Sedang Berlangsung
26 Disukai
1.5k Dibaca

Tumbuh Dari Pilu

Penulis : Manis Wilujeng
Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
Kita tidak bisa memilih untuk lahir dari keluarga seperti apa, namun kita bisa menentukan akan seperti apa diri kita.

"Tumbuh Dari Pilu" menjadi pengabadian perjalanan sebuah kisah nyata dari salah satu insan yang tuhan berikan takdir untuk hidup di bumi dari latar belakang yang kurang mampu. Meskipun penghapusan kasta di Indonesia telah terjadi selama beratus-ratus tahun yang lalu, namun perbedaan perlakuan antara keluarga miskin dan kaya masih jelas terlihat di masyarakat.
Cerita ini menjadi media pengabadian cerita hidup seorang gadis bernama Raisi Handini. Bersama kepolosan masa kanak-kanaknya, ejekan dari teman-teman, pandangan warga desa, dan masa dimana ia mati rasa hingga usahanya untuk kembali pulih dan ingin mengenal dunia sebagai manusia seutuhnya.
Cerita ini mengajarkan pada kita tentang hubungan keluarga yang seharusnya memberikan dukungan pada hal-hal baik yang ingin diwujudkan, juga tentang perjuangan seorang kakak perempuan untuk adiknya supaya bisa melanjutkan pendidikan seperti yang ia idam-idamkan dahulu, serta tentang sebuah perjalanan yang melewati beberapa pertentangan.
Ini menjadi cerita mengenai hak setiap orang untuk memiliki impian dan bergerak menuju ke sana. Usaha untuk terus berjalan meskipun ketakutan dan air mata selalu menghiasi langkahnya. Namun ibarat pepatah usaha tidak akan mengkhianati hasil, maka hasil itu akan benar-benar didapat setelah proses yang panjang dan melelahkan.

Mungkin terkadang dalam suatu hari hidup kita dipenuhi dengan ratapan, pertanyaan yang terus berulang, dan pada akhirnya menjurus pada ketidakbersyukuran.

Berbagai pemikiran dari dua sudut pandang terus berlalu lalang di kepala. Bising terus saja menyelimuti. Jiwa yang kian frustasi dipenuhi ambisi. Sebuah rencana pemberontakan dari situasi dan kondisi yang tak lagi bisa diterima ini.

Bagi Isi, berontak tidak selamanya berarti keburukan. Barangkali ia adalah sebuah jalan yang bisa memberi terang dalam gelap sekitarnya. Sebuah harap akan perubahan.

Mungkin suatu hari nanti mereka akan mengerti. Menurutnya, yang perlu kita lakukan hanyalah tetap saling menghormati, terus menyayangi, juga menebarkan kebaikan kepada sesama. Terlepas bagaimana mereka memperlakukan diri kita.

Satu lagi yang pernah ia ucap. Terus semangat meraih mimpi serta tutup telinga dari suara yang tak ingin kau dengar. Sekarang, mulailah melangkah:).
Tokoh Utama
Mbak Hasanah
Kak Trisna
Ibu
Ayah
Raisi Handini
Rekomendasi