Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Supaya Efektif, Vaksin Influenza Harus Diulang Tiap Tahun

Supaya Efektif Vaksin Influenza Harus Diulang Tiap Tahun

INDOZONE.ID - Penyakit rentan menyerang orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Oleh karenanya agar terhindar dari penyakit, menjaga daya tahan tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan.

Cara menjaga daya tahan tubuh sebenarya cukup mudah, contoh rutin mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.

Tak hanya melalui cara alami, langkah lain yang bisa dilakukan adalah mendapatkan vaksin atau imunisasi. Vaksin memang bukan hanya untuk anak kecil saja. Ada vaksin-vaksin tertentu yang diperuntukkan untuk orang dewasa juga. Contohnya vaksin influenza.

Ads in here

Vaksinasi influenza merupakan salah satu bentuk pencegahan efektif untuk menghindari terjangkitnya penyakit infeksi yang disebabkan virus influenza. Vaksin ini bisa diperuntukkan ke anak, dewasa muda, hingga orang tua. Selain itu, vaksin influenza juga disarankan untuk orang-orang yang hendak bepergian terutama ke luar negeri.

Walaupun bisa melindungi tubuh, namun pemberian vaksin influenza harus diulangi setiap tahun. Dokter spesialis penyakit dalam yang juga anggota Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, dr Anshari Saifuddin Hasibuan, Sp.PD menjelaskan alasan pemberian vaksin influenxa perlu diulang.

"Vaksin influenza harus diulangi setahun sekali karena virus yg beredar di masyarakat akan mutasi setiap tahun. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) akan melakukan update setiap 3 bulan sekali influenza jenis apa yang ada di masyarakat," ujar dr Anshari kepada Indozone dalam suatu acara, Jumat (6/3/2020) di kawasan Jakarta Pusat.

Efektivitas vaksin influenza tergantung pada kemiripan galur (strain) vaksin dengan virus yang beredar. Selain itu, usia serta status kesehatan orang yang diberikan vaksin influenza juga turut memengaruhi. Vaksin influenza efektif melindungi sampai dengan 90% orang sehat berusia kurang dari 65 tahun apabila galur dalam vaksin sama dengan virus yang beredar.

Dijelaskan oleh dr Anshari, virus influenza ada dua tipe yakni Tipe A dan Tipe B. Dari kedua tipe itu masih ada turunannya lagi sehingga setiap tahun penularannya berbeda terus. Inilah yang kemudian membuat WHO terus memperbarui vaksin influenza.

"Perubahan penyebaran tipe virus tiap tahun itulah yang membuat pemberian vaksin influenza harus diulang," pungkas dr Anshari.

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar