Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Di Rumah Aja Malah Jerawatan? Ini 4 Penyebabnya

Di Rumah Aja Malah Jerawatan Ini 4 Penyebabnya

INDOZONE.ID - Masalah kulit bisa saja terjadi walaupun mungkin saat ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Salah satunya adalah timbulnya jerawat di wajah. Bahkan mungkin ada di antara kamu yang tadinya tidak berjerawat, tapi saat berada di rumah saja malah timbul banyak jerawat.

Menurut spesialis kulit dan kelamin, dr Arini Astasari Widodo, Sp.KK, timbulnya jerawat padahal hanya berada di rumah saja karena adanya perubahan aktivitas sehari-hari. Contohnya kebiasaan membersihkan wajah. Mungkin ada yang karena di rumah saja jadi malas membersihkan wajah secara rutin.

“Apabila tidak membersihkan wajah, minyak dan kulit mati dapat menumpuk sehingga pori-pori tersumbat, ini yang memicu jerawat. Akan tetapi, membersihkan wajah terlalu sering juga tidak baik, dapat membuat kulit kering. Sabun juga dapat mengiritasi kulit sehingga bisa menimbulkan acne breakout,” kata dr Arini melalui pesan singkat dalam diskusi online, Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut dikatakan oleh dokter yang berpraktik di RS Abdi Waluyo itu, pada dasarnya membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut setelah beraktivitas atau berkeringat itu sud

Di Rumah Aja Malah Jerawatan? Ini 4 PenyebabnyaCoba-coba skincare juga bisa jadi penyebab jerawat. (Allure)


ah cukup. Perlu diingat, selama di rumah saja, banyak pula yang mengisi waktu dengan berolahraga atau kegiatan lain, jadi wajah tetap harus dibersihkan secara rutin.


Selain kebiasaan membersihkan wajah, stres juga bisa memicu terjadinya jerawat. Tak bisa dipungkiri, beban pikiran saat ini menumpuk. Mulai dari urusan pekerjaan di kantor, membersihkan rumah, hingga mendampingi anak yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan.

“Di era PSBB ini banyak yang mengalami stres. Stres meningkatkan hormon kortisol yang memicu kelenjar minyak sehingga dapat menimbulkan jerawat,” kata dr Arini.

Di sisi lain, berada di rumah saja juga memicu kebiasaan baru. Contohnya sering melihat cermin dan mencoba berbagai produk perawatan kulit. Kebiasaan ini ternyata juga dapat membuat wajah menjadi berjerawat.

Sering bercermin bisa jadi membuat seseorang merasa gemas untuk memencet jerawatnya. Hal ini terkadang malah bisa mendorong isi jerawat ke dalam sehingga memperparah jerawat. Kemudian seseorang yang jerawat mungkin melakukan eksfoliasi mandiri dengan scrub atau eksfoliasi mekanik sehingga membuat iritasi yang memicu jerawat.

“Eksperimen dengan skincare baru juga bisa menjadi penyebab. Kadang produk tersebut dapat memicu jerawat,” tukas dr Arini.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar