Novel
Genre → Drama Telah Selesai
Terbang ke Dasar Laut
Oleh Yesno S
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Lima bulan yang lalu kalian berjanji menjadi kakak beradik yang kompak. Sepembuluh darah, sekeras batu karang. Pohon ketapang yang sedikit doyong ke kiri itu jadi saksinya. Sejak lima bulan lalu pula Mama Nongowoeng Delop Kandagam menganggap kalian tak ubahnya siput sebatu karang. Setali tiga uang. Sama-sama antap kulitnya. Sama-sama amis isinya. Sepantun seirama lagunya. Hanya ukuran cangkangnya saja yang berbeda.

Sejak itu, siapa pun kamu dianggapnya "kalian".
Tokoh Utama
Liaw Luther Lollandry
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Membaca novel ini kita serasa dibawa ke desa nelayan nun jauh di kawasan Timur Indonesia dengan segala keindahan pantai dan lautnya. Seperti kita tahu di kawasan Timur banyak sekali pulau-pulau kecil dengan kehidupan kaum nelayan di sepanjang pantai. Cerita berpusar pada wanita bernama Mama Nongowoeng Delop Kandagam yang memiliki tiga anak bernama Liaw, Luther, dan Lollandry. Galibnya orang yang hidup di kawasan pantai akan sangat akrab dengan laut dan sudah biasa bermain atau berenang di laut. Tapi entah kenapa Mama Nongowoeng Delop Kandagam melarang anak-anaknya mencebur ke laut. Ada rahasia dan misteri yang sepertinya dipendam wanita itu sehingga kecemasannya tak pernah habis-habis terhadap anak-anaknya. Sementara ketiga anak itu justru sering membikin ulah di belakang sang ibu. Dengan menggunakan gaya penuturan PoV 2 Jamak (kalian) dan bahasa yang meliuk-liuk indah penuh metafora sangat memukau.
Great Story๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Narasi yg ngalir, penuh metafora dan kata2 yg kaya. Sempat mengira ini kisah fantasi, saking tingginya imajinasi yg digambarkan di bab2 awal. Tapi ternyata kisahnya sangat realistis dan membumi. Ada ttg keluarga, sosial budaya dan isu lingkungan hidup. Meskipun isu2 yg disampaikan sebetulnya berat, tapi nggak jadi njelimet, krn Disampaikan secara cerdas dan ringan lewat POV anak 10 tahun. Vibe indonesia timur yg kental digambarkan dengan ciamik sampe berasa dibawa terbang ke sana.
Endingnya acung jempol deh! Kirain bakal sedih, termehek - mehek, tapi ternyata ada sisi sweetnya juga
So, yeah. Endingnya Bittersweet and that is VERY BEAUTIFUL. Salute!
Simple way of presenting from children's point of view but so complex Indonesia Timur nan jauh di mato. Funny, surprising, crazy plus delicious diction and then whole slick dialogue. This full of thick environmental issues.


This is so wow and OOOII...
Ini salah satu mutiara yang saya temukan di Kwikku. Pesan-pesan mendalam disampaikan secara sempurna melalui cara pandang seorang anak kelas 5 SD yang lugu tapi cerdas! Membacanya membawa saya menikmati keindahan, kekayaan dan keluhuran budaya di Kepulauan Aru โ€” nama yang tak asing di telinga tapi baru kali ini serasa ada di depan mata. Kalaupun ada minus, hanya masalah teknis membaca melalui handphone. Ketika mencari catatan kaki, saya harus scroll sampai ke akhir bab, lalu kembali scroll ke atas untuk melanjutkan membaca. Cukup mengganggu keasyikan. Untuk versi cetak saya kira tak akan jadi masalah, dari sekarang saya pesan satu!
Disukai
15.7k
Dibaca
33.4k
Tentang Penulis
Yesno S
Komunikasi di yesno.s.2008@gmail.com

Bergabung sejak 2020-07-22
Telah diikuti oleh 1,022 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 99,612 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi