F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Bikin Bangga! Indonesia Menjadi Juara Internet Of Things Tingkat Asia Pasifik

Bikin Bangga Indonesia Menjadi Juara Internet Of Things Tingkat Asia Pasifik

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memanglah bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia. IOT atau yag dikenal dengan Internet Of Things yang memiliki arti internet untuk segalanya kini memanglah menjadi trend guna memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kini, Indonesia patutlah berbangga pasalnya mahasiswa kreatif dari Universitas Gajah mada (UGM) menjadi juara pertama dalam kompetensi "Cisco NetAcad Asia Pacific & Japan Global Problem Solver Challenge” pada tahun 2017.


73983-article-20180115015529.jpg

Tim yang memenangkan kompetensi tersebut bernama Tim iFish yang anggotanya terdiri dari 4 Orang yaitu Anindityo Agung Baskoro, Muhammad Nur Ardian, Monika Sekar Istanto dan Fajar Sidik Abdullah Kelana, S.T. kompetensi yang dimenangkan tersebut merupakan salah satu kompetensi yang diadakan oleh Cisco Systems, Inc yang bertujuan guna memperkumpulkan pelajar / mahasiswa dari tingkat Asia Pasifik agar mampu beradu ide yang inovatif dan kreatif yang berguna dalam upaya menyelesaikan / memecahkan permasalahan yang terjadi baik ditingat regional Asia Pasific ataupun diseluruh dunia.

Dalam kompetensi ini terdapat 2 tahap. Dimana tahap yag pertama adalah peserta haruslah mengirimkan paper dan juga menjelaskan gagasan dan juga permasalahan agar untuk dipecahkan dan manfaatnya dari pemecahan gagasan tersebut bagaimana. Tak hanya itu, video dengan maksimal berdurasi 3 menit juga haruslah diajukan guna melengkapi gagasan yang diajukan tersebut. Selanjutnya, tahap kedua adalah 5 tim yang lolos haruslah mempresentasikan gagasannya dan melakukan sesi tanya jawab bersama dewan juri. Tim iFish berhasil memenangkan tahap pertama dan menyisihkan 133 peserta lainnya selanjutnya menyampaikan gagasannya secara langsung pada tahap kedua. Tim ini mengajukan gagasan mengenai pengintegrasial teknologi intensive aquaculture dengan pertanian ikan nila lokal.

Tim iFish dari UGM ini juga merupakan satu - satunya tim perwakilan dari Indonesia yang masuk babak final dan juga berhasil mengalahkan tim lainnya dan akhirnya berhasil menjadi juara 1 Kompetisi tersebut. Untuk mengapreasi kekreatifan mahasiswa tersebut, tim iFish UGM diberikan kesempatan melakukan study trip ke Sydney, Australia dan dapat mengunjungi langsung Cisco Innovation Hub di Sydney bulan Februari 2018 dan juga mendapatkan bimbingan dari Cisco untuk mengembangkan ide inovasi teknologi mereka.

Sumber foto: zetizen.com, Goodnewsfromindonesia.id

1
1 none
Komentar