Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Telusuri Pesona Masjid Unik di 5 Negara, Ternyata Ada yang Berbentuk Jamur

Telusuri Pesona Masjid Unik di 5 Negara Ternyata Ada yang Berbentuk Jamur

INDOZONE.ID - Masjid merupakan rumah ibadah umat muslim yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Terdapat beberapa bentuk arsitektur masjid yang mengagumkan, salah satunya Masjidil Haram yang ada di Makkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan lokasi berdirinya Ka'bah yang merupakan kiblat salat seluruh umat muslim di dunia.

Tak hanya itu, ternyata ada begitu banyak deretan arsitektur masjid unik dan bikin kamu kagum lho. Berikut ini deretan masjid unik yang telah Indozone rangkum dari berbagai macam sumber, Selasa (28/4/2020).

1. Masjid Jami Ul Alfar 'Red Mosque', Sri Lanka

Menelusuri Pesona Masjid Unik di 5 NegaraMasjid Jami Ul Alfar 'Red Mosque', Sri Lanka. (zafigo)


Masjid yang didominasi warna merah dengan gradasi putih ini merupakan salah satu ikon di Sri Lanka. Warna merah tersebut melambangkan keberanian. Bentuk kubah masjid yang seperti buah delima menambah keunikan masjid Indi-Saracenic ini.

Menelusuri bagian dalam masjid, ornamen yang ditampilkan tidak terlalu mencolok seperti bagian luar masjid. Hanya terdapat deretan lampu gantung dan kipas angin. Masjid ini mampu menampung sekitar 5 ribu jamaah, pada bulan Ramadan biasanya masjid ini didatangi lebih dari 3 ribu jamaah.

2. Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Ada yang Berbentuk Jamur, Menelusuri Pesona Masjid Unik di 5 NegaraMasjid Nasir Al Mulk, Iran. (500px/Amin Abedini)


Masjid Nasir Al Mulk merupakan masjid terbesar kedua di Iran. Keindahan ornamen dan bentuk bangunannya kerap disebut sebagai spot yang super Instagramable. Masjid yang terletak di Kota Ahiraz ini dibangun selama 12 tahun oleh Mohammad Hasan-eMemar dan Mohammad Reza Kashi-Saz-e-Siraz.

Masjid ini dilapisi berbagai macam corak dan motif ubin dengan nuansa merah muda. Kehadiran kaca patri yang ada di jendela menambah kesan elegan saat terkena pantulan sinar matahari. Saat berada di dalam masjid kamu terasa seperti di negeri dongeng.

3. Masjid Nusrat Djahan, Denmark

Ada yang Berbentuk Jamur, Menelusuri Pesona Masjid Unik di 5 NegaraMasjid Nusrat Djahan, Denmark. (mosqpedia)


Masjid pertama di Copenhagen, Denmark ini memiliki bentuk jamur yang sangat unik. Pada dasarnya masjid ini memiliki bangunan berbentuk bulat, sedangkan atapnya dibuat melengkung menyerupai jamur. Secara keseluruhan dinding masjid ini dibuat menggunakan batu bata yang diarsir sehingga menampilkan sentuhan etnik.

Meski berbentuk seperti jamur, sebenarnya bagian badan masjid memiliki bentuk kotak seperti masjid pada umumnya. Masjid yang sudah berusia 50 tahun lebih ini mampu menampung 100 jamaah.

4. Masjid Kristal, Malaysia

Ada yang Berbentuk Jamur, Menelusuri Pesona Masjid Unik di 5 NegaraMasjid Kristal, Malaysia. (Irwandy/Flickr)


Dari kejauhan, tampak bangunan Masjid Kristal yang begitu cantik dan mengagumkan. Sesuai dengan namanya, masjid ini dilapisi potongan kristal dan kaca hingga memberikan kilauan. Ditambah lagi suasana lampu di malam hari semakin memperindah masjid Kristal.

Masjid ini dibangun pada tahun 2006 dan selesai pada 2008. Masjid Kristal memadukan gaya arsitektur Tiongkok dengan tatanan lampu gantung menjulang tinggi sehingga menciptakan kesan modern.

5. Masjid Raya Xi'an, Tiongkok

Ada yang Berbentuk Jamur, Menelusuri Pesona Masjid Unik di 5 NegaraMasjid Raya Xi'an, Tiongkok. (havehalalwilltravel)


Masjid warisan Dinasti Tang ini masih terpelihara dengan sangat baik hingga kini. Arsitektur masjid ini kental dengan nuansa tradisional Tiongkok yakni kelenteng yang dilengkapi pagoda yang terdapat pada menara masjid.

Ornamen dalam masjid juga masih mempertahankan furnitur asli dinasti Tang seperti kursi, keramik dan barang lainnya. Meskipun kaya akan nilai sejarah dan terletak di dekat kawasan wisata, masjid ini hanya boleh dimasuki oleh mulsim, bagi turis non-muslim dilarang masuk ke masjid ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar