Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke Tahun

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke Tahun

INDOZONE.ID - Meme adalah suatu ekspresi yang diungkapkan berbentuk tulisan yang disertai gambar untuk mewakili perasaan dan maksud tertentu.

Istilah meme pertama kali dibuat oleh Richard Dawkins dalam bukunya 'The Selfish Gene' atau 'Gen Egois' tahun 1976. Ia adalah seorang ahli biologi evolusioner.

Dikatakan Dawkins, meme adalah unit pengirim pesan dan unit imitasi budaya yang beredar dari satu manusia ke manusia yang lain.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020), Berikut adalah 5 macam meme yang populer dari tahun ke tahun.

1. Classic Memes

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke TahunClassic Memes. (knowyourmeme)

Gambar lelucon satu ini populer di tahun 2007 hingga 2012-an dengan ciri khas penggunaan font 'Impact' pada tiap meme nya. Pada jenis meme klasik, biasanya text dengan font 'Impact' disematkan pada gambar seseorang atau karakter yang memiliki referensi budaya atau lelucon dari suatu tempat dan akhirnya dibuat universal dalam satu konsep. Contoh paling terkenalnya adalah meme Bad Luck Brian.

2. Dank Memes

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke TahunDank Memes. (knowyourmeme)

Dank meme pertama kali dikenalkan tahun 2013 melalui situs 4chan dan Reddit. Meme ini dibuat dengan konsep memparodikan lelucon yang sudah ada dengan balutan konteks yang harus dipahami oleh pembacanya.

Jenis meme ini bisa menjadi sangat lucu apabila konteks yang diangkat bisa dipahami banyak orang, tetapi apabila mengangkat konteks khusus seperti lelucon suatu kelompok maka sulit untuk dimengeri orang lain.

3. Normie Memes

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke TahunNormie Memes. (knowyourmeme)

Normie meme sekilas memiliki struktur gambar yang sama dengan Dank meme, tetapi tidak sedikit ofensif seperti Dank meme. Meme jenis ini populer di tahun 2007 dan masih banyak dijumpai hingga sekarang.

Normie meme adalah kebalikan dari Dank meme, biasanya memiliki konteks pembahasan yang umum dan bisa dimengerti semua orang tetapi bisa hilang begitu cepat.

4. Wholesome Memes

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke TahunWholesome Memes. (knowyourmeme)

Wholesome meme tumbuh bersama Normie meme pada tahun 2007 hingga sekarang. Berbeda dengan jenis meme lainnya, Wholesome meme dibuat tanpa ada ironi di dalamnya.

Meme ini cenderung memberikan dukungan dan kepedulian dibanding membuat lelucon dengan pembahasan seperti percintaan, kesehatan mental atau perasaan senang maupun sedih kepada seseorang.

5. Surreal Memes

5 Macam Meme yang Populer dari Tahun ke TahunSurreal Memes. (knowyourmeme)

Jenis meme satu ini tergolong abstrak dan tidak memiliki makna yang jelas. Sejak kemunculannya pada tahun 2015, Surreal Memes biasanya memiliki gambar dan lelucon yang absurd berdasarkan selera humor pembuatnnya.

Meme jenis ini dikenal dengan gayanya yang minimalis. Salah satu meme yang terkenal adalah Meme Man.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar