J_astor Menulis artikel
@jastor

Nggak Kuno, Kain Etnik di Sulap Jadi Gaun Cantik Kekinian

Nggak Kuno Kain Etnik di Sulap Jadi Gaun Cantik Kekinian
siapa bilang kain tradisional itu kuno dan ketinggalan jaman, ini dia buktinya
Cocok buatmu

Kain tradisional khas indonesia memang ada banyak. Semua kain itu memang terkesan klasik dan etnik, namun siapa sangka kain-kain yang dulunya hanya sering digunakan untuk acara-acara keagamaan atau acara adat, kini bisa dikreasikan dan digunakan untuk acara modern bahkan bisa di buat untuk acara kasual dan formal.

1. Kain Batik

Kwikku, Kain Batik
Sumber: pinterest.com

Kain dengan berbagai motif yang beragam ini dibuat dengan bantuan malam dan canting. Batik bahkan mempunyai hari tersendiri untuk dirayakan yakni 2 Oktober. Kain ini telah mendapat istimewa di Indonesia. Bahkan para pegawai negri sering mengenakannya sebagai seragam kedinasan.

Kain ini ternyata banyak juga dikreasikan menjadi gaun malam atau pakaian kece lainnya. Apakah kalian punya koleksi baju dari batik? Bangga dong ya dengan kain yang sudah jadi identitas kita ini?

2. Kain Songket

Kwikku, Kain Songket
Sumber: ur-ban.id

Berasal dari Minangkabau dan suku Melayu, kain ini tampak begitu mewah dengan sentuhan rajutan kain emasnya. Kain ini di buat dengan teknik menenun. Songket sendiri berarti kaitan, dalam bahasa setempat. Disebut songket karena memang kain ini terbuat dari kaitan benang-benang yang disusun dengan alat tenun sehingga membentuk sebuah kain indah.

Dengan tangan-tangan kreatif, kain elagan ini bisa juga digunakan untuk pakaian mewah seperti gaun pesta. Bagaimana? etnik tapi cantik kan? Perlu terus dilestarikan sih ini.

3. Kain Lurik

Kwikku, Kain Lurik
Sumber: brilio.net

Kalian akan dengan mudah menemukan kain ini di Yogyakarta ataupun solo. Kain ini sering digunakan para abdi dalem, dan orang-orang Jogja terutama saat acara adat, seperti arak-arakan. Bahkan di kota gudeg ini, kain lurik sudah menjadi seragam bagi guru dan anak-anak sekolah, misalnya di hari Kamis Wage. 

4. Kain Ulos

Kwikku, Kain Ulos
Sumber: wolipop.detik.com

Coba perhatikan kreasi kain ulos rancangan designer ternama Ivan Gunawan ini. Tampak berkelas ya? Seiring perkembangan mode desain, banyak designer yang berinovasi dengan menambahkan kain khas kedaerahan dalam sebuah busana yang dibuatnya. Salah satunya ialah kain ulos.

Sama seperti songket, kain ulos juga dibuat dengan cara ditenun. Biasanya kain ini didominasi dengan warna netral seperti hitam, putih dan merah. Kain khas Batak ini banyak digunakan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, acara kematian, dan yang lainnya.

5. Kain Tapis

Kwikku, Kain Tapis
Sumber: webstagram.net

Selain batik, songket, ulos, dan lurik, ada juga nih kain dari Lampung yang nggak kalah cantik. Namanya kain tapis, masih sejenis juga sih sama kain ulos. Bedanya mungkin lebih terlihat di motif-motif yang dikenakan di kainnya.

Kain ini banyak mengunakan motif seperti garis zig-zag, motif hewan, tumbuhan dan motif piramid. Kain ini juga terdapat sentuhan benang emasnya, yang menjadikannya tampak mewah. Tapis memerlukan waktu berbulan-bulan untuk menjadi sebuah kain yang dapat digunakan. Wah perjuangan sekali bukan, tak heran sih kalau hasilnya secantik itu.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar