GenPi.co Menulis artikel
@genpico

Wow! Benarkah Kafein Berkhasiat Sembuhkan Covid-19?

Wow Benarkah Kafein Berkhasiat Sembuhkan Covid-19

GenPI.co - Ilmuwan di berbagai tempat dunia saat ini masih berlomba untuk menemukan metode paling ampuh untuk mengentaskan covid-19 yang saat ini tengah melanda.

Salah satunya adalah Amin O. Elzupir, peneliti di Imam Mohammad Ibn Saud Islamic University (IMSIU), Arab Saudi.

BACA JUGA:Terbukti Aman, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Dipasarkan

Baru-baru ini Elzoupir dan rekan penelitinya merilis sebuah jurnal ilmiah mengenai khasiat kafein, untuk mengentaskan virus corona.

<[kwik-adsinhere]>

Penelitian tersebut dipublikasi pada ncbi.nlm.nih.gov pada Oktober 2020 lalu dengan judul “Caffeine and caffeine-containing pharmaceuticals as promising inhibitors for 3-chymotrypsin-like protease of SARS-CoV-2”.

Peneliti menemukan bahwa kafein memiliki kemampuan menghambat protease virus corona untuk menempel pada sel manusia.

Hal itu merupakan kesimpulan dari pengujian terhadap obat dengan kandungan yang direkomendasikan oleh FDA dalam penanganan pasien Covid-19.

Obat yang diteliti antara aminofilin, bromotheofilin, kafein, dimenhidrin, dyphylline, istradefilin, pentoxifylline, linagliptin, oxtriphylline dan teofilin.

“Yang paling menarik adalah kafein dan teofilin karena sifat hidrofilisitasnya yang tinggi karena obat-obatan tersebut dapat melewati membran biologis sel dengan mudah serta ketika disekresikan ke luar tubuh setelah menyelesaikan tugasnya,” papar Elzupir.

Kafein dan teofilin juga dikatakan secara alami tersedia di banyak spesies tumbuhan seperti biji kakao, kacang kola, daun teh, dan biji kopi.

“Akibatnya, mudah untuk membuatnya tersedia untuk sejumlah besar pasien, terlepas dari keberadaan atau standar hidup mereka, yang sulit atau tidak mungkin untuk beberapa obat lain seperti Remdesivir,” jelas ilmuwan itu.

BACA JUGA:Positif Covid-19, Anies Baswedan Isolasi Mandiri

Lantaran penelitian ini masih terbatas pada in silicio, selanjutnya Elzupir menyarankan dilakukannya percobaan in vitro untuk menentukan akurasinya secara lebih lanjut.(*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Sumber: genpi.co
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar