Novel
Genre → Horor Telah Selesai
Panti Rogo Kadipolo
Oleh Ariy
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp37,000
Premium
Blurb
Didan seorang mahasiswa Jurusan Sejarah, di sebuah kampus di Solo, mengajukan proposal penyusunan skripsi kepada dosen pembimbingnya, dengan objek penelitian sejarah Rumah Sakit Kadipolo yang kini tak beroperasi lagi. Rumah sakit atau dulu kerap disebut Panti Rogo ini berdiri sejak sekitar tahun 1915-an atau jaman pemerintahan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Pakubuwono (PB) X ini sekarang berstatus Cagar Budaya. Hal inilah yang dinilai Didan jadi alasan tepat untuk meneliti dan mendokumentasikan sejarahnya.

Namun satu hal yang Didan tidak tahu adalah, eksistensi bangunan bekas rumah sakit tersebut kerap diwarnai dengan berbagai cerita horor. Bahkan, tujuh tahun sebelumnya, seorang mahasiswa di jurusan yang sama pernah mengajukan penelitian serupa, namun berakhir dengan gangguan jiwa hingga meninggal dalam kondisi rawat jalan. Dosen pembimbing skripsi Didan sudah memperingatkan cowok itu untuk berpikir ulang. Namun, mengingat sudah berkali-kali pengajuan proposalnya ditolak, Didan tetap melanjutkan niatnya meneliti sejarah rumah sakit itu, apalagi sang dosen menilai objek Rumah Sakit Kadipolo menarik untuk diteliti.

Apakah Didan berhasil menyelesaikan skripsinya atau justru nasib buruk yang akan dialaminya, seperti yang terjadi pada mahasiswa peneliti sebelumnya?


Sejumlah kisah di novela ini didasarkan pada cerita yang beredar di masyarakat, yang tinggal di kampung sekitar bekas Rumah Sakit Kadipolo.
Tokoh Utama
Didan
Roman
Pak Sular
Pak Bandi
Pak Bambang
Rating
5
1
0
0
0
0
Total 1
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
seru serem, ada tengilnya. Karakter Roman justru nyuri perhatian daripada tokoh utamanya si Didan. Suka karakter Roman.
Disukai
33
Dibaca
1.4k
Tentang Penulis
Ariy
Lagi seneng belajar nulis. Bisa ditemui di akun Instagramnya @boekoekata. Cerpennya "Mukini & Mukidi" serta "Gretta Si Nenek Sihir" menjadi pemenang dalam Kompetisi #SpillYourStories Kwikku 2022. Sebelumnya, novelnya "Yu Limbuk" pernah menjadi pemenang Kompetisi Menulis Novel "Comfort Food" dari platform (mendiang) Storial kategori Premis Terbaik. Tahun 2023, novelanya "Sepatu untuk Jenderal" menjadi salah satu novela terpilih Kompetisi Menulis 500 Juta #SepotongKisahdiBalik98.
Bergabung sejak 2020-08-31
Telah diikuti oleh 223 pengguna
Sudah memublikasikan 5 karya
Menulis lebih dari 241,470 kata
Rekomendasi dari Horor
Rekomendasi