Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bagaimana Cara Virus Corona Bisa Sampai Menginfeksi Paru-paru?

Bagaimana Cara Virus Corona Bisa Sampai Menginfeksi Paru-paru

INDOZONE.ID - Membatasi diri dengan tidak menghadiri keramaian atau beraktivitas di luar rumah merupakan salah satu cara mencegah virus corona. Namun bukan berarti hal itu membuat tubuh aman dari paparan virus Covid-19. Pola hidup bersih dan sehat tetap harus dilakukan termasuk pada saat hendak tidur.

Menurut ahli dalam penularan infeksi saluran pernapasan, Bruce L. Davidson, ada sejumlah orang yang rentan terhadap aspirasi ketika tidur. Aspirasi adalah kondisi menghirup benda asing ke saluran pernapasan. Kondisi ini dapat memungkinkan virus masuk termasuk, virus corona baru.

"Virus corona baru menginfeksi sel-sel di bawah pita suara, di saluran pernapsan, dan jauh di paru-paru. Tidak seperti virus flu yang mulai menginfeksi hidung dan tenggorokan," tulis Davidson dalam suatu laporan seperti yang dikutip dari New York Post, Senin (16/3/2020).

Ads in here

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain melalui partikel kecil yang terhirup di udara, virus corona baru mencapai sel-sel pernapasan melalui cairan di hidung atau tenggorokan. Virus tersebut menyelinap melewati pita suara dan meluncur ke tenggorokan atau trakea. Untuk mengantisipasi adanya aspirasi saat tidur yang meningkatkan risiko terpapar virus corona baru, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

"Pertama, cuci tangan dan wajah seandainya terpapar kuman sebelum tidur. Cuci tangan dan wajah dengan baik menggunakan sabun dan air hangat. Bahkan bisa membersihkan hidung dengan cara memasukkan jari ke seperempat inci ke setiap lubang hidung lalu tiup hembuskan napas dengan lembut," kata Davidson.

tidurIlustrasi seseorang tengah tertidur (Unsplash.com/Gregory Pappas)

Hindari Obat Penenang

Dirinya juga menyarankan agar setiap orang membatasi konsumsi obat penenang sebelum tidur. Sebab obat penenang dapat meningkatkan aspirasi. Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa perangkat apa pun yang digunakan untuk tidur dalam keadaan bersih, termasuk cara ampuh menekan virus corona.

“Kuncinya adalah meminimalkan paparan virus di sekitar dan di wajah sebelum pergi tidur. Jika menggunakan perangkat di malam hari, pastikan perangkat jauh dari batuk dan bersin. Bersihkan perangkat secara teratur," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar