Sedang Berlangsung
5 Disukai
1k Dibaca

Mahar 25 Tahun

Penulis : Bai Ruindra
Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
Cut Inong pulang kampung ke Kampung Pesisir setelah menempuh pendidikan megister di Amerika Serikat. Di usia 25 tahun Inong memilih menjadi dosen muda di salah satu kampus di Kota Pesisir Barat. Inong terlahir sebagai bungsu dari empat bersaudara, ketiga abangnya, Bang Mul, Bang Muis, dan Bang Mus sudah menjadi orang sukses. Lahir dan besar dalam keluarga kaya, Inong tidak merasa kekurangan suatu apapun.

Usia 25 tahun adalah umur yang sangat cocok untuk melangsungkan pernikahan. Sahabat masa kecil, Haikal, kembali menjadi bayang-bayang di kehidupan Inong. Kedekatan Inong dengan Haikal ditentang keluarga sejak mengetahui hubungan mereka makin tidak biasa. Haikal satu-satunya lelaki rupawan di Kampung Pesisir, bersekolah sampai menengah atas lalu menjadi penjual kain bakal baju di salah satu toko di Kota Pesisir Barat.

Lalu Dara, juga sahabat masa kecil yang menyukai Haikal tetapi tidak ingin memiliki karena keterbatasan ekonomi laki-laki itu. Dara gadis cantik anak Mak Sari selalu mencari laki-laki kaya dan tampan untuk dijadikan pacarnya. Mak Sari satu-satunya perempuan yang tidak ingin melihat keluarga Inong sejahtera, sejak anaknya kecil sudah mengusik keluarga Inong sampai mereka dewasa. Mak Sari mencari-cari kesalahan Inong di mana pun dan kapan pun.

Tiba-tiba saja, Bang Mul membawa Rudi ke kehidupan Inong. Rudi dijodohkan dengan Inong karena memiliki kemampuan ekonomi lebih menjanjikan dari pada Haikal. Rudi satu-satunya laki-laki pilihan keluarga Inong yang dirasa mampu menebus mahar tinggi sesuai kebiasaan di Kampung Pesisir.

Perkenalan dengan Rudi termasuk singkat. Rudi menjalin hubungan karena ingin segera menikah di usianya yang hampir mencapai kepala tiga. Sedangkan Inong mendapatkan ketenangan setelah menjalani hari-hari bersama Rudi. Kesepakatan pun dilaksanakan melalui sidang keluarga Inong. Mahar ditentukan sebanyak 25 mayam.

Hubungan Rudi dengan Inong berjalan tak wajar. Rudi yang kaku tidak pernah bersikap romantis seperti yang diinginkan Inong. Haikal masih berhubungan dekat dengan Inong seperti biasa. Kedekatan Inong dengan Haikal yang tak dapat diartikan lagi sebagai sahabat menimbulkan perasaan lain di hati Inong. Inong merasa aman bersama Haikal dan menganggapnya sebagai laki-laki, bukan lagi sebagai teman. Namun ada batasan antara keduanya karena hubungan mereka tak pernah disetujui oleh kerluarga Inong dan ia sendiri sedang menjalin hubungan serius dengan Rudi. Keterbatasan perhatian Rudi membuat Inong menilai bahwa laki-laki itu tidak serius dengannya, padahal memang begitu sikap Rudi yang dingin dan kaku. Sesekali Rudi bertanya kabar dan mengajak bertemu, namun tak pernah melampaui batas. Hati Inong semakin mendua saat Rudi serius meminang dan menyanggupi mahar yang telah ditentukan oleh keluarga berdasarkan kebiasaan, adat, dan keturunan.

Kemudian Inong membangun hubungan dengan Rudi yang tak pernah bisa romantis. Inong membuat Rudi nyaman di dekatnya namun kata-kata yang keluar dari mulut Rudi tak pernah banyak seperti yang diinginkannya. Di luar itu, Rudi memberi perhatian berbeda. Rudi mencintai dengan caranya yang perlahan-lahan dipahami oleh Inong.

Haikal yang mengetahui Inong segera dipinang Rudi tentu patah hati. Namun Haikal tak pernah bisa melakukan apapun untuk melawan. Hubungannya dengan Inong selama ini hanya sebatas teman, tak pernah ada kata cinta maupun percakapan ke arah lebih serius. Lagi pula Haikal tentu tak bisa melunasi mahar yang telah ditentukan keluarga Inong.

Mahar 25 Tahun sebuah cerita tentang adat dan kebiasaan pernikahan di Aceh. Patokan mahar ditentukan berdasarkan keturunan, kekayaan, maupun agama dan pendidikan.
Tokoh Utama
Cut Inong
Jamarudin
Muhammad Haikal
Rekomendasi