I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Sama-Sama Diperankan Luffy, Inilah Bedanya Romance Dawn dan One Piece

Sama-Sama Diperankan Luffy Inilah Bedanya Romance Dawn dan One Piece
Romance Dawn merupakan manga one shoot karang Eichiro Oda yang juga memakai Luffy sebagai peran utamanya. Namun, ternyata ada perbedaan pada Luffy di manga tersebut dengan One Piece.
Eichiro Oda memulai karirnya memang bukan dengan One Piece. Dia pernah menerbitkan beberapa one shoot dan sampai dibukukan menjadi sebuah buku dengan judul Wanted!! Ketika kamu membuka buku tersebut, ada salah satu karya Oda yang mirip sekali dengan One Piece, judulnya Romance Dawn. Msekipun begitu, ada banyak perbedaan dari manga tersebut dengan One Piece saat ini. Apa saja itu? Kalau penasaran langsung intip ke bawah.


1. Impian dan Keinginan Luffy

Kwikku, Impian dan Keinginan Luffy
Sumber: duniaku.net

Ada sedikit perbedaan antara tujuan luffy di Romance Dawn dan One Piece. Semua pasti tahu bahwa cita-cita Luffy adalah menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun One Piece yang ditinggalkan Gol D. Roger. Namun, ketika kamu membaca Romance Dawn, cita-cita Luffy adalah ingin menjadi bajak laut untuk berpetualang. Jika cita-cita Luffy hanya untuk berpetualang, mungkin ceritanya semakin tidak berujung karena Luffy bisa saja mengubah tujuan sesukanya dan menjelajahi segala tempat tanpa tujuan yang jelas.

2. Peran Garp

Kwikku, Peran Garp
Sumber: duniaku.net
Romance Dawn versi ke dua menceritakan bahwa topi jerami milik Luffy adalah pemberian kakeknya, yang berarti Garp. Sedangkan di One Piece, topi tersebut diberikan oleh Shanks. Bahkan di Romance Dawn juga diceritakan bahwa kakek Luffy adalah seorang bajak laut bengis alih-alih orang angkatan laut.


3. Lambang/Logo Bajak Laut

Kwikku, LambangLogo Bajak Laut
Sumber: duniaku.net
Bahkan untuk logo bajak laut Topi Jerami pun memiliki perbedaan. Di One Piece, lambang bajak laut Luffy adalah tengkorak sedikit bulat dengan tulang menyilang. Sedangkan di Romance Dawn, logonya menjadi tengkorak yang mirip aslinya dengan dua lengan di belakangnya.


4. Peran Nami

Kwikku, Peran Nami
Sumber: duniaku.net
Nami dalam One Piece ternyata sempat diremake berkali-kali oleh Oda. Kamu bisa lihat sendiri, pada Romance Dawn versi pertama, Nami adalah seorang gadis desa dengan nama Silk. Rambutnya pirang panjang dan cukup kuat. Sedangkan Nami di Romance Dawn versi dua, namanya adalah Ann dengan rambut biru cepak, tampilannya lebih mirip Nami yang sekarang.


5. Tidak Ada Penyebutan Angkatan Laut

Kwikku, Tidak Ada Penyebutan Angkatan Laut
Sumber: duniaku.net
Di manga Romance Dawn versi satu dan dua, sama sekali tidak diungkapkan adanya angkatan laut. Musuh Luffy hanyalah bajak laut lain yang sangat kuat. Namun, mengingat cerita ini hanya one shoot, mungkin Oda tidak memiliki space untuk memasukkan peran angkatan laut seperti di One Piece.


6. Karakter Luffy

Kwikku, Karakter Luffy
Sumber: duniaku.net
Inilah perbedaan besar antara Romance Dawn dan One Piece, yakni karakter atau sifat dasar Luffy. Kamu bisa lihat sendiri bahwa Luffy sekarang adalah cowok aneh dan sedikit bodoh dengan tingkah super aneh. Sedangkan Luffy di Romance Dawn ternyata adalah cowok kalem yang cukup pintar dan lebih bijak. Akan tetapi, ketika versi kedua Romance Dawn keluar, sifat Luffy berubah cukup mendekati Luffy di One Piece.

Gimana? Kira-kira dengan perbedaan di atas, kamu lebih suka yang mana? Yang jelas, hal itu membuktikan bahwa untuk menghasilkan karya luar biasa seperti One Piece, Oda harus mau berulang kali remake demi mencapai kualitas manga yang disukai orang di seluruh dunia.


3
3 none
Komentar