Novel
Genre → Fantasi Telah Selesai
GERBANG DUA SEMESTA
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp1,000,000
Blurb
Kamu adalah tokoh utama di dalam cerita ini. Ya, kamu!

Di sini, kamu memiliki kekuatan supranatural. Kamu bisa berinteraksi dengan makhluk halus, bahkan masuk ke dalam dunia mereka. Tentu saja hal tersebut bukan sesuatu yang kamu inginkan. Sebaliknya, kekuatan itu justru merepotkanmu. Bagaimana tidak? Gara-gara kekuatan itu, kamu jadi bisa melihat hantu yang wujudnya ngeselin tiap hari. Belum lagi kalau ada makhluk halus yang tertarik kepadamu dan akhirnya mengikutimu.

Akan tetapi, itu semua belum apa-apa dibandingkan bahaya yang tengah mengadangmu. Semua bermula tatkala kamu dihampiri oleh mimpi-mimpi aneh. Ibumu bahkan mengalami peristiwa mistis yang nyaris merengut nyawanya. Dalam upaya menolong ibumu , kamu mengetahui kenyataan bahwa ada entitas jahat yang berencana membunuhmu untuk mengoleksi jiwamu.

Kamu pun harus mencari cara untuk mencegah hal tersebut. Kamu harus membuka gerbang dua semesta untuk mengalahkan entitas jahat yang mengincarmu itu. Tak ada cara lain, kendati ada dunia yang tak semestinya kamu masuki . . . karena mungkin di sanalah kematian justru sedang menunggumu . . . .

Tokoh Utama
Kamu
Jeremy Jejen Nicolas
Hannah Hans Ailia
Ratu Iblis Ratna Getih
Ratna Getih
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Mohon koreksi jika salah: novel ini satu-satunya novel dalam perpustakaan raksasa Kwikku yang seratus persen menggunakan POV kedua tunggal, bahkan tak banyak dalam khazanah perbukuan (cetak) kita. Seingat saya, novel lain yang sudah terbit dari penulis ini, 'Surat dari Kematian', tidak bercerita melalui sudut pandang orang kedua. Tokoh dalam novel 'Gerbang Dua Semesta' ini adalah si 'Kamu'. Lalu saya membaca 'Kamu' yang seakan-akan adalah saya sebagai pembacanya. Jujurnya, awal mula membaca terasa enggak betah, jengah, butuh energi untuk meneruskan kisah gotik ini. Setelah bab-bab berikutnya, saya mulai terbiasa. 'Gerbang Dua Semesta' menjadi fenomena dari keumuman, tapi nyatanya berhasil membawakan kisahnya sampai akhir cerita. Saya berapresiasi terhadap penggarapan sesuatu yang tidak biasa ini.
Pembaca awam seperti saya selalu merasa kurang familiar setiap membaca novel pengujaran orang kedua tunggal (POV 2 tunggal / kamu). Sejak mula terasa berat membacanya. Tapi setelah melewati bab Prolog, saya mulai membiasakan diri. Novel ini membelah diri sebagai novel yang sadar bentuk (dengan POV 2 tunggal), dan cerita gotik aksi. Keduanya berpadu dengan baik. Timbul tenggelam lalu muncul lagi. Pantas novel ini disebut Dee sebagai juri tahun lalu sebagai novel terbaik versinya. Rinci, sabar bercerita, dan kebahasaannya terjaga dengan baik. Ya, novel ini pantas jadi pemenang di tahun lalu.
Novel pemenang Kompetisi Novel Webtoon Kwikku tahun lalu ini memberi angin segar atas usaha penulisan cerita dari sudut pandang orang kedua tunggal. Estetis. Stylish. Rapi. Logika penceritaan terpenuhi. Sangat pantas untuk menang. Meski kadang timbul harapan, semoga di lain waktu ada novel dengan sudut penceritaan orang kedua dengan genre lain semisal art gothic sekelas Stoker / Shelley, artisy story, surealis, etnografis, sains fiksi, atau romance comedy -- drama yang lebih dewasa.
KAMU deserve to win. Sudah cuma mau bilang begitu.
Novel yang sadar bentuk, dengan olah unsur intrinsik yang menantang, pencerita lewat orang kedua.
Penceritaan pihak kedua (pov 2) "kamu" yang sangat konsisten.
Naskah dengan penuturan sudut pandang orang kedua / POV2 amat jarang: penulisnya punya tingkat kesulitan yg tinggi. Pembacanya juga blm familiar dgn gaya spt ini. Atau penerbitnya tdk banyak menyediakan sumber naslah. KWIKKU meloloskan ini semua. Salut!
Disukai
2.2k
Dibaca
25.2k
Tentang Penulis
Adham T Fusama
Penulis Gerbang Dua Semesta (Juara Harapan Kompetisi Novel Kwikku 2020) dan enam judul novel, termasuk Surat dari Kematian yang telah difilmkan oleh Max Pictures dan telah tayang pada awal tahun 2020.
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 491 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 83,324 kata
Penghargaan Karya
Rekomendasi dari Fantasi
Rekomendasi