F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Terungkap! Rahasia Para Pengusaha Sukses, Ini Tips-Tips Mereka Mengatur Keuangan Ala Anak Muda

Terungkap Rahasia Para Pengusaha Sukses Ini Tips-Tips Mereka Mengatur Keuangan Ala Anak Muda
Jangan jadikan usia muda sebagai alasan untuk menghambur-hamburkan uang. Malah usia muda adalah saat yang tepat untuk belajar mengelola finansial. Selain menabung, kamu bisa menciptakan kondisi keuangan yang baik kedepannya.

Jangan jadikan usia muda sebagai alasan untuk menghambur-hamburkan uang. Malah usia muda adalah saat yang tepat untuk belajar mengelola finansial. Selain menabung, kamu bisa menciptakan kondisi keuangan yang baik kedepannya. Simak yuk ulasan tips untuk mengatur keuangan ala anak muda.

1. Menabung sejak dini

Kwikku, Menabung sejak dini
Sumber: manfaat.co.id

Banyak kebutuhan yang harus terpenuhi namun kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, apalagi untuk anak muda. Namun, untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan, sebaiknya kamu harus mulai menabung. Kalau kamu sudah terbiasa untuk menabung, kamu takkan kesusahan di saat kamu membutuhkan uang di suatu hari nanti.

2. Membuat anggaran pengeluaran

Kwikku, Membuat anggaran pengeluaran
Sumber: bisnisukm.com

Sangat menguntungkan kala kamu bisa membuat anggaran pengeluaran, kamu bisa disiplin dalam menggunakan uangmu. Di saat kamu menerima uang, segera pergunakan dana menjadi beberapa ketegori, misalnya cicilan, kesehatan, liburan dan lain-lain sesuai kebutuhanmu.

3. Bedakan mana kebutuhan mana keinginan

Kwikku, Bedakan mana kebutuhan mana keinginan
Sumber: doncooper.com

Tak jarang kita tak pernah menyadari apakah suatu pengeluaran yang kita gunakan adalah kebutuhan atau hanya sebuah keinginan. Tentukan terlebih dahulu anggaran yang lebih penting dan harus dipenuhi terlebih dahulu daripada anggaran yang hanya untuk keinginan saja. Hal seperti ini akan menghindarkan kamu dari sikap hidup yang konsumtif.

4. Jangan ngutang

Kwikku, Jangan ngutang
Sumber: moneyinsight.id

Memang biaya hidup dari hari ke hari bertambah mahal, tamu bukan berarti kamu harus boros. Sama seperti menabung, usahakan terbiasa untuk tidak berhutang supaya kondisi finansialmu stabil. Jadi coba tahan diri untuk tidak mengeluarkan kartu kredit di saat nongrkong ataupun jalan-jalan ke mall.

5. Investasi

Kwikku, Investasi
Sumber: alona.co.id

Siapapun juga bisa berinvestasi dengan kemampuan finansialnya masing-masing, tak terkecuali anak muda. Saat kamu mempunyai uang lebih, segeralah tabung, dan investasikan. Tapi sebelum itu, kamu harus memperhatikan dan memahami dulu bagaimana kemampuan keuanganmu dan kondisi finansialmu yang sedang terjadi saat ini.

0
0 none
Komentar