Novel
Genre → Drama Sedang Berlangsung
Perjalanan Ranum
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Tidak ada manusia yang terlahir sempurna di dunia ini. Mereka tidak bisa memilih lahir dari keluarga seperti apa, tapi mereka bisa menentukan masa depan mereka akan seperti apa. Seperti halnya yang dialami oleh Ranum. Gadis muda yang berjuang untuk masa depan yang diimpikannya.

Ranum berhenti sekolah saat duduk di bangku kelas XI SMA. Dia memutuskan untuk merantau ke kota. Mencari sumber rezeki yang mungkin bisa dia dapatkan. Namun pada kenyataannya, Ranum harus hidup sebagai pejuang jalanan. Menjalani hidup layaknya gelandangan. Mencari penghidupan dari tempat yang tidak dia inginkan.

Berhenti sekolah bukan berarti harus berhenti belajar. Ranum belajar dari buku-buku yang dia temukan di jalanan dan tempat sampah. Dia terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya.

Ranum sempat menyerah dan putus asa akan mimpinya. Tapi Bu Narmi, ibu kedua Ranum di jalanan, selalu menasihati Ranum dan memberi semangat agar Ranum terus berusaha mewujudkan apa yang diinginkannya.

Selain mewujudkan mimpinya, tujuan Ranum bertambah setelah berjumpa dengan Damar. Seorang mahasiswa dan juga penulis. Ranum jatuh hati pada Damar. Dia berjanji pada dirinya sendiri untuk belajar dengan giat dan berusaha mencapai mimpinya. Karena dengan begitu, dia bisa bersanding dengan Damar.

Perjalanan Ranum tidak mudah. Tapi dia yakin bisa melewatinya.
Tokoh Utama
Ranum
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
1k
Tentang Penulis
Faiqotun Nafiah
Saya menulis untuk mengekspresikan diri. Menjadi penulis adalah mimpi yang akan terus saya perjuangkan selama hidup saya.
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 52 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 7,471 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi