Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Vaksin Virus Corona Akan Diuji Coba Mulai April 2020

Vaksin Virus Corona Akan Diuji Coba Mulai April 2020

INDOZONE.ID - Sejak akhir tahun 2019 lalu virus corona membuat masyarakat dunia khawatir. Hingga saat ini virus corona sudah menjangkit puluhan ribu orang, dan baru-baru ini virus corona sudah masuk ke Indonesia.

Tentu ini juga membuat masyarakat di Indonesia semakin khawatir. Hal yang menjadi pertanyaan bagaimana progres vaksin untuk mengatasi virus corona.

Di perusahaan bioteknologi Amerika, Moderna mengatakan pihaknya mengirimkan vaksin Covid-19 kepada para peneliti di Amerika Serikat. Untuk pembuatan vaksin tersebut hanya butuh waktu enam minggu.

Uji coba pertama akan dimulai April 2020, namun proses pengujian dan persetujuan apakah vaksin layak atau tidak digunakan bakal berlangsung kurang lebih setahun.

Vaksin batch pertama diberi nama mRNA-1273 dan telah dikirim ke Institut Penyakit Alergi dan Menular Nasional (The National Institute of Allergy and Infectious Diseases/NIAID).

Untuk melihat apakah vaksin ini menghasilkan respons kekebalan terhadap virus tersebut atau tidak, maka akan dilakukan pengujian klinis yang melibatkan 45 orang.

Vaksin mRNA-1273 dibuat untuk mengarahkan sel-sel dalam tubuh menghasilkan protein, demi mencegah atau melawan penyakit.

Meski nanti setelah vaksin diuji klinis dan mendapatkan persetujuan dari pemerintah, pihaknya belum bisa mengirimkan vaksin secara masif. Hal ini karena ketersediaan vaksin idealnya dapat siap digunakan setidaknya satu tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar