Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Sulit Untuk Tertidur? Ini 2 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Sulit Untuk Tertidur Ini 2 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

INDOZONE.ID - Sulit tidur merupakan gangguan tidur, saat kondisi ini terjadi seseorang harus berusaha keras untuk bisa tertidur. Nah, jika kondisi ini sudah sangat mengganggu, kamu dapat melakukan beberapa cara ini supaya bisa tertidur dengan mudah. Simak yuk!

1. Relaksasi otot progresif

Cara ini berfokus pada otot untuk membantu kamu untuk bersantai, saat cara ini kamu lakukan maka tubuh akan kembali rileks. Hal yang harus kamu lakukan dalam proses ini ialah, mengangkat alis selama lima detik, kemudian turunkan alis lepas ketegangan, dan beri jeda 10 detik untuk bersantai.

Lalu buat senyum lebar hingga otot di pipi menegang dan tahan selama lima detik. Kemudian lepaskan lagi ketegangan dan beri jeda 10 detik untuk bersantai. Selanjutnya geser bola mata ke ujung dan tutup mata  dan tahan selama lima detik. Lepaskan dan beri jeda untuk bersantai selama 10 detik.

Kemudian dorong kepala sedikit ke belakang sampai pandangan ke atas dan tahan lima menit. Lepaskan dan beri jeda lima detik, lalu tundukkan kepala hingga dagu menempel pada dada dan tahan lima detik. Kemudian lepaskan dan lakukan hal yang sama pada otot bahu.

2. Metode militer

Dengan metode militer kamu membutuhkan waktu 120 detik untuk bisa tertidur. Caranya, rilekskan seluruh wajah, termasuk otot di dalam mulut, kemudian rilekskan bahu dan biarkan tangan beristirahat di samping tubuh, lalu buang napas dan rilekskan dada, kaki, paha, dan betis. Kemudian jernihkan  pikiran selama 10 detik dengan membayangkan suasana yang santai.

Jika ini tidak berhasil cobalah ucapkan kalimat 'jangan berpikir' berulang kali selama 10 detik.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar