Ifa Alif Menulis artikel
@ifaalifk

Kwikku : Buatan Anak Indonesia, Gantikan Facebook

Kwikku  Buatan Anak Indonesia Gantikan Facebook

[articleImg:[0]]

Sobat Kwikkers pasti sudah familiar dengan yang namanya facebook. Ya, situs nomor dua terfavorit di dunia versi www.alexa.com tersebut merupakan jejaring sosial paling fenomenal di Indonesia. Tapi tunggu dulu. Anak Indonesia juga punya situs yang digadang-gadang mampu menggantikan peran facebook di Indonesia. Bahkan, memberikan berbagai kelebihan lain yang belum ada di facebook.

<[kwik-adsinhere]>

Penasaran? Tunggu dulu ya. Nama maha karya anak bangsa tersebut adalah kwikku. Membayangkan namanya saja sudah Indonesia banget kan? Tiba-tiba mengingatkan kita dengan trio kwek-kwek. Nah, untuk lebih jelasnya apa itu kwikku, silahkan mampir ke www.kwikku.com atau mari lanjutkan membaca ulasan berikut.

Kwikku merupakan layanan internet buatan mahasiswa Teknik Informatika di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Malang. Kwikku menawarkan berbagai kelebihan lain dibanding sosial media yang telah ada. Apa saja kelebihan tersebut? Kelebihannya adalah kwikku tidak hanya sekadar sosial media, tapi juga dilengkapi dengan fasilitas sebagai berikut :


(a) E-learning :

Kenapa harus ada e-learning? Karena beberapa waktu yang lalu sempat santer terdengar bahwa dengan adanya fb masyarakat Indonesia mengalami penurunan tingkat produktivitas. Bahkan, beberapa instansi ramai-ramai memblokir fb. Nah, bermula dari pemikiran tersebut, tim kwikku ingin menciptakan sebuah layanan yang mampu memenuhi keinginan tanpa melalaikan tanggung jawab. Jadi masih bisa update status sambil belajar. Nantinya, layanan kwikku e-learning ini juga akan memberikan fasilitas kelas online. Di kelas online guru atau dosen bisa membuat kelas, kuis, ruang diskusi dll, sementara siswa dan mahasiswa dapat mengumpulkan tugas-tugas kelas di kwikku. Sehingga proses koreksi akan semakin mudah. Layanan ini merupakan cita-cita tim kwikku untuk berdharma bagi bangsa. Sebagai insan akademisi, tim kwikku juga ingin mengabdi pada masyarakat.


(b) Mall Online :

Mall online atau toko kwikku adalah layanan dimana user kwikku diperkenankan saling berjual beli. Jadi, kwikku juga dapat dimanfaatkan sebagai media bisnis. Pengguna bisa memanfaatkan fasilitas profil yang bergenre toko. Sehingga pengguna dapat menawarkan produk-produk unggulannya serta dapat mencari barang atau bahan baku yang diinginkan. Tidak hanya itu, di toko kwikku, ada juga fasilitas lelang, sehingga penjual dapat mendapatkan harga sesuai keinginan dan pembeli dapat menawar dengan bijak dan enak. Jadi, kwikku juga bisa menjadi media promosi dan menambah uang jajan para penggunanya.

[articleImg:[1]]


(c) Blogging

Nge-blog adalah mencurahkan isi hati. Jika tidak tercurahkan dikhawatirkan timbul fitnah, bibir pecah-pecah, lelah dan kesemutan. heheheh.. Dan tidak hanya itu saja, dengan nge-blog semua anak manusia di dunia bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Karena begitu banyak manfaat dari nge-blog, tim kwikku juga ingin setiap user punya blog pribadi di akun kwikkunya. So, curahan hati tidak terbatas di karakter seperti yang ada di sosial media berlogo burung. hehehhe promo dulu yak :D

[articleImg:[2]]


(d) File Sharing

File sharing adalah media dimana pengguna bisa sharing file. Jadi para pengguna kwikku bisa sharing karya, source code, e-book, foto, desain, lukisan dan sebagainya sehingga dapat memberikan manfaat kepada manusia lain. Bahkan bisa juga promosi karya fotografi atau desain-desain indahnya untuk nanti dijual atau sekadar dibagikan. Karena sharing itu indah, dan semua yang indah itu disukai Tuhan :)


(e) Business Media.

Apa itu business media? Business media adalah layanan untuk promosi perusahaan dan juga media bagi para pencari lowongan kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Bisa juga digunakan sebagai unjuk gigi portofolio dan karya serta prestasi perusahaan. Apa manfaat business media? Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia sekitar 1,56%. Sementara idealnya jumlah pengusaha harus mencapai 2% dari total 250 juta jiwa penduduk di Indonesia. (Liputan6.com (20/11/2013)). Nah, untuk membantu mendorong berkembangnya pengusaha di Indonesia, tim kwikku memunculkan layanan ini. Bahkan ada juga fasilitas rekruitmen bagi perusahaan yang ingin membuka lowongan pekerjaan tanpa harus memasang iklan di media massa. Dan asiknya, untuk membuka lowongan tidak perlu membayar alias gratis. Tentunya hal ini juga dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia dong. :D

[articleImg:[3]]


(f) Cari Jodoh

Selamat bagi para sobat Kwikkers yang sedang jomblo..!! Karena di kwikku ada juga fasilitas kencan. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Tuhan sudah memberikan kita jodoh masing-masing. Sebagai insan yang sayang dengan Tuhan, tim kwikku juga ingin memprasaranai para jomblowan dan jomblowati untuk menemukan pasangan hidupnya. Dengan demikian semua senang dan semua tenang. Jika sudah menemukan pasangan hidupnya, maka para pemuda akan fokus ke karir. Jika semakin fokus maka akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan negarapun akan naik. sebuah layanan yang mengesankan bukan? hehehehehe :D

[articleImg:[4]]

Layanan-layanan itulah yang coba tim kwikku bangun. Sementara saat ini layanan internet masih terkotakkan. Terkotakkan bagaimana? Terkotakkan seperti ini, Jika pengguna ingin sosial media maka harus login fb. Jika ingin berjualan maka harus login di tokonyabagus. Jika ingin kencan maka harus login di situs lain juga. Waduh, kok login lagi log in lagi.

Daftar lagi daftara lagi, coba bayangkan kalau passwordnya sampai lupa? Ribet kan? Nah kapan belajarnya? Maka dari itu kwikku memunculkan konsep satu akun untuk semua. Konsep dengan jargon Makes Your Digital World as Easy as Real World. Konsep yang muncul karena cita-cita dan mimpi tim Kwikku yang ingin mewujudkan dunia maya semudah dunia nyata.

Di dunia nyata, Anda cukup sebagai diri anda dan dapat menikmati semua layanan Tuhan. Konsep itulah yang kami tawarkan, sehingga seluruh user tidak direpotkan dengan segmentasi layanan, hal-hal terkait pendaftaran, dan user pun dapat menjangkau dunia maya seluas-luasnya. Karena di Kwikku, Anda cukup daftar sekali dan kami layani berkali-kali.

Sampai tulisan ini saya buat (19 Februari 2014), di kwikku sudah ada 31.079 pengguna dengan 150-400 user baru setiap hari. Kwikku juga memenangkan Research Expo on Computing 2013 yang diadakan di regional Malang. Tidak hanya itu, menurut survey alexa.com dalam 2 bulan terakhir Kwikku sudah menduduki peringkat 145,445 situs terpopuler di dunia yang awalnya menduduki peringkat 900.000 dan 3.000 situs paling banyak diakses di Indonesia yang mulanya nangkring di peringkat 21.000.

[articleImg:[5]]

Dan berdasarkan perangkingan yang dilakukan oleh startuprangking.com Kwikku menduduki peringkat 42 di wilayah Indonesia dari total 8.415 startup (baca : bisnis yang baru dimulai) di seluruh dunia.

[articleImg:[6]]

Sebuah maha karya anak bangsa yang patut kita apresiasi kan? So, tunggu apalagi. Kabarkan ke teman-temanmu dan mari cintai produk dalam negeri.

0
0 none
Komentar (15)