Novel
Bronze
Genre → Drama Telah Selesai
Kattok Mencari Dalang
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp50,000
Premium
Blurb
Belum genap setahun Munah tinggal dengan Mak Kiah, ibunya mendadak mengajaknya pindah. Sebuah boneka kayu yang dibuat Munah rupanya berhasil mengungkit luka masa lalu ibunya pada keluarga, kerabat bahkan lingkungan tempat asalnya, juga kenangan kuat Mak Kiah pada pertunjukkan yang dimainkan suaminya dulu.

Munah tak tahu alasan mengapa ibunya begitu membenci hasil karyanya. Hingga peralatan pembuat boneka kayu yang disembunyikan Munah diketahui ibunya. Perbincangan rahasia antara Mak Kiah dan Ibu Munah tentang pemilik peralatan itu pun didengar Munah. Dari situlah Munah menelusuri jejak keluarganya di masa silam dengan bantuan tukang kayu yang memberi peralatan itu.

Kattok, nama boneka kayu buatan Munah ternyata membawa banyak rahasia di setiap kemunculannya. Semua kisah-kisah itu disimpan dalam ingatan boneka kayu yang rapuh. Kattok membutuhkan dalang untuk membagikan ceritanya sebelum ia dihancurkan kembali. Dan tugas Munahlah mencari dalang itu lewat petunjuk yang dibisikkan Kattok.
Tokoh Utama
Munah
Ibu Munah
Mak Kiah
Mas Pahad
Lek Kasiman
Pak Ndin
Karya yang Terhubung
Rating
5
3
0
0
0
0
Total 3
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Lahir satu lagi pencerita perempuan yang memilih genre yg tidak populer. Gaya bercerita yg lembut menghanyutkan dengan tema budaya mengingatkanku pada Oka Rusmini. Bahkan di novelnya yg lain dengan genre silat, maka Mbak Gusti ini menjadi lebih langka lagi, seperti Kho Ping Hoo versi perempuan. Salut!
Diksi sederhana yang digunakan penulis mampu mengantarkan emosi kepada pembaca. Satu tantangan seorang penulis sudah ditaklukkan. Alur yang rapi dengan ritme pelan sama sekali tak membuat pembaca kehilangan 'head turner'. Bagus.
Gaya berceritanya lembut. Pelan-pelan, tapi pasti menyeret pembaca ke dalam alur perasaan tokoh.

Well done!
Disukai
82
Dibaca
7.5k
Tentang Penulis
Gusty Ayu Puspagathy
Petapa Milenial di gua Dimensi Kata
Karya:
1. Kattok Mencari Dalang (Pemenang FalconScriptHunt di Kwikku)
2. Latamaosandi (terbit di Cabaca.id)
Follow aja, kalau orangnya keluar langsung di-follback kok.
Ig : gustyayupuspagathy
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 644 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 130,842 kata
Penghargaan Karya
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi