Sambut Hari Batik Nasional dengan Warna Edukasi Batik

Sambut Hari Batik Nasional dengan Warna Edukasi Batik - J astor hari,batik,nasional,menjadi,perhelatan,besar,untuk,indonesia,bukan,hanya,sekedar,kecerian,karena,kain,bermotif,nusantara,dimiliki,indoneisa,namun,hari,tersebut,menjadi,bagian,untuk,generasi,dalam,memperdalam,pengetahuan,akan,sejarah,tanah,jadi,buat,kamu,yang,sekarang,belum,tahu,pembuatan,batik,harus,tahu,mencari,tahu
Hari Batik Nasional menjadi perhelatan besar untuk Indonesia. Hal ini bukan hanya sekedar kecerian karena kain bermotif Nusantara itu dimiliki Indoneisa. Namun, hari tersebut menjadi bagian untuk generasi dalam memperdalam pengetahuan akan sejarah tanah air. Wah, jadi buat kamu yang sekarang belum tahu pembuatan batik. Harus tahu, dan mau mencari tahu.

Baiklah, untuk mendukung hal tersebut sekarang tidak ada salahnya jika kamu mengetahui perlengkapan yang harus disiapkan dalam proses pembatik. Batik bukan sekedar kain yang tiggal pakai, selesai. Namun, dalam proses pembutannya mempunyai proses lumayan panjang. Nah, buat anak manis yang sekarang masih kepo pengen tahu lebih detailnya. Yuk, langsung lihat saja pembahasannya berikut ini. Cekidot.

1. Canting
Canting
infobatik.com

Sebenarnya batik bisa dibagi dua. Pertama batik cap yang mempunyai canting yang terbuat dari tembaga. Kedua, batik tulis dengan canting (alat melukis) berbentuk seperti pensil. Canting mempunyai ukuran berbeda-beda disesuaikan dengan kedetailan motif yang ingin didapatkan. Semakin kecil ujung canting, berarti kian banyak motif mungil yang dihasilkan.

2. Lilin (malam)
Lilin  malam
jnjbatik.com

Sedangakn untuk lilin ( malam) termasuk bagian akan dijadikan sebagai media melukis di atas kain. Fungis sebagai pembatas antar motif. Selain itu digunakan untuk mempermudah proses pewarnaan. Sehingga nanti kain tersebut bisa memiliki hasil akhir yang menakjubkan dan penuh dengan kecermatan.

3. Kain Mori
Kain Mori
wordpress.com

Kain atau sering disebut mori ialah media awal untuk membatik. Mori sangat bervariasi. Terdapat mori dengan tekstur lembut yang sering disebut santung. Terdapat pula mori bertekstur lembut sekaligus keras yaitu katun. Nah, sedangkan untuk pembuatan batik bisa menggunakan dua jenis tersebut tergantung selera. Namun, katun lebih sering digemari.

4. Pewarna
Pewarna
bukalapak.com

Terakhir yang tidak boleh hilang dari batik adalah warna. Dari sinilah batik bisa teridentifikasikan asalnya. Misalanya, batik khas Jogja identik dengan pewarnaan kalem sekaligus sendu. Batik Pekalongan bercirikan warna yang mencolok dan terang. Batik Solo lebih memilih warna-warna lembut. Sekali lagi, selamat Hari Batik Nasional.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 bulan 1 minggu lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Dilan 1990 Diluar Ekspektasi? Ini Dia Alasannya!
Pengen Bikin Siswa Jadi Betah di Sekolah? Innovasi Keren ini Jadi Kuncinya
Joker: Dia "Sakit” karena Tersakiti. Akankah Film Ini Masuk Box Office?
Gak Cuma Enak Doang, Beberapa Makanan Ini Memiliki Nilai Gizi yang Baik Untuk Kesehatan Gigi
Inilah 5 Alasan Paling Tepat Kenapa Tempat Hangout Selalu Menjadi Incaran Para Anak Millennial
Poster Film Nominasi Oscar Dibuat Versi Moomins, Lucunya Bukan Main!
Inilah 4 Makanan Menjijikan Khas Indonesia, Kalian Berani Coba?
Tak Hanya Iqbaal dan Vanesha, Bintang Muda ini Juga Turut Berakting di Film Dilan 1990
Melalui Penelitian yang Panjang! Akhirnya Ilmuwan Berhasil Temukan Jejak Planet Misterius Ke Sembilan
Inspirasi Pemilihan Nail Art Untuk Kuku Cantik Kamu
Buat Cowok : Mau tampil kece? Item Fashion Ini Wajib Jadi Koleksi!
Beni Si Tempramental Ternyata Punya Fakta Menarik!