Novel
Bronze
Genre → Drama Sedang Berlangsung
Rupiah Untuk Agus
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp20,000
Premium
Blurb
Memperoleh pendidikan adalah hak setiap warga negara sebagaimana bunyi Pasal 31 ayat (1) Undang-undang Dasar 1945 yaitu: "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan." Tapi bagi Agus, pasal itu tidak lebih hanyalah pajangan dalam perundang-undangan semata yang disimpan sebagai isi buku pusaka negara, atau pemerintah hanya memberikan hak pendidikan itu pada tingkat dasar, menengah dan tingkat atas saja. Sedangkan untuk pendidikan tinggi, hak itu belum diberikan. Agus mempunyai impian untuk mengangkat derajat keluarganya lewat dunia pendidikan. Namun apalah daya, impiannya terasa buram ketika ia menerima surat pemberitahuan setelah ia mendaftar di sebuah universitas bahwa ia harus membayar sejumlah uang untuk pembayaran gedung kampus selama kuliah. Uang lima juta baginya sangatlah besar.

Permasalahan Agus bukan itu saja, remaja yang baru lulus sekolah menengah atas itu harus menerima kenyataan bahwa kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai kuli penebang tebu, sama sekali tidak mendukung impiannya. Jangankan memberi dukungan materi, dukungan moral pun tidak ia dapatkan. Meskipun Agus berjanji akan berjuang sendiri untuk membiayai kuliahnya, tapi itu tidak bisa membuat kedua orang tuanya percaya. Agus tahu kedua orang tuanya tidak akan mampu membiayai kuliahnya. Jangankan untuk membiayai kuliah, untuk kebutuhan sehari-hari saja masih kurang, tapi Agus punya impian besar untuk merubah keadaan keluarganya. Agus tahu satu-satunya hal yang bisa mengangkat derajat keluarganya adalah pendidikan. Namun kedua orang tuanya tetap menginginkan agar Agus ikut menebang tebu seperti mereka.

Sikap kedua orang tuanya benar-benar mematahkan semangat Agus, tapi Agus tetap punya ambisi untuk terus mengejar impiannya, yang ia perlukan saat itu hanyalah uang lima juta rupiah sebagai pembuka gerbang baginya untuk melangkah mengejar pendidikan tinggi. Persoalan nanti bagaimana ia membiayai kuliahnya, ia akan mengusahakannya sendiri bagaimana pun caranya. Karena Agus tidak mau, jika harus menjadi generasi penerus keluarganya sebagai kuli penebang tebu yang tanpa berupaya melakukan perubahan.

Bisakah Agus memperoleh uang lima juta rupiah sebagai pembuka gerbang baginya untuk melangkah mengejar pendidikan tinggi? Dan bisakah Agus kuliah tanpa bantuan kedua orang tuanya?

Base on true story.
Tokoh Utama
Agus
Pak Parto
Bu Atmi
Pak Kades
Nathan
Andin
Ricky
Kinanti
Rating
3.5
0
1
1
0
0
Total 2
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Sayang banget keputus
Pertama kali saya membaca ini, Ingatan saya memulangkan kepada masa lalu, meski tak sama dengan karakter Agus, tapi pernah punya ceita yang sama.

Kisah yang dekat sekali dengan kehidupan, mungkin bukan cuma saya yang merasakannya, tetapi beberapa pembaca pun merasakan ada kesamaan dengan cerita ini.

Ada beberapa kata yang typo dan kurang konsisten, tetapi tetap tak mengurangi bagusnya novel ini. Alurnya mengalir begitu saja, enak dibaca. Rekomended deh buat pecinta novel supaya membaca novel ini.

Sukses dan tetap semangat untuk penulis.
Salam Literasi.
Disukai
108
Dibaca
3.1k
Tentang Penulis
Bond Monosta
keep moving for some peace of life.
Anak Band yang sedang singgah di dunia literasi.
Novel: Bait-Bait Cinta Sang Pemberontak, Pesona Berbalut Mistik (Based on true story), Romantika Putih Abu-Abu, Jemput Aku di Paris, Rupiah Untuk Agus. Dosen Misterius Buronan Mahasiswa.
Novel-novelku juga ada di Storial.
Songwriter, Vocalis dan Lead guitar Dragon N\' Angel Band.
Lagu-lagu Dragon N\' Angel Band di Youtube:
Harapan dalam Mimpi
Marina Belatiku (Sountrack Film Marina Belatiku. sedang dlm penggarapan)
Kidung sahabat/sang pemenang.
Bayangan Dosa.
Tampamu Aku Rapuh.
Kaulah Cintaku.
Dahaga Rindu.
Anak Kost.
Rakyat Tumbal Bencana.
Keterasingan (Seclusion)
Ceria Gembira (Lagu yang sudah dibeli artis Malaysia, Kini sedang dalam promo).


Bergabung sejak 2020-07-03
Telah diikuti oleh 168 pengguna
Sudah memublikasikan 6 karya
Menulis lebih dari 32,630 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi