Novel
Bronze
Genre → Sejarah
Nun Mati 1962
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp100.000
Telah selesai
Premium
Blurb
Perang antar saudara ini cukup menyita batin dan pikiran Mim sejak dia ditugaskan untuk menumpas gerakan Darul Islam di Ciamis. Sejak ditugaskan di Gunung Syawal, Mim justru menemukan banyak misteri. Salah satunya kehadiran perempuan setengah waras anaknya Kepala Dusun—Nun.
"Nun mati!" ujar perempuan yang katanya gila setelah kematian suaminya. Mim justru berpikir kalau perempuan ini hanya berpura-pura gila, padahal Nun adalah kunci dari semua kericuhan ini. Bagaimana Mim membuktikan kalau Nun bukanlah perempuan gila seperti yang dipercaya oleh orang-orang di kampungnya—termasuk keluarganya?
Setelah beberapa kali tidak terbunuh dalam misinya, Mim justru berpikir kalau ada musuh dalam selimut—ada warga yang menjadi pendukung para gerombolan. Apakah Nun justru di balik dalang semua ini?

Disclaimer:
Berlatar belakang kisah DI/TII di Desa Bangbayang, ‘Nun Mati 1962" terinspirasi dari kisah nyata. Akan tetapi, cerita ini hanya sebuah fiksi yang mengambil beberapa kisah yang terjadi pada kejadian itu. Nama dan peristiwa yang terjadi hanyalah sebuah kisah fiksi.

Tokoh Utama
Nun
Mim
Sanjoehri
Soekardi
Siti
Ningrum
Letnan Kolonel Andi
Arum
Musri
Iyum
Ustaz Hasan
Kang Soleh
Mang Ajay
Kang Memen
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Aku udah baca novelnya sampai tamat. Bagus. Kisah ketegaran Nun dan perjuangan Mim patut aku acungi jempol. Bukan kisah romance biasa
congrats ya jadi juara 3 di kompetisi 500 juta! sukses terus tor 👏🏻👏🏻👏🏻
Hallo, teman-teman! Terima kasih sudah banyak mendukung Nun Mati, baik yang kirim pesan secara langsung, DM, dan dukungan langsung. Cerita di naskah ini adalah kisah fiksi yang terinspirasi dari kisah Nenek dan Kakek penulis. Tentu saja naskah ini masih banyak memiliki kekurangan karena dikerjakan dalam tiga bulan ini. Jadi, mohon dukungannya untuk Nun Mati. Tidak ada lagi yang bisa diungkapkan untuk para pembaca yang sudah mendukung Nun Mati, selain TERIMA KASIH BANYAK.
cerita yang menarik, penulis nampak menguasai betul materi yang ingin disampaikan. meskipun mengambil setting waktu puluhan tahun yang lalu, penulis bisa mendeskripsikan dengan apik berkat riset yang sudah dilakukan sebelumnya. banyak pesan baik. yang ingin disampaikan penulis melalui cerita ini, meskipun beberapa pesan tsb dituliskan secara kaku dengan mengutip ayat suci secara langsung. tapi secara keseluruhan cerita ini sangat layak dibaca
Baru baca bab 1 aja dibuat penasaran jadi pengen baca terus.

Akhirnya bisa menyelesaikan bacaan ini dengan sekali duduk.

Kisah fiksi yang memberikan gambaran betapa mencekamnya zaman DITII tapi dibalut dengan romance dan misteri.

Good job!
Gak rugi bikin akun buat baca kisah ini. Sekali duduk langsung beres saking seru. Aku jadi ngerti gimana kondisi DI/TII saat itu. Semangat ya!
Jumlah bab ada 43 tapi bisa ditamatkan dalam sekali duduk. Setiap babnya dibikin penasaran. Well done! Unik, cerita ngalir, dan tidak membosankan dari bab 1-43. Good luck!
Cerita sejarah paling menarik. Dimulai baca satu bab jadi keterusan sampai bab terakhir. Ada misteri kenapa nun menjadi tidak waras tapi diakhiri dengab kisah heroik Mim.
Baru kali ini baca novel yang latar belakangnya sejarah tapi pas baca kayak makan keripik, renyah dan bikin ketagihan.

Penulis membuat setiap babnya seperti kepingan puzzle yang buat jadi penasaran. Dan ketika baca endingnya, rasanya ikut bahagia karena akhirnya kepingan puzzle itu bisa dinikmati dengan utuh.

Novel dengan latar belakang sejarah tapi juga bergaya detektif yang memecahkan misteri.

Kereeen banget.

Bintangnya kalau bisa 100.

Recommended banget!
Sangat berbangga dan berbahagia, kisah ini dibalut dengan sempurna.
Waaah, historical romance benar2 berkesan. Belajar sejarah dengan sangat menyenangkan. Karakter Min mirip sama Song Joong Ki di Descendants of the Sun, tapi lebih keren Min dong❤️
Keren banget ceritanya.
Disukai
777
Dibaca
6.1k
Tentang Penulis
Tian Setiawati Topandi
Follow me on
Instagram: @tiantopandi
Twitter: @tianstop
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 199 pengguna
Sudah memublikasikan 4 karya
Menulis lebih dari 114,845 kata
Penghargaan Karya
Rekomendasi dari Sejarah
Rekomendasi