Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut, Kemenkes Larang Jual 102 Merek Obat Sirup Ini

Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut Kemenkes Larang Jual 102 Merek Obat Sirup Ini

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi mengatakan dalam konferensi pers Jum'at (21/10/2022), bahwa obat sirup yang dilarang untuk dijual serta diresepkan di Indonesia ada 102 merek.

Meski belum 100 persen tahu mana obat sirup yang berbahaya, tapi 75 persennya sudah diketahui. Sehingga Menkes Budi melarang untuk meresepkan dan menjual obat tersebut.

Baca juga: Diduga Sebabkan Gagal Ginjal Akut Anak, Bareskrim Polri Imbau Pedagang Gak Jual Obat Sirup

"Kami belum 100 persen tahu mana yang obat sirop yang berbahaya. Tapi, 75 persen sudah diketahui, sehingga dilarang untuk diresepkan dan dijual di apotek," kata Budi Gunadi Sadikin dalam agenda konferensi pers terkait gagal ginjal akut progresif Atipikal (Acute Kidney Injury/AKI), Jum'at.

Dibantu organisasi profesi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Kemenkes akan mengintruksikan kepada kalangan apoteker dan dokter untuk tidak meresepkan obat sirup yang memicu gagal ginjal akut pada anak.

Meski telah mengeluarkan larangan untuk menjual atau meresepkan obat sirup tersebut, Kemenkes tidak punya wewenang untuk menarik ratusan produk obat yang beredar.

Budi juga telah menginstruksikan agar seluruh produk obat sirup yang beredar di Indonesia dihentikan sementara penggunaannya selama proses investigasi.

Baca juga: Kena Gagal Ginjal Akut, Nyawa Bocah Perempuan Ini Tak Tertolong, Momen Terakhirnya Viral

Langkah ini dilakukan Kemenkes sebagai bentuk kehati-hatian terhadap kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Hingga kini kasus gagal ginjal akut mencapai 241 pasien di 22 provinsi dengan angka kematian 133 jiwa.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada hari Kamis (20/10/2022) telah merilis lima produk obat sirup yang dilarang untuk diresepkan dan diperjual belikan, karena mengandung entilen glikol (EG) diambang batas aman.

Daftar 102 produk yang dilarang diresepkan dan dijual oleh Kemenkes bisa kamu baca di sini!

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar