkan ayahnya bahwa Gus Akhyar adalah lelaki bejat.
Di saat kebimbangan itulah Fahmi hadir untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Bilqis. Ternyata, Bilqis yang sebelumnya tidak mengenal Fahmi pun akhirnya menyukainya dan tumbuhlah benih-benih cinta. Tetapi, justru kehadiran Fahmi dalam hidup Bilqis memberikan pukulan telak buat keluarga ndalem. Lantas mereka melaporkan Fahmi sebagai penyebar ajaran bid'ah. Akankah tuduhan mereka membuat Fahmi ditangkap oleh polisi?

Tokoh Utama
Dia
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
158
Tentang Penulis
Khairul Azzam El Maliky
Khairul A.El Maliky, novelis. Lahir di Probolinggo 35 tahun silam. Karya, Cahaya Lentera Cinta, Sang Nabi, Sang Kiai, Metamorfosa dan Mahar Cinta untuk Afifah. Menulis cerpen di Riau Pos dan Radar Bromo sejak 2014.

Buku Antologi Cerpen Bersamanya antara lain, Rain Story in December(Maharani Publishing, 2020), Muara Kasih Bunda(Maharani Publishing, 2020), Silent of Love(AE Publishing, 2020), Hati yang Tersakiti(MJS Publisher,2021), Kisah Kasih Masa SMA(MJS Publisher,2021), Aku dan Kata Selesai(Liezer Publisher,2021), Aku, Kasih dan Kisah(Liezer Publisher,2021), Setapak Jalan Menuju Fitrah(Liezer Publisher,2021) dan Kisah Kelana(Pena Baswara Makassar,2021).

Prestasinya antara lain, Juara Pertama nasional lomba penulisan cerpen "Aku Sudah Berubah"(2021), Juara Pertama nasional lomba penulisan cerpen "Cinta dan Mimpi" 2021, Juara Kedua nasional lomba penulisan cerpen "Ramadanku Berbeda" 2021, Juara Kedua nasional lomba penulisan cerpen "Posesif" 2021, dan Penulis Terpilih nasional dalam lomba penulisan cerpen "Anak Perantauan" 2021.
Bergabung sejak 2021-05-23
Telah diikuti oleh 19 pengguna
Sudah memublikasikan 55 karya
Menulis lebih dari 1,783,442 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi