Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Rajin Datang ke Konser Musik Bermanfaat untuk Kesehatan Jiwa

Rajin Datang ke Konser Musik Bermanfaat untuk Kesehatan Jiwa

INDOZONE.ID - Semua orang pasti suka mendengarkan musik. Semua orang tentu mendapat banyak manfaat ketika mendengarkan musik. Apalagi bila mendengarkan musiknya di pertunjukkan besar.

Banyak hal yang bisa didapat dari menonton konser musik secara langsung. Tentunya kesenangan jiwa yang tidak bisa diungkapkan kata-kata, sehingga mereka rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit demi mendapatkan kesenangan tersebut.

"Nonton konser itu senang aja. Kita bisa ngerasain ada yang beda dengan versi di lagu dan versi di live secara langsung," ungkap Molly, salah satu penikmat konser musik saat ditanya Indozone.

Rasa senang tentu meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh seseorang sehingga menjadi manfaat bagian orang tersebut. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari menonton konser, khususnya bagi kesehatan jiwa. 

Studi dari O2, sebuah tempat konser terkemuka di Inggris,banyak hal yang bisa didapat dari nonton konser. 

1. Perasaan Bahagia. 

Perasaan bahagia di konserPerasaan bahagia di konser (Pexels/Wendy Wei)

Seperti yang diungkapkan Molly, ada perasaan bahagia yang iang terima saat datang ke konser musik. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Deakin University in Australia (2016) mengungkapkan bahwa orang yang menghadiri konser secara teratur memiliki perasaan bahagia dibandingkan dengan yang nggak pergi ke konser. 

Rasa bahagia tersebut berhubungan dengan kesejahteraan. Hasilnya, ternyata yang terlibat dengan musik, menari, atau menghadiri acara musik memiliki rasa kesejahteraan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak sama sekali.

2. Mengurangi Stress

Ilustrasi konser musikIlustrasi konser musik (Pexels/Wendy Wei)

Rasa bahagia yang dapat tentu berpengaruh kepada kondisi kesehatan mental seseorang. Dalam hal ini, stress dan beban hidup mereka seolah lepas. 

Menurut sebuah penelitian dari Imperial College London (2016) menemukan bahwa level kortisol dari 117 partisipan menurun drastis setelah menghadiri konser. Berkurangnya level kortisol tentunya akan mengurangi stress. Terlihat dari penurunan tekanan darah, respiratory rate, dan heart rate.

3. Meredakan Rasa Sakit Hati

Ilustrasi penikmat konser musikIlustrasi penikmat konser musik (Pexels/Elevate)

Punya masalah dengan mantan atau putus cinta? Rajinlah datang ke konser. 

Menurut ahli kesehatan, pergi ke konser bisa meredakan patah hati. Hal ini karena kegembiraan dari konser melepaskan endorfin, sebuah neurotransmiter yang memblokir rasa sakit tersebut. Bahkan luka dari sakit bekas operasi. 

4. Perasaan terhubung dengan yang lain. 

Ilustrasi penikmat konser musikIlustrasi penikmat konser musik (Pexels/Maurício Mascaro)

Datang ke konser seolah kamu menjadi satu dengan semesta dan orang yang ada dalam konser tersebut. Apalagi bila kita sama-sama menyukai lagu dan lirik yang berkumandang. 

Pergi ke konser menimbulkan perasaan yang positif. Hal ini baik untuk kesehatan mental dan niscaya akan berumur panjang.

5. Kesempatan untuk merenungkan hidup, khususnya dari lagu yang dimainkan.

Ilustrasi konser musikIlustrasi konser musik (Pexels/Wendy Wei)

Saat mendengarkan musik dari penyanyi atau band favorit, ada beberapa lagu atau nada spesifik yang mengingatkan ke saat-saat pertama kali mendengarkan lagu itu. Hal ini otomatis mengingatkan kita pada semua perasaan dan kenangan di masa lalu. 

Bahkan untuk seorang penikmat musik metal. Seperti Putut, seorang penikmat musik yang kerap menangis saat nonton band metal yang manggung, khususnya band internasional. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar