Pernah Boikot Piala Dunia, Deretan Negara Ini Punya Alasan Tersendiri

Pernah Boikot Piala Dunia  Deretan Negara Ini Punya Alasan Tersendiri - Indahhikma tidak,semua,negara,bisa,berlaga,piala,dunia,beberapa,dari,mereka,justru,diboikot,karena,alasan,tertentu
Tidak semua negara bisa berlaga di Piala Dunia. Beberapa dari mereka justru diboikot karena alasan tertentu.

Piala Dunia menjadi kebanggaan sendiri bagi negara-negara yang tergabung dalam FIFA. Sebagai ajang unjuk gigi di kancah internasional, momen yang diadakan setiap empat tahun sekali itu jadi tolak ukur kejayaan suatu negara di bidang sepak bola.

Namun sayangnya, tidak semua negara bisa lolos hingga ke putaran World Cup. Beberapa justru boikot dengan alasan tertentu. Apa saja?

1. Semua negara di Afrika – 1966
Semua negara di Afrika - 1966
goal.com

Pada Piala Dunia 1966, Inggris menjadi tuan rumah. Namun aksi boikot terjadi pada negara-negara dari benua Afrika. FIFA dianggap tidak adil karena hanya memberikan satu posisi untuk negara di benua Afrika, Asia dan Oceania.

Namun sayangnya sebanyak 31 negara di benua Afrika mundur dari babak kualifikasi, hingga akhirnya tiket diberikan pada Korea Utara.

2. Indonesia, Mesir, Sudan, Swedia – 1958
Indonesia  Mesir  Sudan  Swedia - 1958
thesefootballtimes.co

Piala Dunia Swedia juga dihiasi dengan aksi boikot dari berbagai negara seperti Indonesia, Turki, Mesir dan Sudan. Kehadiran Israel di babak kualifikasi menjadi pemicu dikarenakan keempat negara tersebut menolak bertanding melawan negara tersebut.

Pada akhirnya, FIFA memasangkan Israel dengan Wales dan berakhir pada kemenangan Wales dengan skor 2-0.

3. Uni Soviet – 1974
Uni Soviet - 1974
goal.com

Meski rutin berpartisipasi dalam Piala Dunia, namun Uni Soviet yang kini dikenal dengan Rusia tak pernah menyabet gelar juara. Namun pada tahun 1974, mereka memutuskan untuk boikot saat hendak dilawankan dengan Chili dikarenakan urusan politik.

Awalnya Uni Soviet meminta FIFA untuk memindahkan laga di posisi netral. Namun permintaannya tak digubris dan menguntungkan bagi Chili karena lolos hingga babak final. 

4. Argentina – 1938
Argentina - 1938
worldcupballs.info

Piala Dunia 1938 yang diselenggarakan di Perancis memicu Argentina melakukan aksi boikot. Mereka kecewa karena World Cup lagi-lagi digelar di Eropa. Padahal sebelumnya Italia sudah menjadi tuan rumah. Negara yang juga menjadi langganan juara itu beranggapan bahwa Piala Dunia harusnya digelar di Amerika Serikat.

5. Uruguay – 1934 & 1938
Uruguay - 1934  amp  1938
www.sportsnet.ca

Uruguay merupakan negara langganan juara dalam Piala Dunia. Mereka menjadi tim yang paling dielu-elukan pada tahun 1934. Namun sayangnya mereka memutuskan boikot dan memilih untuk tidak tampil di Italia.

Aksi boikot kembali terjadi pada tahun 1938 saat World Cup diadakan di Perancis. Usai vakum, mereka kembali pada tahun 1950 dan keluar sebagai juara.

Kendati pernah boikot, namun beberapa negara kembali dan aktif kembali hingga saat ini meramaikan gelaran Piala Dunia. (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
11 bulan 3 minggu lalu
2
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
3 Negara Tercatat Dalam Sejarah Batal Tampil di Piala Dunia
Duta Piala Dunia Cilik Ini Ternyata Berasal Dari Indonesia. Kenalan, yuk!
Real Madrid Jadi Juara Liga Champion, Zinedine Zidane Malah Mundur Dari Kursi Pelatih
Pernah Boikot Piala Dunia, Deretan Negara Ini Punya Alasan Tersendiri
Segera Menikah, Ini Momen Mesra Syamsir dengan Bunga Jelitha
6 Pemain Sepakbola yang Namanya Indonesia Banget. Nomer 6 Bikin Ngakak