Novel
Genre → Drama Sedang Berlangsung
Cerita dari Barat Daya
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Jaka Sulistya tidak pernah menyangka jika perjalannya ke Aceh Barat untuk menemui kedua orangtuanya, ternyata mengalami hambatan. Hambatan pertama adanya kerususan di perbatasan yang disebabkan oleh kelompok sparatis, GAM dan tentara republik. Ketika Jaka mencoba menerabas jalan-jalan yang diblokir, ia justru dihadapkan pada persoalan lain. Di sana ia dipertemukan dengan seorang perempuan muda yang ia akui memiliki daya pikat yang luar biasa.

Perempuan muda dan ligat itu tak lain adalah Utami, teman sekelas ketika di SMP dulu. Kisah masa lalu pun seolah sebuah film usang yang diputar ulang. Mereka pernah memiliki hubungan istimewa di masa remaja.

Ketika Jaka mebgungkapkan perasaannya, justru Utami Panca Dewi mengaku jika sirinya adalah salah satu kombatan GAM. Ialah yang sudah ikut mengancurkan desa-desa di Barat Daya delama ini. Ia juga yang ikut berperan menyengsarakan kedua orangtua Jaka di desa.

Apa yang akan Jaka lakukan? Apakah ia akan melanjutkan jalinan cintanya, atau justu meninggalkan Utami yang sebenarnya seorang pemberontak?
Tokoh Utama
Jaka Sulistya
Utami Panc Dewi
Sri Sulastri
Sungkono
Farida
Rating
5
3
0
0
0
0
Total 3
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Meninggalkan jejak dulu, heheh 😊
Saya menemukan jejak apa yang dimaksud Andreas Harsono (pakar jurnalisme sastrawi) dalam narasi ini. Kedekatan naratornya yang merinci amatan yang membayangi sepanjang ceita berjalan dengan sedemikian rupa, sehingga kedekatan narasinya muncul seperti sebuah memoar. Subyektif saya, perlu sedikit sabar untuk menemukan pencapaian narrative reporting setelah bab 4. Sebagai pembaca, saya meletakkan perayaan pembacaan saya sebagai pembaca awam, yang menikmati seorang kawan lama yang bercerita, berceloteh, lengkap dengan gerundelannnya, kecemasannya, dan perenungannya. Karya ini tidak menjanjikan apa-apa selain keinginannya untuk lulus dari ujian bercerita sampai akhir. Menarik sekali.
Penuturannya begitu manis dan lembut menurut saya. Bukan hanya itu, dalam novel ini kaya akan diksi. Dan kisah ini begitu mengharukan. Selain itu saya bisa mengetahui peristiwa di Aceh setelah tsunami, maka dari itu terima kasih Kang Sudah menuturkan kisah ini.
Disukai
485
Dibaca
11.5k
Tentang Penulis
Redy Kuswanto
PRIBADI SEDERHANA YANG TERUS BELAJAR DAN MENCARI KEBAHAGIAAN DENGAN CARA YANG SEDERHANA.

Dalam benyak kekurangan, sejak menulis serius pada awal 2015, telah menerbitkan belasan buku anak dan antologi bersama, serta lima novel solo, yaitu: Karena Aku Tak Buta (Tiga Serangkai, 2015), Jilbab (Love) Story (Citramedia, 2015), Cinta dan Dendam yang Tak Akan Membawamu ke Mana-Mana (TrustMedia, 2016), Dream, If ... (Diva Press, 2017), dan The Hidden Truth (Sheila, 2020).

- Menulis buku-buku bacaan anak dan umum.
- Freelance editor.
- Membuka kelas private menulis novel dan buku anak.

Silakan berinteraksi di:
Fb: Redy Kuswanto,
IG dan T: @ddredy
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 1,182 pengguna
Sudah memublikasikan 4 karya
Menulis lebih dari 114,723 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi