I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Kata Bahasa Jepang Ini Terlarang untuk Diucapkan, Hati-Hatilah Saat Menggunakannya!

Kata Bahasa Jepang Ini Terlarang untuk Diucapkan Hati-Hatilah Saat Menggunakannya
Menonton tayangan apa pun di televisi haruslah bijak, contoh mudahnya adalah dengan memilah mana kata-kata yang patut di contoh dan tidak.
Kwikkers di sini pasti banyak yang belajar Bahasa Jepang dari menonton anime. Meskipun hanya kata-kata sederhana, tapi pasti ada kata-kata yang familiar di telinga dan tanpa sadar kamu ucapkan. Akan tetapi, terkadang beberapa anime pun menyajikan kata-kata yang cukup kasar dan sebenarnya tidak baik untuk diucapkan. Istilah mudahnya adalah kata umpatan. Apa sajakah kata-kata tersebut?

Berikut ini contoh beberapa kata Bahasa Jepang yang harus diperhatikan penggunaannya dan bahkan tidak digunakan sama sekali.


1. 1.Uzai (うざい)

Kwikku, Uzai
Sumber: https://i1.wp.com/learnjapaneseonline.info/wp-content/uploads/2015/11/meaning-of-urusai.jpg
Kata yang satu ini sebenarnya merupakan salah satu bahasa gaul, dan pengucapnya masih bisa ditolelir. Uzai sendiri berarti berisik atau mengganggu. Asal katanya yakni urusai, tapi dipadatkan supaya lebih cepat diucapkan maka diplesetkan menjadi Uzai. Kamu pasti sering sekali mendengar kata ini jika menoton anime.


2. Baka dan Aho (バカ、アホ)

Kwikku, Baka dan Aho
Sumber: https://sebastianosblog.files.wordpress.com/2015/08/palmtop-taiga-angry.png

Baka atau pun aho sama-sama berarti bodoh. Kata ini juga sering sekali ditampilkan di adegan-adegan anime maupun dorama. Namun, kamu jangan ikut-ikutan menggunakan kata ini jika memang sedang tidak benar-benar marah. Meskipun kelihatannya tidak terlalu menusuk hati, tapi orang yang mendapatkan umpatan Baka dan Aho akan tetap merasa marah.

3. Kichigai, Kasu (キチガイ、カス)

Kwikku, Kichigai Kasu
Sumber: https://us.v-cdn.net/5021068/uploads/attachments/8/4/6/0/6/11670.jpg
Apabila baka dan aho masih terlalu halus, maka ada yang lebih kasar yaitu Kichigai dan kasu. Arti kedua kata tersebut adalah tidak berguna atau gila. Biasanya kata ini ditujukan untuk menatai seseorang tengah terserang sakit mental. Kata ini juga tidak sepopuler baka dan aho, baik di anime maupun di kehidupan nyata.


4. Abazure, Yariman (あばずれ、やりまん)

Kwikku, Abazure Yariman
Sumber: https://avvesione.files.wordpress.com/2013/10/nagi_no_asukara-02-hikari-angry-irritated-defensive-comedy.jpg

Dua kata ini sangat tidak patut diucapkan, terutama kepada wanita karena terlau kasar. Artinya adalah jalang, pelacur atau paling parah l*nte. Jadi kamu sebaiknya tidak memakai kata ini sama sekali.

5. Shine (死ね!)

Kwikku, Shine
Sumber: https://contents.mangamon.id/static/img/at/2017/09/32255/02-min.jpg
Meskipun shine berarti mati atau matilah, tapi penggunaan kata ini ternyata cukup sering di berbagai anime. Kamu yang sudah terbiasa mendengar kata ini mungkin tidak menyangka jika ucapan ini cukup kasar. Oleh sebab itu, mulai sekarang tidak perlu lagi memakai katai ini.


6. Chikuso (畜生)

Kwikku, Chikuso
Sumber: https://myanimelist.cdn-dena.com/s/common/uploaded_files/1459481766-3d01d62767aff396b24676ad5d848c3f.jpeg
Chikuso biasanya diartikan sial dalam bahasa Indonesia. Selain dipakai sebagai umpatan untuk mengekspresikan kekesalan, kata ini juga sering digunakan para karakter anime untuk mengungkapkan ketidakberdayaan mereka atau tidak tahu lagi harus berbuat apa.


7. Kusottare (くそったれ)

Kwikku, Kusottare
Sumber: https://avvesione.files.wordpress.com/2013/06/namiuchigiwa_no_muromi_san-09-yeti-surprised-shock-unhappy.jpg
Artinya juga matilah atau matilah kau, biasanya digunakan pada keadaan sedang bertengkar dan sangat marah. Arti bahasa Inggris-nya biasanya jerk, shit atau bastard, dan karena teralu kasar, biasanya akan disensor atau bahkan dihilangkan bagian tersebut dari tayangan.


8. Manko (まんこ)

Kwikku, Manko
Sumber: https://hypersonic55.files.wordpress.com/2013/09/haruhara-haruko-full-172090.jpg
Kata ini sangat kasar dan sebaiknya tidak pernah diucapkan, artinya biasaya f*ck atau jika kamu orang Jawa Timur, kata ini seara dengan janc*k. oleh sebab itu, jangan biasakan mendengar kata ini atau mengucapkannya atau kamu akan dianggap sebagai anak nakal dan tidak sopan.


1
1 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar