Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Lakukan 5 Tips Ini agar Tak Gampang Terserang Penyakit Seperti Corona

Lakukan 5 Tips Ini agar Tak Gampang Terserang Penyakit Seperti Corona

INDOZONE.ID - Saat ini, dunia masih dibuat heboh dengan serangan wabah virus corona, yang telah menelan korban jiwa hingga ribuan orang. Virus ini juga telah mengubah banyak kebiasaan di berbagai negara.

Tak hanya itu, virus corona juga telah membuat sejumlah event olahraga dunia dibatalkan. Yang terbaru, virus corona juga membuat kawasan Ka'bah sepi akibat proses sterilisasi yang dilakukan otoritas setempat.

Tak heran bila virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini menjadi wabah yang menyita perhatian banyak pihak. 

Ads in here

Melihat kenyataan ini, ada baiknya jika kita mengambil sisi positif untuk selalu menjaga kesehatan, agar tak mudah terserang penyakit.

Selain menjaga pola makan dan banyak melakukan aktivitas fisik, berikut ini cara yang bisa dilakukan agar tubuh tak mudah terserang penyakit.

1. Jangan pernah keluar rumah jika tubuh dalam kondisi sakit.

sakitIlustrasi orang sakit. (pexels/Andrea Piacquadio)

Ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda kurang sehat, jangan nekat untuk keluar rumah. Ada baiknya jika kamu tetap di dalam rumah sampai tubuh dalam kondisi pulih.

Keluar rumah dalam kondisi sakit hanya akan membuat orang lain jadi korban, karena sifat penyakit yang mudah menular. Apalagi saat berada di ruang tertutup.

2. Segera pergi ke dokter sebelum sakit semakin parah

dokterIlustrasi orang sakit memeriksakan diri ke dokter. (Unsplash/Ali Yahya)

Biasanya seseorang akan mengalami sejumlah gejala sebelum benar-benar sakit. Nah, sebelum sakit ada baiknya jika kamu berusaha untuk mencegahnya.

Kamu bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengobati gejala penyakit sebelum parah, atau mengonsumsi obat yang biasa kamu minum.

3. Jangan makan daging dan telur setengah matang

telurIlustrasi telur setengah matang. (pexels/Jer Chung)

Bagi sebagian orang, telur setengah matang adalah salah satu kenikmatan tiada tara. Tapi, taukah kamu ternyata mengonsumsi telur setengah matang sangat tidak dianjurkan. Hal ini juga berlaku pada daging dan ikan.

Memasak telur atau daging setengah matang akan membuat bakteri di dalamnya tetap hidup. Bakteri ini akan membuat kamu jadi mudah sakit jadi masuk ke dalam tubuh.

4. Bersihkan handuk secara rutin

hadukIlustrasi orang memegang handuk bersih. (Unsplash/Lina Verovaya)

Handuk adalah salah satu barang yang selalu digunakan sehari-hari. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan handuk. Padahal handuk bisa menjadi sarang kuman dan bakteri jika tak dibersihkan secara rutin.

Kuman dan bakteri yang tertinggal di handuk akan menempel ke tubuh dan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit. Itulah kenapa handuk harus dicuci secara rutin.

5. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan

minumIlustrasi orang minum. (Medical News Today)

Salah satu cara untuk menangkal penyakit ialah dengan mengonsumsi banyak cairan. Usahakan agar asupan dalam tubuh tetap terjaga.

Saat tubuh sudah menunjukkan gejala kurang sehat, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak air, baik itu air putih, susu atau bisa juga jus buah.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar