Pernah Alami Fenomena Psikologi Unik? 4 Hal Ini Pasti Sering Terjadi Di Sekitar Kalian

Pernah Alami Fenomena Psikologi Unik  4 Hal Ini Pasti Sering Terjadi Di Sekitar Kalian - Mimi penemuan,yang,sangat,menakjubkan,semua,orang,pasti,belum,beberapa,fenomena,psikologi,unik,yang,sering,terjadi,sekitar,kita,semua,orang,bisa,menjelaskannya,dengan,mudah
Penemuan yang sangat menakjubkan. Semua orang pasti belum tau beberapa fenomena psikologi unik yang sering terjadi di sekitar kita. Gak semua orang bisa menjelaskannya dengan mudah.

Manusia merupakan makhluk sosial yang dari dulu tak pernah terlepas dari bantuan orang lain. Bahkan untuk makan saja, manusia sangat membutuhkan manusia yang lainnya. Kalian tak mungkin untuk menanam padi sendiri untuk bisa menikmati beras bukan?

Semua hal yang ada di kehidupan manusia ibarat terikat antara satu sama lain, bahkan untuk seseorang penyendiri, jika dia masih mengkonsumsi makanan instan, maka tanpa di sadari dia juga adalah makhuk sosial yang tak bisa terlepas dari makanan instan buatan manusia yang lain.

Baik itu berupa bersalaman atau yang lainnya, segala hal yang melibatkan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya di sebut sebagai kegiatan sosial, tak ada satupun manusia yang bisa terlepas dari ikatan realita tersebut, bahkan seorang nabi sekalipun. Tetapi apakah kalian pernah mengalami suatu fenomena yang mengganjal di kehidupan sehari-hari?

Berikut ini adalah beberapa fenomena psikologi unik yang sering terjadi di sekitar kehidupan sosial manusia, kalian pasti pernah mengalami tetapi pasti kalian masih belum mendapatkan penjelasan dari itu semua. Berikut ini adalah beberapa ulasannya, silahkan di simak ya guys.

1. Bystander effect
Bystander effect
brilio.net

Apakah kalian pernah mengalami kejadian di mana kalian jatuh dari tangga di tengah-tengah kerumunan orang tetapi tak ada satupun orang yang membantu? Fenomena tersebut di namakan sebagai fenomena Bystander effect. Peneliti yang bernama Derley dan Latene melakukan sebuah eksperimen dari sebuah contoh kasus yang hampir serupa, mereka menjelaskan bahwa gejala psikologis tersebut di karenakan oleh semakin banyak orang yang "menonton" pada suatu kejadian tertentu maka akan semakin sedikit pula saksi mata tersebut yang berkeinginan untuk membantu.

2. Konformitas
Konformitas
brilio.net

Fenomena psikologi yang selanjutnya dinamakan Konformitas. Fenomena ini sama seperti ketika kita berada pada suatu kerumunan orang yang memiliki tujuan yang sama, tanpa sadar kita akan mengantri mengikuti apa yang sedang mereka lakukan. Konformitas adalah suatu jenis pengaruh sosial yang di mana ketika seseorang tanpa sadar mengubah sikap dan tingkah laku mereka agar bisa menyesuaikan dengan norma sosial yang ada.

3. Hello efect
Hello efect
brilio.net

Hello effect adalah suatu penilaian awal yang di pengaruhi oleh fenomena generalisasi dari satu aspek penilaian terhadap seseorang. Hello effect biasa terjadi ketika seseorang baru saja pertama kali bertemu dengan orang baru yang biasa di tinjolkan melalui tindakan berupa senyuman, jabat tangan dan interaksi awal lain.

4. Spotlight effect
Spotlight effect
brilio.net

Ketika sedang berada di keramaian, kamu biasanya akan merasa sedang di perhatikan oleh banyak orang karena penampilanmu yang kurang maksimal, mungkin karena noda pada baju atau potongan rambut yang jelek. Fenomena tersebut biasa di kenal sebagai Spotlight effect. Fenomena ini memaksa seseorang untuk tampil kurang percaya diri karena kekurangan tersebut, padalahal sebenarnya tak ada satupun orang yang memperhatikan kekurangannya.

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 6 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Totalitas Perankan Dilan, Iqbaal Eks CJR Belajar Jadi Orang Tengil
Debo, Pemeran Nandan yang Dulunya Bintang Idola Cilik 2. Sekarang Beda!
Jadi Sepasang Kekasih Dalam Film, Aura Kasih dan Morgan Oey Tetap Mesra Meski di Luar Syuting. Ini Buktinya!
Iseng Banget! Begini Jadinya Bila Dinosaurus Di Jurassic Park Diganti Kucing
Adinda Nurdinilla, Selebgram Cantik yang Nggak Ada Bedanya Dengan Raisa
Foto Dulu dan Sekarang Para Musisi Tanah Air Ini Bikin Pangling!
Teaser Trailer dan Poster TTM Beredar, Siapakah yang Cocok Dengan Vanesha Prescilla? Ini Kata Netizen!
Sissy Priscillia Siapkan Diri Tonton Debut Akting Vanesha di Film Dilan 1990
Sambut Hari Batik Nasional dengan Warna Edukasi Batik
Jangan Sampai Tertipu ya, Ini Dia 5 Cara Untuk Membedakan Kurma Segar dan Pemanis Buatan
Pakai Koleksi Brand Ternama, Vanesha Tampil Out of Box Saat Gala Premiere
Milea, Si Cantik Penguasa Hati Dilan Ternyata Ada di Dunia Nyata! Begini Sosok Aslinya