Indozone ID Menulis artikel
@indozone

6 Perancang Busana Wanita Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia Fashion

6 Perancang Busana Wanita Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia Fashion

INDOZONE.ID - Indonesia tentu saja patut berbangga karena memiliki sederet perancang busana wanita Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa hingga ke mancanegara. 

Kualitas busana rancangan para desainer wanita Indonesia ini pun sudah diakui di dunia fashion internasional. Bahkan, tidak sedikit karya-karya mereka telah dipakai oleh selebriti luar negeri.

Inilah Perancang Busana Wanita Indonesia Paling Berpengaruh

Berkat para perancang busana Indonesia paling berpengaruh ini jugalah nama Indonesia semakin dikenal luas. Siapa sajakah mereka?

Di bawah ini, Indozone telah merangkum deretan nama perancang busana wanita Indonesia telah berhasil di dunia internasional. 

Apakah salah satu dari mereka termasuk idolamu? Yuk, kenali profil mereka lebih lanjut dalam artikel ini!

1. Peggy Hartanto

perancang busana wanita Indonesia paling berpengaruh di duniaPeggy Hartanto (Instagram/@peggyhartanto)

Peggy Hartanto masuk dalam daftar perancang busana wanita Indonesia terbaik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Bakat dan ketertarikannya pada dunia fashion sudah terlihat sejak ia duduk di bangku SMA. Sejak itulah, ia bercita-cita menjadi fesyen desainer ternama.

Peggy akhirnya memutuskan terbang ke Australia untuk kuliah di Raffles College of Design and Commerce di Sydney. Setelah lulus kuliah, ia memulai kariernya dengan bekerja pada desainer Australia, Collette Dinnigan selama 1,5 tahun.

Setelah menimba ilmu dan bekerja di bidang produksi dan quality control, pada tahun 2011 Peggy kembali ke Indonesia dan mulai merintis label busana miliknya sendiri dengan nama 'Peggy Hartanto'.

Ia menggambarkan busana-busana rancangannya dengan 3 definisi, yaitu berani, elegan, dan minimalis. Pada beberapa karyanya, ia memasukkan corak tradisional Indonesia dan membuatnya jadi lebih trendy.

Hasil karya busana Peggy telah dipakai oleh sejumlah selebriti Hollywood, seperti Anne Heche, Judy Reyes, Odette Annable, Bella Thorne, Guiliana Rancic, Gigi Hadid, dan Gwen Stefani.

Rancangan busana milik Pegy seringkali ditampilkan dalam pameran-pameran fesyen dunia, seperti Inggris, Australia, Amerika, dam pusat mode dunia Prancis.

Ia bahkan pernah masuk dalam 'Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts', yakni daftar orang-orang berusia dibawah 30 yang memiliki pengaruh di bidang seni dari seluruh dunia.

2. Dian Pelangi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on Jun 29, 2019 at 5:36am PDT

Nama Dian Pelangi pastinya sudah tidak asing lagi terdengar, apalagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia fashion.

Bernama asli Dian Wahyu Utami, wanita kelahiran Palembang, 14 Januari 1991 ini salah satu perancang busana muslim Indonesia paling berpengaruh di dunia fashion.

Ia merupakan pendiri brand busana 'Dian Pelangi Fashion'. Sudah banyak koleksi busana rancangannya yang dipamerkan dalam berbagai pagelaran busana di berbagai negara.

Sejak awal memulai karier di dunia fashion, desainer lulusan École supérieure des arts et techniques de la mode (ESMOD) Paris ini memang fokus merancang busana khusus muslimah.

Berkat keunikan setiap rancangannya, Dian Pelangi masuk dalam daftar 500 orang paling berpengaruh di industri fashion dunia versi majalah Business of Fashion (BoF) London.

3. Anne Avantie

perancang busana Indonesia mendunia Anne AvantieAnne Avantie (Instagram/@anneavantieheart)

Lahir di Semarang tahun 1954, Anne Avantie merupakan salah satu perancang busana Indonesia yang terkenal melalui berbagai koleksi kebaya hasil karyanya.

Sudah banyak kebaya hasil karyanya dipakai oleh para selebriti Indonesia hingga sejumlah model papan atas Hollywood.

Sejak kecil, Anne Avantie menunjukkan ketertarikan dalam dunia mode. Dia sering membuat kostum panggung untuk grup vokal dan tari di sekolah hingga berbagai ajang hiburan remaja lainnya di Solo.

