Novel
Genre → Sejarah Telah Selesai
CANDRA SENGKALA
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp3,800
Blurb
Seorang mahasiswa tingkat akhir berusaha meneliti sebuah makam kuno di Depok. Cerita turun temurun menyebutkan bahwa makam itu berhubungan dengan kematian Jan Pieterzoon Coen, pendiri Batavia. Sumber-sumber resmi mengatakan bahwa JP. Coen tewas karena kolera dan dimakamkan di Museum Wayang, Jakarta. Namun penelitian arkeologi yang pernah dilakukan mendapati bahwa makam itu ternyata kosong.
Tahun 1619 Jan Pieterzoon Coen merebut kota Jayakarta dan mengubahnya menjadi Batavia. Menghancurkan istana, masjid agung, klenteng dan membuat Pangeran Jayakarta terpaksa menyingkir ke Jatinegara. Dalam perjuangannya, Pangeran Jayakarta dibantu oleh Kesultanan Banten, Demak, Cirebon serta intelejen khusus -pasukan Telik Sandi- Mataram.
Kekejaman VOC semakin menjadi. Di bawah pimpinan JP. Coen, pasukan Belanda membantai ribuan orang di Banda Neira pada tahun 1621. Kemiripan kekejaman ini membuka tabir yang menghubungkan silsilah Coen pada Vlad Dracula.
Informasi kekejaman Coen di Banda Neira serta hubungannya dengan klan Dracula membuat Sultan Agung di Mataram murka. Ia memilih pasukan Telik Sandi terbaik untuk menyusup ke dalam tubuh VOC dengan perintah untuk membunuh JP. Coen.
Siapakah yang pada akhirnya ditugaskan oleh Sultan Agung? Benarkah bahwa ia adalah keturunan Panembahan Senopati yang terbuang? Sebuah makam kuno ternyata tidak hanya menyingkap sejarah Nusantara dan dunia, tapi juga kemungkinan kebohongan yang melingkupi itu semua.
Tokoh Utama
Aku
JP Coen
Nyimas Utari
Mahmudin
Pawana
Sultan Agung
Kyai Sarjiwa
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
35
Dibaca
5.9k
Tentang Penulis
Nur Baiti (Hikaru)
Hikaru adalah nama pena dari Nur Baiti. Menyelesaikan S1 nya dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dan berpengalaman di berbagai organisasi. Mulai menulis sejak SMP dan menghasilkan belasan buku termasuk novel, komik, antologi dan catatan perjalanan.

Karya-karyanya yang sudah terbit antara lain: komik \'Smile to the Mirror\' (DAR Mizan), novel \'L.A. The Detective\' (Indiva Media Kreasi), antologi Asma Nadia dkk \'Jilbab Pertamaku\', dll.

Esainya masuk semi final dalam lomba menulis esai tingkat nasional yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2014. Karya-karyanya juga masuk final dalam lomba menulis tingkat nasional yang diadakan oleh Penerbit Bitread, Padmagz Magazine serta Elex Media Komputindo.

Hikaru juga salah satu peserta terpilih dalam workshop novel Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) tahun 2016.
Ia merupakan tim penulis berbagai serial televisi seperti \'Lenong Legenda\', \'Aisyah\', \'Kembalinya Raden Kian Santang\', \'Jaka Tingkir dan Wali Songo\', \'Kembang Padjajaran\', serta beberapa serial lainnya.

Selain bertualang, ia juga menekuni hobinya untuk berlatih karate dan memanah.

Kontak dengan penulis via IG: @Nurbaiti_Hikaru atau blog www.nurbaitihikaru.wordpress.com.
Bergabung sejak 2020-06-24
Telah diikuti oleh 71 pengguna
Sudah memublikasikan 3 karya
Menulis lebih dari 145,483 kata
Rekomendasi dari Sejarah
Rekomendasi