Barulah pada tahun 1989, Anne memulai karier sebagai perancang busana profesional di sebuah rumah kontrakan bermodalkan dua mesin jahit.

Tempat usaha pertamanya itu diberi nama 'Griya Busana Permatasari'. Pada mulanya, dia banyak membuat kostum penari dan berbagai busana malam yang dicirikan hiasan manik-manik.

Hingga tahun 2010, Anne yang bernama asli Sianne Avantie memiliki 2 butik di Mall Kelapa Gading dan 'Roemah Penganten' di Grand Indonesia, Jakarta.

Selain itu, Anne Avantie juga memiliki toko bernama 'PENDOPO' yang menjual produk seni dalam negeri hasil karya usaha kecil menengah (UKM).

4. Ardistia Dwiasri

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ardistia New York (@ardistianewyork) on Jul 20, 2017 at 11:04pm PDT

Ardistia Dwiasri, founder dari brand fashion ternama 'Ardistia New York'. Karya-karyanya sering muncul di majalah fashion dunia, seperti Vogue, Cosmopolitan, Bazaar, sampai New York Times.

Wanita kelahiran Jakarta, 5 Juli 1979 ini awalnya menyelesaikan pendidikan di jurusan Teknik Industri dan Manufaktur dari Northeastern University, Boston. Namun, passion dan ketertarikannya di dunia fashion tetap ia tekuni.

Demi mewujudkan mimpi berkarier di industri mode, Ardistia lalu mengambil pendidikan fashion design di Parson the New School for Design, New York. Ia lulus dengan nilai memuaskan pada tahun 2003.

Desainer muda Indonesia yang akrab disapa Disti ini pun mulai percaya diri menunjukkan hasil karyanya di butik-butik Amerika Serikat sejak 2006.

Ciri khas rancangan Disti identik dengan konsep edgy dan minimalis. Konsep itu sendiri sangat disukai oleh pecinta mode di New York. Kini, brand 'Ardistia New York' sukses menembus pasar Amerika, Kanada, Eropa, dan Asia.

Berbagai penghargaan juga telah diperoleh Disti, di antaranya Women’s Mafia Fashion Award 2007 dan Fashion Honorable Mentions dari London International Creative Competition pada September 2009.

5. Rinda Salmun

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rinda Salmun (@rindasalmun) on Oct 6, 2017 at 1:31am PDT

Bicara soal fashion, nama Rinda Salmun tentu tidak boleh dilewatkan. Hasil rancangan dari desainer wanita Indonesia lulusan S2 Fashion Designer di Ravensbourne College of Design & Communication London ini memang sudah diakui dunia.

Rinda Salmun memulai debutnya pertama kali di panggung London Fashion Week tahun 2010. Koleksi busananya juga pernah dipamerkan pada pagelaran busana Jakarta Fashion Week tahun 2013.

6. Ria Miranda

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ria Miranda (@riamiranda) on Mar 17, 2020 at 6:52pm PDT

Indria Miranda atau lebih dikenal Ria Miranda adalah seorang perancang busana muslim wanita Indonesia yang fokus pada busana-busana muslim trendy.

Wanita kelahiran Padang, 15 Juli 1985 ini memulai karier dan bisnis di dunia fashion dari keisengannya mendesain baju untuk dipakai sendiri.

Hingga kemudian, teman-teman dan orang terdekat Ria merasa kagum dengan busana muslim yang ia pakai. Dari sanalah, keinginan Ria untuk fokus menciptakan busana muslim mulai tumbuh.

Sebagai pemilik brand 'Riamiranda', Ria termasuk satu dari empat desainer Indonesia yang dianggap berpengaruh pada tren busana muslim hijab di kalangan perempuan muslim Tamah Air.

Busana muslim rancangan Ria banyak mengeksplorasi garis-garis, sentuhan pastel dan girly yang feminin serta berkarakter kuat. Inilah yang banyak disukai para hijaber.

Lulusan Universitas Andalas Padang ini pun giat memperkenalkan karyanya lewat media sosial. Ia juga membentuk hijabers community dan sudah mempunyai belasan outlet yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Di antaranya, kota Banda Aceh, Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Surabaya.

Nah, itulah beberapa nama fashion designer wanita Indonesia paling berpengaruh. Beberapa di antara mereka, karya-karyanya telah mendunia serta dipakai oleh sejumlah selebriti luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar